by

Konsumsi BBM City Hatchback Hybrid, LCGC Kalah Irit

Honda Thailand meluncurkan City Hatchback bermesin e:HEV pada pertengahan Juni 2021. Salah satu yang menarik dari mobil ini, konsumsi BBM City Hatchback hybrid sangat irit.

Klaim Honda, City Hatchback e:HEV Bisa menghemat BBM hingga 27 Km/liter. Artinya keiritan kendaraan pengganti Honda Jazz tersebut melebihi produk LCGC yang dijual di Indonesia. Menarik bukan?

Salah satu alasan mobil keluaran Honda Thailand tersebut bisa sangat irit, karena penggunaan teknologi hybrid atau e:HEV alias Sport Hybrid i-MMD. Apa kehebatannya? Salah satunya lewat penggabungan mesin 1.5 liter berbahan bakar bensin dengan dua motor elektrik, baterai lithium-ion, dan transmisi E-CVT.

Teknologi pintar tersebut membuat City hatchback hybrid mampu mengombinasikan efisiensi bahan bakar, serta performa berkendara yang menyenangkan. Ada tiga mode berkendara yang otomatis bekerja sesuai kebutuhan: EV drive mode, hybrid mode, dan engine drive mode.

Jadi ketika mobil melaju pelan atau diperkotaan, maka EV drive mode yang aktif. Dengan kata lain mesin bensinnya tidak dipakai sama sekali. Menariknya lagi, baterai lithium-ion di City Hatchback hybrid juga bisa terisi secara otomatis lewat energi pengereman.

Baca juga  Civic FD Society, Komunitas Pemilik Mobil Batman

Lalu ketika berkendara di jalan bebas hambatan dengan kecepatan stabil, maka engine drive mode yang dipilih. Kenapa mesin bensin saja? Karena dalam kondisi konstan, Honda mengklaim mesin bensin cukup irit bahan bakar. Di sisi lain, kapasitas baterai juga dapat dijaga agar tidak habis. Alhasil kombinasi itulah yang membuat konsumsi BBM City Hatchback Hybrid bisa tembus 27 Km/liter.

Performa Mesin Honda City Hatchback e:HEV, Tidak Kalah Istimewa

konsumsi bbm city hatchback hybrid
Sistem Sport Hybrid i-MMD mengatur secara otomatis kapan mobil melaju dalam mode EV, hybrid, dan mesin bensin saja.

Konsumsi BBM City Hatchback hybrid di Thailand memang luar biasa. Walau demikian, irit bukan satu-satunya kelebihan mobil hybrid tersebut. Performa mesinnya juga tidak bisa disepelekan.

Di dalam kap mesinnya terdapat mesin bensin 1.500 cc DOHC, i-VTEC yang mampu melontarkan torsi puncak 98 Nm pada 5.600-6.400 rpm dan tenaga maksimal 127 PS pada 4.500-5.000 rpm. Kemudian ada tambahan motor listrik dengan 253 Nm pada 0-3.000 rpm dan tenaga maksimal 109 PS pada 3.500-8.000 rpm.

Jadi benar-benar tidak perlu diragukan. Semua performa itu pun disalurkan lewat transmisi e-CVT yang nyaman. Oleh karenanya, siapa saja bisa menikmati kehebatan mobil tersebut dengan mudah.

Baca juga  Acura NSX GT3 Evo22 Terbaru, Target Juara GT3

Bicara keselamatan, Honda City Hatchback e:HEV di Thailand memiliki Honda Sensing. Di dalamnya termasuk collision mitigation braking system (CMBS), adaptive cruise control (ACC), road departure mitigation system (RDM) dengan lane departure wrning (LDW), lane keeping assist system (LKAS), serta auto high-beam (AHB).

Bicara interior dan eksterior, kurang lebih tidak ada beda dengan City Hatchback RS yang dijual di Indonesia.

Menarik bukan mobil berteknologi e:HEV ini? Sudah konsumsi BBM City Hatchback hybrid istimewa, performanya mantap, serta banyak fitur modern. Sayangnya sampai sekarang, cuma dijual di Thailand. Di negeri gajah putih, harga City Hatchback tembus 849,000 Baht atau setara Rp 385 jutaan.

Untuk informasi terbaru dan terlengkap sepuar otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru