Kamis, April 18, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

KIA Siapkan Picanto Facelift 2023, Tantang Brio RS!

by Tigor Sihombing
KIA Picanto 2024

Bocoran spesifikasi KIA Picanto Facelift 2023 tersiar di forum otomotif di Korea Selatan, Autospy. Jika meihat dari gambarnya, Picanto terbaru ini mendapat ubahan yang cukup signifikan, utamanya untuk varian tertinggi yaitu GT-Line.

Kalau benar jadi versi terbaru, maka mobil mungil tersebut adalah facelift kedua dari generasi ketiga Picanto. Sebelumnya, Kia sudah memberi facelift pertama pada tahun 2020.

Belum jelas apakah Picanto Facelift 2023 cuma akan hadir di Korea Selatan atau juga bakal diekspor ke berbagai negara lain. Satu yang pasti, bila masuk Indonesia maka mobil ini menantang eksistensi dari Honda Brio RS dan Toyota Agya GR Sport. 

Walau memang, mobil yang memiliki sebutan KIA Morning di Korea Selatan ini bukan lagi andalan untuk KIA di Indonesia dalam 10 tahun terakhir. Pasalnya, KIA lebih suka menjual model SUV perkotaan seperti Sonet. Hal tersebut sesuai dengan tren pasar otomotif Tanah Air, di mana SUV mengalami kenaikan penjualan cukup signifikan dibanding city car.  KIA Picanto eksis di Indonesia pada era 2000-an. Lalu setop penjualan pada 2013.

Eksterior KIA Picanto 2023 Terinspirasi KIA EV9

kia picanto facelift 2023 - lampu depan

Lampu vertikal tumpuk tiga di Picanto terbaru mirip KIA EV9

Walau dimensinya masih ringkas, tapi Picanto Facelift 2023 berubah futuristik. KIA masih mempertahankan desain grille ala hidung harimau yang khas, tapi kini mendapat sentuhan ala mobil listrik KIA EV9 di bagian lampu.

Baca juga  Kia Sonet Masuk Indonesia, Harga Rp 200 Jutaan?

Tampak jelas, kalau city car ini punya lampu vetikal bertumpuk tiga di masing-masing sisi. Kemudian di bagian belakang, lampunya juga berdesain vertikal dengan sentuhan LED yang menyambung dari kanan ke kiri.

Ada pula desain bumper lebih agresif baik di depan dan belakang. Kemudian yang juga istimewa adalah penggunaan velg berdesain unik, mirip sekali dengan velg mobil listrik.

Bicara dimensi, sepertinya Picanto terbaru tidak berbeda jauh dengan model lama yang punya panjang 3.595 mm, lebar 1.595 mm, dan tinggi 1.485 mm. Sementara untuk jarak sumbu rodanya 1.394 mm.

Dengan bodi yang mungil, maka bila Picanto Facelift 2023 masuk Indonesia akan pas untuk melawan eksistensi dari Honda Brio RS hingga Toyota Agya GR Sport.

Interior Modern Milik Picanto Facelift 2023

KIA Picanto facelift 2023

Interior Picanto Facelift 2023 semakin modern dengan panel instrumen full digital

Bukan hanya eksterior, KIA juga memberi beberapa perubahan pada bagian interior Picanto Facelift 2023. Meskipun secara desain, sebagian besar masih terlihat familiar dengan Picanto lama.

Perubahan paling signifikan terdapat pada bagian panel instrumen full digital dan sistem infotainment baru. Dari foto yang beredar terlihat layar sentuh infotainment 8 inci yang memiliki grafis baru.

Baca juga  Komparasi Kia Carens vs Toyota Innova Zenix Bensin 2023

Kemudian tampak pula ada teknologi keselamatan Advanced Driver Assistance Systems (ADAS) yang membuat pengemudi semakin nyaman saat berkendara. Istimewa bukan? Hal tersebut sesungguhnya bukan hal baru, lantaran Picanto lama telah punya Blind Spot Collision Avoidance Assist (BCA), lalu ada juga RCCA (Assist-Avoidance Collision-Avoidance Assist), LKA (Lane Keeping Assist), hingga FCA (Forward Collision-Avoidance Assist) dan DAW (Driver Attention Warning).

Sementara untuk kapasitas penumpang juga tidak berubah, hanya 5-orang dengan konfigurasi 2+3. Kemungkinan untuk fitur, Picanto akan tetap menawarkan opsi yang sama seperti versi sebelumnya, seperti sunroof, KIA Connect Remote Control yang memungkinkan intergrasi mobil dengan smartphone, hingga navigasi.

Performa Mesin Kia Picanto, Mulai Pakai Hybrid?

KIA Picanto facelift 2023

Picanto punya tiga pilihan mesin: 1.000 cc, 1.000 cc turbo, dan 1.250 cc

Untuk saat ini, Kia Picanto Facelift 2023 masih belum terungkap soal performa mesin. Pasalnya bocoran yang didapat baru sekadar gambar eksterior dan interior. Walau demikian, ada kemungkinan KIA siap menghadirkan jantung mekanis hybrid. Hanya saja sampai sekarang belum ada konfirmasi dari merek Korea Selatan tersebut.

Sebagai informasi, KIA Picanto saat ini secara global memiliki tiga pilihan mesin: 1.000 cc turbo, 1.000 cc, dan 1.250 cc. Khusus untuk performa yang paling istimewa ada di mesin turbonya dengan tenaga 99 hp. Lalu mesin 1.000 cc tanpa turbo cuma bisa mengeluarkan torsi 96 Nm pada 3.750 rpm dan tenaga 66 hp pada 5.500 rpm. Mesin Picanto 1.250 cc, performanya ada di tengah-tengah dengan torsi puncak 122 Nm pada 4.000 rpm dan 83 hp pada 6.000 rpm.

Baca juga  Spesifikasi dan Harga KIA EV6 GT-Line, Ioniq 5 Lewat!

Rincian lebih lanjut akan diketahui sebelum peluncuran resmi yang besar kemungkinan akan berlangsung dalam waktu dekat di tahun ini.

Kisaran Harga KIA Picanto 2023

kia picanto facelift 2023 - tampak depan

Harga Picanto 1.000 cc turbo sangat mahal

Berapa harga Kia Picanto Facelift 2023? Hingga saat ini mobil tersebut memang belum meluncur. Walau demikian prediksi bisa dilakukan dengan melihat banderol Picanto lama.

Di Korea Selatan, Picanto lama dijual 15.400.000 Won atau setara Rp 178 jutaan. Hanya saja itu untuk pilihan mesin 1.000 cc dan varian Signature (bukan GT-Line). Bila melihat di negara lain seperti Inggris yang memiliki Picanto bermesin 1.000 cc turbo dan varian Signature, maka banderolnya tembus £17.470 atau setara Rp 326 jutaan. Maka model barunya, pastilah lebih mahal lagi.

Bila dibanding dengan Toyota Agya GR Sport dan Honda Brio RS yang dijual Rp 200 jutaan, tentunya Picanto Facelift 2023 terbilang sangat mahal. Tapi, bukan tidak mungkin KIA tetap mendatangkannya di Indonesia di kemudian hari.

Demikian ulasan soal bocoran spesifikasi dan harga KIA Picanto facelift 2023. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika