Komparasi Honda Accord RS e:HEV vs Honda Accord 2022

by Ivan
Komparasi Honda Accord RS e:HEV vs Honda Accord 2022

PT Honda Prospect Motor (HPM) resmi meluncurkan Accord generasi-11 berlabel All New Honda Accord RS e:HEV. Untuk itu kami tertarik komparasi Honda Accord RS e:HEV vs Honda Accord 2022.

Pasalnya umur Honda Accord 2022 juga tergolong muda, masih 2 tahun sejak pertama meluncur akhir Januari 2022. Sehingga masih relevan untuk dilakukan komparasi Honda Accord RS e:HEV vs Honda Accord 2022.

Komparasi Honda Accord RS e:HEV vs Honda Accord 2022 akan menguak lompatan teknologi terkhusus pada jantung pacu. Dimana pada Accord generasi-11 menjadi momentum perdana bagi Big Sedan Honda tersebut mengusung teknologi hybrid e:HEV menyusul All New Honda CR-V yang meluncur Agustus 2023.

Tidak hanya itu, transformasi desain baik eksterior dan interior, penambahan fitur, akan menjadi parameter yang memperlengkapi komparasi Honda Accord RS e:HEV vs Honda Accord 2022.

Komparasi Mesin

Mesin Accord RS e:HEV dengan support motor listrik

Mesin Accord RS e:HEV dengan support motor listrik

Langkah Honda di Indonesia dalam mengadaptasi teknologi hybrid di Honda Accord memang bisa dibilang tertinggal jika dibanding dengan rivalnya Toyota Camry. Big Sedan Toyota itu bahkan menyediakan model Toyota Camry Hybrid 2013 yang beberapa waktu lalu kami komparasi dengan Accord 2016.

Terlepas dari itu mesin konvensional Accord adalah jantung yang bisa diandalkan. Termasuk pada Accord 2022 yang dibenamkan mesin 1.500cc 4 silinder VTEC dengan atensi turbo. Mesin ini mampu merilis tenaga 190 PS dan menyemburkan torsi puncak sebesar 260 Nm yang menyalurkan tenaga ke roda depan via transmisi otomatis CVT.

Tersedia mode berkendara baik Sport Mode untuk pengaturan performa yang lebih agresif. Begitu pun dengan ECON Mode untuk pengaturan karakter berkendara yang lebih hemat bahan bakar dan ramah lingkungan.

Baca juga  Spesifikasi Honda Accord 2023 Lebih Premium, Masuk Gen-11

Pendekatan lain tentu meningkat saat membedah jantung All New Honda Accord RS e:HEV. Mobil ini sekarang menggunakan mesin berkapasitas 2.000cc 4 silinder Atkinson cycle DOHC i-VTEC dan motor listrik.

Dukungan motor listrik di unit baru Accord siap menghantarkan tenaga maksimum 184 PS pada 5.000-8.000 rpm dan torsi maksimum 335 Nm mulai putaran 0-2.000 rpm. Sementara dari mesin bakarnya saja menghasilkan tenaga maksimum 145 PS pada 6.100 RPM serta torsi maksimum 179 Nm pada 4.500 rpm, kombinasi tenaga dari Electric Motor dan mesin diklaim menghasilkan tenaga 207 PS. Atau 17 PS lebih kuat dibanding tenaga mesin Accord 2022.

Teknologi e:HEV diklaim mampu memaksimalkan efisiensi daya motor listrik yang mendominasi penggunaan baterai dibandingkan dengan bensin. Hasilnya teknologi ini menciptakan tingkat efisiensi bahan bakar lebih hemat, sekaligus tetap memberikan kinerja mesin yang bertenaga.

Perbandingan Desain eksterior

All New Accord RS e:HEV tampil lebih sporty

All New Accord RS e:HEV tampil lebih sporty

Garis desain yang matang nampak berlanjut dari proporsi tampilan Accord 2022. Honda Accord RS e:HEV semakin sporty dengan disematkan Black RS Aero Kit pada bagian sisi, depan dan belakang serta Black Shark Fin Antenna dan Black Trunk Ducktail.

Fascia lebih tegas dengan kehadiran grill model honeycomb warna hitam tanpa aksen krom-kroman. Lampu depan All New Honda Accord RS e:HEV juga sudah Full LED dengan sein model LED Sequential dikombinasikan dengan grill yang sporty untuk bikin tampilan lebih impresif. Accord RS e:HEV tampil makin berkarakter menggunakan desain velg alloy baru model palang 5 ganda berukuran 18 inci.

