Selasa, Februari 27, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Komparasi Kia Carens vs Innova Zenix Bensin: Tes Nanjak, Tenaga, Akselerasi dan Akomodasi Kabin

by Firdaus Ali
Komparasi Kia Carens vs Innova Zenix Bensin

Berikut kami ulas komparasi Kia Carens vs Innova Zenix bensin. Dalam komparasi ini, kami spesifik membahas uji tes nanjak, tenaga dan akselerasi mesin, serta akomodasi penumpang dan bagasi barang.

Komparasi Kia Carens vs Innova Zenix bensin jelas menjadi menu menarik lantaran keduanya merupakan kontestan di segmen Medium MPV.

Kia Carens merupakan Medium MPV 7-seater asal Korea Selatan namun rakitan India dengan harga Rp 407,6 juta hingga Rp 467 juta.

Sementara itu untuk Toyota Kijang Innova Zenix bensin dijual dengan banderol mulai dari Rp 425,6 juta sampai Rp 476,6 juta. Kedua harga mobil tersebut berlaku OTR wilayah Jakarta. Berikut komparasi Kia Carens vs Innova Zenix bensin:

Tes Nanjak, Kia Carens Lebih Responsif

Komparasi Kia Carens vs Innova Zenix bensin

Kia Carens bisa nanjak dengan mulus

Komparasi Kia Carens vs Innova Zenix bensin pertama yang kami uji adalah tes menanjak dengan pengukuran waktu menggunakan stopwatch. Seperti biasa kami mengisi mobil dengan 7 penumpang, dimana bobot keseluruhan dari penumpang 500 kg lebih.

Baca juga  Menerka Ubahan Toyota Kijang Innova Facelift Untuk Indonesia

Hasilnya, Kia Carens mampu melewati tanjakan dengan waktu yang lebih cepat dibanding Innova Zenix bensin. Catatan waktu Kia Carens yaitu 22,7 detik.

Sementara itu, untuk Innova Zenix bensin juga bisa menanjak namun waktunya lebih lama, yaitu 37 detik. Penyebab Innova Zenix bensin lama melalu tanjakan adalah karena terjadi wheel spin, dari angka stopwatch, hampir 10 detik Innova Zenix bensin tidak bergerak saat mulai menanjak.

Tenaga dan Torsi Innova Zenix Bensin Lebih Mumpuni

Komparasi Kia Carens vs Innova Zenix bensin

Akselerasi dan performa mesin Zenix bensin lebih unggul

Komparasi Kia Carens vs Innova Zenix bensin selanjutnya adalah dari uji dapur pacunya, lebih tepatnya tes tenaga dan akselerasi mesin kedua mobil medium MPV tersebut.

Untuk mengetahui performa keduanya, seperti biasa kami melakukan uji melalui drag race sepanjang 201 meter. Hasilnya, Innova Zenix bensin unggul. Untuk akselerasi 0-100 km/jam diperoleh angka 10,9 detik, kemudian untuk akselerasi 201 meter hasilnya 11,3 detik.

Selanjutnya untuk Kia Carens, akselerasi 0-100 km/jam catatan hasilnya 13,2 detik. Dan untuk akselerasi sejauh 201 meter diperoleh waktu 12,3 detik.

Baca juga  KIA Carens 2022 Dipasarkan, Siap Lawan Xpander!

Hasil catatan waktu yang cukup jauh ini bisa dibilang wajar, sebab kubikasi kedua mesin ini juga berbeda. Kia Carens pakai mesin 1.500 cc yang sama dengan Stargazer. Sementara Innova Zenix bensi pakai mesin 2.000 cc.

Akomodasi Penumpang dan Barang Innova Zenix Bensin Lebih Lega

Komparasi Kia Carens vs Innova Zenix bensin

Kabin penumpang Kia Carens lebih sempit namun posisi duduk jok baris ketiga lebih menopang paha kaki.

Selanjutnya, pembahasan komparasi Kia Carens vs Innova Zenix bensin adalah dari sisi akomodasi penumpang dan barang.

Innova Zenix bensi punya ruang kabin penumpang yang lega, baik untuk penumpang depan, tengah maupun belakang. bahkan untuk jok baris ketiga juga bisa diisi 3 penumpang (anak kecil).

Berbeda dengan Kia Carens, kabin penumpangnya lebih sempit jika dibandingkan dengan Innova Zenix bensin. Leg room jok baris kedua mentok jika diisi dengan penumpang dengan tinggi 178 cm. Begitu juga dengan bangku baris ketiga, diisi dengan tinggi badan 160 an cm juga terasa sempit.

Kelegaan bagasi Innova Zenix bensin dan Kia Carens  berbeda tidak signifikan

Kelegaan bagasi Innova Zenix bensin dan Kia Carens berbeda tidak signifikan

Beralih ke bagasi barang, Innova Zenix bensin punya kapasitas 661 liter. Sementara untuk Kia Carens punya ukuran bagasi 537 liter.

Baca juga  Kenyamanan Interior Kia Carens Istimewa, Semua LMPV Lewat!

Perbedaan yang cukup signifikan kelegaan bagasi antara Innova Zenix bensin dengan Kia Carens ini wajar, sebab jika dilihat dimensinya juga berbeda.

Di atas kertas, Innova Zenix bensin punya panjang 4,755 mm, lebar 1,850 mm dan tinggi 1,795 mm. Senemtara itu untuk dimensi Kia Carens yaitu panjang 4,540 mm, lebar 1,800 mm dan tinggi 1,700 mm.

Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika