Rabu, Mei 29, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Konsumsi BBM Innova Zenix, Lebih Irit dari Innova Diesel?

by Purwandana Budyandaka
review innova zenix

Dalam sesi test drive dari Jakarta ke Semarang, kami melakukan uji konsumsi BBM Toyota Innova Zenix. Review tes kali ini, untuk membuktikan, benarkah Innova Gen-7 lebih irit dibanding Innova Reborn? 

Unit yang kami tes adalah Innova terbaru tipe V yang bermodalkan mesin bensin 1.987 cc berkode M20A-FXS. Perlu diingat lontaran tenaganya 174 PS dengan torsi 205 Nm. Performa ini memang terasa kurang perkasa, terlebih kalau dibandingkan dengan mesin diesel di Innova Reborn.

Hanya saja soal irit, ternyata hasil review untuk Innova Zenix bermesin bensin cukup istimewa. Pengujian kami lakukan dengan menempuh perjalanan dari sebuah mal di bilangan Jakarta Selatan. Di dalam mobil kami, berisikan 4 orang dewasa dengan bobot total di kisaran 375 kg. Untuk bensinnya sendiri diisi dengan RON 92, sesuai spesifikasi.

Cara termudah untuk mengetahui konsumsi BBM Innova Zenix adalah dengan mengandalkan perhitungan Multi Information Display (MID) di panel instrumennya. Ritual ‘reset’ kami pastikan sebelum memulai perjalan, semua menunjukkan angka 0 sebelum pedal gas mulai diinjak.

Berkendara Nyaman dengan Mode ECO

Konsumsi BBM Innova Zenix V

Innova Zenix tersedia dalam pilihan mesin bensin dan hybrid

Dalam perjalanan ini, kami berusaha memanfaatkan potensi maksimal dari mobil, termasuk menggunakan bantuan Eco Mode untuk menghemat bensin. Alhasil respons gas juga jadi lebih lambat.

Baca juga  7 Perbedaan Toyota Avanza dan Veloz, Jangan Salah Beli

Namun, untuk memastikan sesuai dengan praktiknya, kami tetap menyalakan pendingin udara di posisi temperatur paling dingin. Tidak hanya itu, cara mengemudi Eco Driving juga kami terapkan, sehingga injakan pedal gas hanya seperlunya dan manuver mobil dipastikan halus.

Lalu lintas masih cukup bersahabat menjelang akhir tahun, jalan tol yang kami lewati cukup lengang. Walaupun beberapa saat di dalam tol Lingkar Luar Jakarta, sempat ada beberapa titik kemacetan. Lalu lintas yang lebih lengang baru dapat ditemukan setelah masuk ke jalan tol layang MBZ.

Asyiknya, Kijang Innova Zenix terbaru dapat menterjemahkan jalan bergelombang khas MBZ, menjadi ayunan halus di dalam. Bantingannya terasa lembut dan tidak mengayun. Pas saja.

Ketika melaju di jalan tol, harusnya fitur Toyota Safety Sense (TSS) bisa lebih membantu untuk memberi kenyamanan berkendara lewat adaptive cruise control (ACC). Hanya saja untuk varian V, belum punya TSS. Fitur tersebut cuma ada di Innova Hybrid varian Q atau varian tertinggi.

Innova Zenix Bisa Menghemat BBM 21,3 Km/liter

konsumsi bbm innova zenix - MID

Mode Eco wajib diaktifkan jika mau menjadikan mesin Innova Zenix lebih irit BBM

Setelah menempuh perjalanan sekitar 70 km, kami tiba di checkpoint pertama yaitu rest area KM 57 Karawang. Hasilnya? Sungguh mencengangkan, karena kami mendapatkan angka konsumsi BBM Innova Zenix mencapai 21,3 km/liter. Stigma negatif terhadap mesin bensin Innova yang boros, nampaknya kini mulai berubah sejak kehadiran Zenix. Bahkan angka irit ini, melebihi efisiensi Innova Reborn versi Diesel. Ini baru versi bensinnya ya, belum yang hybrid!

Baca juga  Ini Manfaat Program Safe December yang Dirilis Toyota

Perlu menjadi catatan, ketika mencapai checkpoint pertama ini, kecepatan rata-rata yang didapat adalah 57 km/jam. Artinya hal ini menjadi gambaran untuk rute kombinasi saat melewati jalan perkotaan dan tol, kecepatan tidak terlalu kencang, juga tidak pelan. Sepanjang perjalanan kami juga menjaga kecepatan agar tidak lebih dari 100 km/jam.

Banyak faktor yang menyebabkan konsumsi BBM Innova Zenix varian bensin sangat irit BBM. Salah satunya, karena Zenix punya berbgai ubahan bila dibanding Innova Reborn. Ambil contoh dengan platform TNGA, maka bobotnya berkurang hingga 170 Kg. Kemudian penggunaan penggerak roda depan (FWD) juga menjadikan distribusi tenaga semakin optimal, dibanding saat harus melewati gardan di Innova Reborn yang masih RWD.

Lalu tidak ketinggalan eco driving yang kami terapkan saat pengujian ini, juga berefek pada iritnya mesin bensin dari Innova Zenix. Pasalnya, setelah checkpoint pertama perjalanan dilanjutkan dengan menuju ke Semarang.

Total perjalanan keseluruhan, kurang lebih 450 Km. Ketika itulah, kami tidak lagi berada di balik kemudi. Innova Zenix pun dipacu dengan kecepatan tinggi terus menerus sampai ke Kota Lumpia. Hasilnya konsumsi BBM Innova Zenix menurun drastis jadi cuma 12,5 Km/liter. Hanya saja, perlu diingat bahwa angka itu tetaplah sangat irit untuk MPV bongsor bermesin bensin 2.000 cc. Lebih irit pula dibanding Innova Reborn, tapi yang versi bensin ya!

Baca juga  Harga Hyundai Staria Lombardi Mahal, Tapi Mewah!

Itulah tadi review kami soal konsumsi BBM Toyota Innova Zenix yang kami uji saat test drive dari Jakarta ke Semarang. Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika