oleh

KIA Carens 2022 Dipasarkan, Siap Lawan Xpander!

India resmi memasarkan Kia Carens 2022. Mobil yang mengusung konsep SUV Crossover ini dibangun berdasarkan basis dari Kia Seltos.

Secara keseluruhan, desain KIA Carens 2022 terbaru memiliki bahasa desain KIA Global yakni, Tiger Nose. Tampilan depannya sangat futuristis dengan desain lampu utama LED berdesain minimalis.

Sedangkan lampu utamanya mengusung teknologi Daytime Running Light (DRL) LED. Bagian belakang mobil juga terlihat atraktif karena desain lampu belakang yang menyatu hingga ke pilar D. Bumper belakang mobil juga terlihat unik karena desain yang tidak biasa.

Masih di eksterioir, mobil yang akan menjadi lawan tangguh Xpander jika masuk ke Indonesia ini juga tidak pelit fitur. Dimana KIA langsung menanamkan roof rail yang menambah kesan Crossover.

Interior Minimalis Berkelas

KIA Carens 2022
Interior nampak bersih, desain minimalis berkelas.

Tidak hanya itu, KIA Carens 2022 juga menyuguhkan sentuhan kemewahan di interior. Ada penggunaan bahan yang diklaim premium dengan nuansa piano black.

Belum lagi desain dashboard yang sangat matang dan mewah. Penggunaan head unit berukuran 10,25 inci juga sangat istimewa dari segi ukuran. Belum lagi head unit itu sudah terintegrasi dengan teknologi KIA Connect.

Baca juga  KIA Soul EV Boardmasters, Mobilnya Anak Pantai

Untuk memanjakan penggunanya, KIA juga menyematkan sistem tata suara keluaran pabrikan ternama Bose dan adanya ambience light yang mampu menghasilkan 64 pilihan warna.

Pabrikan asal Korea Selatan ini juga mengusung paddle shift yang diletakan di balik setir. Kemyamanan penumpan juga dimaksimalka dengan penggunaan ventilasi pada jok baris pertama.

KIA Carens nantinya akan ditawarkan dalam konfigurasi 6 kursi penumpang dan 7 kursi penumpang. Untuk konfigurasi 6 kursi penumpang, kursi penumpang baris kedua hadir dalam bentuk captain seat.

Menurut data pabrikan KIA, Carens terbaru didukung dengan fitur keamanan modern. Seperti 6 buah airbags, ESC, Brake Assist, Vehicle Stability Management, Hill-Assist Control, Downhill Brake Control, sensor parkir depan dan Tyre Pressure Monitoring System.

Mobil yang merupakan generasi keempat ini juga telah menggunakan ban berukuran 16 inci yang dipadu dengan penggunaan rem cakram di keempat rodanya.

Dalam hal jantung pacu, KIA menghadirkan dua pilihan mesin yakni 4 silinder berkonfigurasi 1.5L yang mampu menghasilkan 115 PS dan torsi 144 Nm. Lalu ada mesin turbo 4 silinder 1.4L lebih bertenaga dengan hasilan tenaga 140 PS dengan torsi 242 Nm.

Baca juga  Kia Sportage Terbaru Hadir di Jakarta Auto Week 2022

Selanjutnya ada pilihan mesin turbo diesel 1.5 L yang menghasilkan tenaga 115 PS dan torsi 250 Nm. Untuk varian mesin turbo ini, KIA Carens bahkan dilengkapi dengan kopling ganda yang membuat perpindahan transamisi 7 percepatan jadi sangat cepat dan tidak terasa.

Bicara harga, hingga berita ini diturunkan KIA belum merilis secara resmi. Namun jika mengacu pada basis pemasaran KIA Seltos di Indonesia, unit tersebut tidak akan jauh dari angka Rp 310 jutaan ke atas.

Hanya saja kalau pakai mesin 1.5 Liter bensin, maka bukan tidak mungkin banderolnya jadi lebih bersaing sekitar Rp 200 jutaan. Setidaknya mobil ini benar-benar bisa jadi rival dari Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross di Tanah Air.

Demikian ulasan terkait KIA Carens 2022 yang baru saja diluncurkan di India. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru otomotif.

Terbaru