oleh

Knalpot Mobil Keluar Air, Apakah Normal?

Saat memanaskan mobil di pagi hari, biasanya pemilik kendaraan akan mendapati knalpot mobil keluar air. Bagi yang masih awam, tentu akan kaget dan menganggap hal tersebut mengakibatkan kerusakan.

Hal itu memang terkadang membuat khawatir, bahkan sebagian orang menganggap tetesan air yang keluar dari knalpot tersebut sebagai indikasi mesin yang mengalami masalah. Guna menjawab rasa penasaran terkait penyebab knalpot mobil keluar air.

Moladin pun mencoba menggali informasi secara mendalam terkait knalpot mobil keluar air. Buat kalian yang penasaran, simak ulasan lengkapnya berikut ini:

Penyebab Knalpot Mobil Keluar Air

Alasan mengapa knalpot mobil keluar air
Alasan mengapa knalpot mobil keluar air

Adapun penyebab knalpot mobil keluar air bisa disebabkan beberapa hal. Kondisi itu pun dianggap wajar, dan bukanlah sesuatu yang mengkhawatirkan.

Sebagai gambaran untuk kalian, air yang keluar dari knalpot tersebut terjadi karena adanya perbedaan suhu saat mesin mobil dinyalakan. Alhasil membuat terjadinya kondensasi atau perubahan wujud benda yang keluar dari knalpot.

Kondensasi di temperatur rendah sebenarnya merupakan fenomena alamiah. Kondisi ini pun erat kaitannya dengan keluarnya asap tipis dari knalpot yang juga biasa terjadi ketika memanaskan mesin kendaraan.

Penyebab keluarnya asap putih dari knalpot, karena air kondensasi terkena panas di knalpot saat mobil baru dinyalakan. Knalpot mobil keluar air di pagi hari tersebut sebenarnya menjadi tanda bahwa mobil dalam kondisi sehat.

Dengan kata lain, bisa dipastikan mesin mobil kalian tidak mengalami masalah ataupun kendala. Secara teknis, knalpot mobil keluar air itu karena adanya proses kondensasi.

Jadi pemilik mobil diharapkan tidak khawatir, pasalnya tidak berdampak buruk bagi mesin kendaraan Anda. Selain itu, air yang keluar dari knalpot mobil juga bisa disebabkan oleh adanya embun di dalam knalpot.

Baca juga  5 Tips Berkendara Mobil saat Corona, Wajib Patuh!

Mengingat, saat mobil didiamkan pada malam hari suhu udara juga berubah menjadi lebih dingin. Jadi ketika mobil dinyalakan di pagi hari, embun tersebut terdorong keluar sehingga muncullah tetesan air dari knalpot.

Hal ini juga dikonfirmasi oleh laman resmi Auto2000 selaku diler dan bengkel resmi Toyota di Indonesia. Mereka mengatakan bahwa tetesan air dari knalpot merupakan kondisi normal, terlebih untuk mobil injeksi atau EFI. Dalam pembakaran di ruang mesin, terdapat 18 molekul air yang bakal dibuang lewat knalpot.

Habis Melewati Banjir, Knalpot Bisa Keluar Air

Knalpot Mobil Keluar Air
Ilustrasi mobil menerobos banjir

Penyebab knalpot mobil keluar air selanjutnya bisa karena kamu habis berkendara melewati genangan atau banjir. Alhasil cairan bakal tertampung di pipa pembuangan, namun tidak masuk ke mesin.

Kalau kamu tidak sadar itu, lalu ketika mesin dihidupkan kembali maka air akan keluar dari knalpot. Biasanya jumlahnya lebih banyak dari kondisi normal.

Bisa juga sambil lakukan tahan pedal gas hingga 4.000 rpm. Tujuannya agar air yang ada di knalpot bisa keluar semuanya. Pasalnya kalau terlalu lama terperangkap, bisa menyebabkan karat di knalpot.

“Biasanya air akan langsung keluar melalui knalpot mobil,” beber laman Auto2000.

Mengenal 4 Kerusakan Mobil dari Warna Asap Knalpot

Penyebab knalpot mobil mengeluarkan asap
Penyebab knalpot mobil mengeluarkan asap

Setelah mengetahui penyebab knalpot mobil keluar air, sebaiknya kalian juga mengetahui gejala kerusakan mesin mobil dari warna asap yang dikeluarkan.

Pasalnya ketika mulai terjadi gejala kerusakan pada mesin kendaraan. Biasanya akan terdeteksi dari perubahan warna asap yang dikeluarkan knalpot.

Baca juga  5 Penyebab Aki Mobil Tekor, Pelajari Dengan Benar!

Contohnya jika asap knalpot berkelir hitam, bisa saja oli mesin sudah tercampur yang mengakibatkan mobil jadi ‘ngebul’. Untuk menjawab rasa penasaran, berikut ini ulasan lengkapnya:

1. Knalpot Mengeluarkan Asap Hitam

Asap knalpot berwarna hitam
Asap knalpot berwarna hitam

Sebelum jauh membahas mengenai asap hitam yang keluar dari knalpot. Hal ini bukan hanya terjadi pada mobil bermesin diesel saja.

Melainkan pada mobil-mobil bermesin bensin, yang juga rentan mengalami kerusakan yang menimbulkan asap hitam keluar dari knalpot. Ketika hal ini terjadi, biasanya terjadi masalah pada sistem pembakaran.

Dampak lainnya, biasanya bahan bakar yang bersirkulasi di ruang pembakaran terlalu banyak. Sehingga banyak yang tidak terbakar secara sempurna.

Akibatnya menyebabkan asap knalpot mobil yang keluar berkelir hitam. Asap knalpot mobil hitam juga mengindikasikan permasalahan pada saringan udara, injektor, karburator atau mesin mengalami kebocoran kompresi.

Saat knalpot mobil mengeluarkan asap hitam, sebaiknya segera bawa mobil ke bengkel. Untuk menghindari kerusakan pada komponen kendaraan.

2. Asap Knalpot Mobil Putih

Mobil mengeluarkan asap berwarna putih
Mobil mengeluarkan asap berwarna putih

Tak hanya mengeluarkan asap berwarna hitam, knalpot mobil juga kerap mengeluarkan asap berwarna putih. Biasanya hal ini disebabkan oleh dua hal, dan tergantung kepada ketebalan asap yang dikeluarkan.

Jika asap knalpot mobil putih yang tampak tipis, permasalahan ada pada bagian kondensasi dalam kanal knalpot. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena kerusakan tersebut bukanlah hal yang terlalu serius.

Hanya saja, ada pula asap knalpot mobil berwarna putih yang perlu diwaspadai. Cirinya pekat dan tebal. Biasanya hal itu terjadi karena adanya oli yang turut terbawa masuk ke ruang pembakaran.

Baca juga  10 Ciri Ban Mobil Harus Diganti, Jangan Tunggu!

Biasanya kalau parah, maka diikuti oleh gejala lain seperti mesin yang mulai sulit di starter. Solusi jika masalah ini menimpa mobil kamu adalah pengecekan terlebih dulu. Kalau sudah bermasalah, harus turun mesin mobil.

“Untuk biaya turun mesin tergantung jenis mobil. Misalnya pada Avanza ongkos nya bisa sekitar Rp 3 – 4 jutaan,” kata Putra salah satu mekanik di bilangan Otista, Jakarta Timur.

3. Asap Knalpot Berwarna Abu-Abu

Knalpot mengeluarkan asap tebal
Knalpot mengeluarkan asap tebal

Ketika mesin mobil dalam keadaan sehat, sejatinya tidak akan mengeluarkan asap berwarna. Kalau knalpot mobil kalian mengeluarkan asap berwarna abu-abu, biasanya mesin terjadi kendala.

Asap knalpot mobil abu-abu yang keluar dari knalpot mobil khususnya mobil bertransmisi matik, mengindikasikan adanya kerusakan pada oli transmisi.

Bisa jadi jumlah oli di dalam tangki berlebih atau mengalami rembes sehingga oli di dalam sistem transmisinya berkurang. Selain itu, knalpot mobil abu-abu tersebut juga menandakan bahwa terjadi kerusakan di katup positive crankcase ventilation (PCV).

Katup tersebut bisa jadi mengalami kemacetan sehingga uap dan gas yang masuk dari ruang mesin tak dapat terkontrol.

4. Warna Asap Knalpot Mobil Biru

asap knalpot biru
Asap knalpot kebiru-biruan, pertanda apa?

Terakhir yang juga sering terjadi, selain knalpot mobil keluar air. Biasanya mengeluarkan asap berwarna kebiru-biruan.

Pertanyaannya apakah hal ini berdampak negatif? Sebagai informasi untuk kalian, knalpot mengeluarkan knalpot biru biasanya terjadi pada mobil bermesin turbo.

Kala mesin mengalami masalah seperti ring piston yang sudah aus, blower turbo yang sudah lama, hingga gasket yang sudah kadaluarsa. Umumnya mengakibatkan knalpot mengeluarkan asap berwarna kebiru-biruan.

Terbaru