Desain Honda Accord 2022 begitu elagan

Desain Honda Accord 2022 begitu elegan

Penampilan ini tentu sedikit berbeda dengan Accord 2022 yang lebih kentara aura elegannya. Terpancar dari dagian depan yang berkelas dengan grill krom, dilengkapi dengan fitur Active Grill Shutter, dan Air Curtain di bumper depan untuk performa yang lebih aerodinamis.

Baca juga  Review Honda Accord Gen 8, Mewah dan Terjangkau!

Meski tetap ada upaya mensportikan Accord 2022 dengan garis atap lebih rendah, dan bonnet lebih panjang, model pendahulu ini tetap lebih terlihat matang. Ditambah pasokan pelek 18 inci model kipas serta dual Chrome Exhaust Pipe Finisher juga memperkuat tampilan elegan sedan premium ini.

Interior dan fitur

harga honda accord 2022 - interior

Layout kabin Honda Accord 2022 

Bicara fitur interior Accord 2022, maka sederet teknologi terbaik juga sudah tersaji di kabin mobil ini. Ada panel instrumen utama terdiri dari display 7 inch Thin Film Transistor (TFT). Lalu tersedia head unit berukuran 8 inci, Wireless Charger dan USB Port tersedia di konsol depan.

Selain bangku yang empuk, akan mudah mendapatkan posisi duduk terbaik dengan 8-way Driver Power Seat Adjustment with Lumbar Support plus Memory Seat with Easy Entry/Exit. Untuk menambah kenyamanan, tersedia pula Smart Entry, Remote Engine Start, One Push Ignition System, Walk – Away Auto Lock, Electric Parking Brake, Auto Foldable Side Door Mirror, Rain Sensing Windshield Wiper dan lainnya. Sementara sederet fitur keselamatan aktif sudah dirangkum dalam standar keselamatan Honda Sensing. Fungsinya membantu pengemudi menghindari dan meminimalisir potensi kecelakaan saat berkendara.

Sementara itu visibilitas luas menjadi kesan pertama yang dihadirkan dari area baris pertama Honda Accord RS e:HEV. Terdapat Interactive Head-up Display berukuran 11.5 inci terintegrasi dengan Headunit dan Metercluster untuk menampilkan informasi berkendara instan seperti navigasi, indikator Honda SENSING, juga kecepatan kendaraan.

Baca juga  Review Honda Accord Gen 7, Masih Layak Dibeli?

Speedometer All New Honda Accord RS e:HEV memiliki 10.2” Interactive TFT Meter Cluster. Menampilkan info lengkap dalam tampilan digital mulai Fuel Meter, Full Screen Map, Sensing Indicator, Power Meter, Hybrid Battery Level hingga Engine Temperature & Status.

Layout dasbor Accord RS e:HES asyik untuk dibawa sendiri

Layout dasbor Accord RS e:HES asyik untuk dibawa sendiri

Lingkar kemudinya juga premium dibungkus kulit dilengkapi dengan Steering Switch Audio & Honda SENSING. Deceleration Paddle Selector pada All New Honda Accord RS e:HEV memiliki fungsi sebagai pedal deselerasi (perlambatan) untuk memaksimalkan pengisian daya baterai melalui perlambatan kendaraan (regenerative braking).

Jok depan tetap dipertahankan dan terdapat 8-Way Driver Power Seat. Juga slot Wireless Charging dengan with Dual USB Charger Type C dibagian depan serta i-Dual Zone Auto A/C untuk pengaturan suhu antara pengendara dan penumpang depan secara terpisah.

All New Honda Accord RS e:HEV memiliki Experience Selection Dial yang merupakan tombol shortcut untuk memudahkan serta mengoperasikan sistem berkendara seperti A/C dan pengaturan Audio yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengemudi. Fitur hiburan didukung Display Audio with Google built-in berukuran 12.3 inci yang bisa dikoneksikan nirkabel. Termasuk Multi View Camera Assist yaitu fitur 360° Camera yang membantu parkir yang juga sudah diterapkan di Accord sebelumnya.

Perbandingan harga

All New Honda Accord RS e:HEV kini ditawarkan dengan harga Rp 959.900.000 untuk wilayah Jakarta. Tersedia dalam tiga pilihan warna Platinum White Pearl, Crystal Black Pearl, dan Ignite Red Metallic. Sementara Accord 2022, saat pertama meluncur dibanderol paling mahal Rp 759 jutaan. Meski kini bagi konsumen yang jeli bisa meminang Accord 2022 bekas kisaran harga kisaran Rp 610-660 jutaan.

Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika