by

Konsumsi BBM RX King Boros atau Irit?

Motor 2 tak seperti Yamaha RX King sering dicap sebagai motor yang boros untuk urusan Bahan Bakar Minyak (BBM). Berapakah tepatnya konsumsi BBM RX King?

Sejatinya belum ada catatan resmi mengenai konsumsi BBM motor yang dijuluki sebagai Sang Raja ini. Menurut Rudi Setiawan dari Speed of King, motor Yamaha RX King sebetulnya tidak terlalu boros dalam hal konsumsi bahan bakar.

“Rasanya, sejak dulu saya main bareng sama RX King enggak ada yang mengeluhkan masalah konsumsi bahan bakar. Rata-rata pecinta RX King sudah tahu betul kisaran konsumsi bahan bakarnya,” tegas Rudi.

Motor berjenis mesin 2 tak memang punya takaran konsumsi bahan bakar yang beda dengan motor 4 tak. Selain itu, dibutuhkan juga oli pencampur bahan bakar untuk motor jenis mesin 2 tak. Oli itu sering disebut dengan sebutan, oli samping.

“Konsumsi BBM RX King per liter bisa beda tiap motor,” papar Rudi.

Disampaikan oleh Rudi, hal itu didasari dari karakter mesin motornya sendiri dan juga cara berkendara penggunanya.

“Ya kalau mesinnya sudah oprekan terus cara bawanya sembarangan, ya bisa beda takaran konsumsi bahan bakarnya,” tegas Rudi.

Penyebab Konsumsi BBM RX King Boros

Konsumsi BBM RX King
Oprek mesin bikin BBM boros

Ada beberapa hal yang jadi penyebab RX King boros. Disampaikan oleh Rudi, motor yang sudah mengalami modifikasi mesin pastinya konsumsi bahan bakarnya pasti beda dari standarnya.

Baca juga  Warna Baru Honda CB650R, Tampilan Lebih Gagah!

Tak hanya di bagian mesin, penggantian knalpot, perubahan setingan karburator dan adanya ubahan di komponen mesin motor bakal menyebabkan konsumsi bahan bakar motor ini bakal lebih boros.

“Kalau untuk urusan mesin pasti banyak pengaruhnya ke konsumsi bahan bakar. Setingan karbu salah atau ada modifikasi karbu saja bisa lumayan loh beda takaran konsumsi bahan bakarnya,” papar Rudi.

Umumnya, konsumsi BBM RX King ada di kisaran 30 Km/liter sampai dengan 35 Km/liter. Tentu dengan kapasitas mesin 135 cc dan karakter mesin jenis 2 tak itu merupakan hal yang sangat lumrah dan wajar.

Dengan itu, tidak ada patokan pasti untuk konsumsi bahan bakar motor raja jalanan yang sering disebut sebagai motor jambret ini. Dengan takaran yang disebutkan di atas, itu merupakan patokan RX King paling irit untuk takaran bahan bakarnya.

Bahan Bakar yang Cocok Untuk RX King

Konsumsi BBM RX King
Tidak ada patokan khusus jenis BBM untuk RX King selama itu bensin bukan solar

Untuk masalah jenis bahan bakar yang cocok untuk Sang Raja, pun juga tidak ada patokan pastinya. Baik jenis Pertalite atau Pertamax misalnya, tidak berpengaruh pada besaran takaran bahan bakar motor.

Baca juga  Spesifikasi All New Yamaha Nmax 2020, Kian Modern dan Bertenaga

“Pertalite atau Pertamax atau sejenisnya sih sama saja untuk urusan takaran konsumsi bahan bakar. Paling pengaruhnya sama performa mesin saja kalau jenis bahan bakar sih,” ujar Rudi.

Menurut Rudi, untuk yang menggunakan RX King sebagai motor harian sesungguhnya bisa menggunakan bahan bakar tipe apa pun. Selama itu masih bahan bakar bensin. Hanya saja memang sebisa mungkin minimal Pertalite.

Dia juga menambahkan, motor RX King dengan setingan harian biasanya standar konsumsi bahan bakarnya tidak terlalu boros. Setting RX King harian biasanya tidak banyak ubahan di sektor mesin.

“Biasanya yang pakai King buat harian sih enggak pernah oprek bagian mesin. Paling urusan penampilan saja,” tutur Rudi.

Cara Membuat RX King Irit

Konsumsi BBM RX King
Jika rutin dirawat RX King tidak boros bahan bakar

Untuk pengguna motor Yamaha RX King, Rudi juga membagikan tipsnya supaya konsumsi bahan bakar motornya tidak terlalu boros.

Pertama yang dilakukan oleh pemilik motor Yamaha RX King adalah jangan melakukan modifikasi di area mesin. Misalnya, porting Polish atau bore up misalnya.

modifikasi mesin pastinya akan berpengaruh pada konsumsi bahan bakar dari motor itu sendiri.

Baca juga  Review Yamaha Mio S Smart & Sophisticated

Pun begitu juga untuk bagian karburator, gunakan karburator standar Yamaha RX King yang asli dan pastikan komponen-komponen di dalamnya masih sesuai dengan standarnya.

Kedua, pastikan ukuran gear set motor Yamaha RX King milik kamu masih sesuai dengan ukuran yang sesuai dengan standarnya.

Ketiga, kendarai motor Yamaha RX King dengan bijak. Kurangi menggeber geber gas motor, hal ini yang bisa menyebabkan konsumsi bahan bakar motor RX King jadi berasa lebih boros.

Terakhir, rutin lakukan perawatan motor. Servis motor secara berkala, mulai dari membersihkan area filter, karburator dan busi.

Dengan sering melakukan perawatan secara rutin, tentunya bakalan berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar. Selain itu, dengan sering merawat motor performa motor juga akan lebih baik. Setidaknya bisa memperpanjang usia pakai komponen yang ada di motor.

“Boros atau tidaknya konsumsi bahan bakar motor itu tergantung sama pemiliknya sendiri. Kalau senang Oprek mesin dan bawa motornya sembarangan, ya wajar banget motor RX King jadi boros bahan bakarnya,” pungkas Rudi.

Buat kamu yang mau tahu informasi terbaru dan terlengkap seputar dunia otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru