by

Kunci Motor Patah di Dalam? Ini Cara Mengeluarkannya

Kunci Motor Patah di Dalam – Salah satu komponen penting untuk menghidupkan mesin motor adalah kunci. Oleh karena itu, kunci harus dirawat. Bagaimana caranya?

Setelah berkendara, Anda bisa selalu letakkan di tempat yang disediakan agar tidak hilang. Dapat pula rutin melumasi lubang kunci, supaya mekanisme on/off menjadi lancar.

Baca Juga: Kunci Motor Hilang? Simak 6 Hal yang Harus Dilakukan

Terlebih untuk pelumasan, Anda wajib melakukannya. Kalau sampai lubang kunci macet, kemudian Anda terlalu kuat memutar kunci kontak. Efeknya kunci bisa tiba-tiba patah di dalam.

Selain kondisi yang telah disebutkan, kunci rawan patah akibat tidak sengaja diduduki hingga permukaannya sedikit bengkok. Bila telah bengkok, kemungkinan patah di dalam rumah kunci semakin tinggi.

Alasan lain untuk patah, kunci merupakan duplikat dengan kualitas rendah. Kalau sudah begitu, pasti material yang dipakai tidak sekuat kunci bawaan pabrik.  

Berbagai alasan kunci patah di dalam, pertanyaannya cuma satu. Bagaimana cara mengeluarkannya lagi? Jika Anda mengalami hal serupa, berikut 3 hal yang bisa dilakukan.

1. Membuka Lubang Kunci dengan Tang Cucut

kunci motor patah di dalam
Hati-hati pakai tang cucut, karena bisa merusak lubang kunci

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan ketika kunci motor patah di dalam adalah buka lubang kunci dengan tang cucut. Cara melakukannya, silakan masukkan tang ke dalam lubang kunci hingga mulut lubang kunci terbuka lebar.

Ketika mulut lubang terbuka lebar, masukkan tang sedalam mungkin sampai Anda bisa menjepit bagian kunci yang patah. Jika tang tidak bisa menjangkau patahan kunci motor, coba gunakan pinset atau kawat.

Saat patahan kunci sudah disepit, secara perlahan silakan tarik keluar dari lubang kunci. Begitu patahan kunci berhasil dikeluarkan, Anda sudah bisa menggunakan kunci serep untuk menyalakan motor. Perlu diketahui, cara ini berisiko merusak lubang kontak.

Baca juga:

Baca juga  10 Cara Menambal Knalpot Bocor, Bisa Tidak Dilas

2. Menggunakan Perekat Besi

kunci motor patah di dalam
Lem besi bisa jadi alternatif

Jangan panik ketika kunci motor patah, pasalnya Anda bisa mengeluarkannya menggunakan perekat besi. Bagaimana caranya? Pertama, siapkan lem besi. Di pasaran, ada beragam merek perekat besi yang bisa Anda gunakan, seperti Dextone, Araldite, dan Aica-Aibon.

Sebelum mengolesi kunci yang patah dengan perekat besi, ada baiknya bila Anda membersihkan permukaannya dari debu, air, atau minyak agar lem besi bisa meresap sempurna ke pori-pori. Di sisi lain, Anda juga perlu membersihkan lubang kunci dari kotoran yang mungkin bisa menyumbat patahan kunci. Anda bisa menggunakan udara bertekanan tinggi untuk membersihkannya.

Bila permukaan kunci dan lubang kunci dalam kondisi bersih, silakan lumuri pangkal kunci yang patah dengan perekat besi, kemudian masukkan ke dalam lubang kunci hingga bagian ujung kunci menempel dengan patahan kunci.

Tunggu beberapa saat hingga lem kering dan merekat di patahan kunci. Setelah itu, coba tarik perlahan. Cara ini juga bisa menjadi langkah darurat bila Anda ingin menyalakan mesin. Jadi, setelah lem merekat dengan patahan kunci, coba putar untuk menghidupkan mesin.

Tips bila perekat besi menempel di tangan, Anda bisa menggunakan aseton, Vaselin Petroleum Jelly, minyak, atau garam untuk menghilangkan lem besi.

3. Memanggil Tukang, Cara Termudah Mengatasi Kunci Motor Patah di Dalam

Kunci Motor Hilang Simak 5 Hal yang Mesti Dilakukan. jasaduplikatkunci
Panggil tukang kunci merupakan langkah bijak

Bila ragu untuk mengatasinya sendiri, Anda bisa menghubungi tukang kunci yang memang memiliki keahlian khusus dalam menangani kasus seperti ini. Untuk menemukan tukang kunci terdekat dari lokasi Anda berada, Anda bisa menggunakan bantuan Google Maps atau mencari informasinya secara online.

Setelah berhasil menemukan tukang kunci yang tepat, silakan hubungi kontak yang ada untuk menanyakan tarifnya. Bila Anda setuju dengan harga yang ditawarkan, minta tukang kunci tersebut untuk datang memperbaiki motor Anda.

Baca juga  Jangan Beli Yamaha Xmax Bekas, Sebelum Baca Ini

Kalau Anda tidak memiliki kunci serep, Anda bisa sekalian membuatnya. Perhatikan pula material yang digunakan dalam membuat kunci serep tersebut. Jangan sampai tergiur harga murah, tapi pakai material kualitas jelek.

Sebaiknya pilih yang kualitasnya bagus. Tidak masalah harga sedikit mahal. Ini penting, supaya kunci motor kamu tidak lagi patah di dalam.

Tips Merawat Kunci Motor agar Tidak Patah di Dalam

Kunci Motor Hilang Simak 5 Hal yang Mesti Dilakukan. saibumi
Perawatan kunci sangat penting agar tidak patah di dalam

Beruntung buat kamu yang punya kuda besi dengan teknologi keyless. Alhasil tidak perlu mengalami kunci motor patah di dalam. Pasalnya di fitur keyless, tidak lagi membutuhkan anak kunci konvensional.

Komponen tersebut digantikan remote dan kenop pintar. Remote berfungsi sebagai pengganti anak kunci, sementara kenop adalah lubang kuncinya.

Bila mau mengaktifkan mesin, cukup masukkan remote ke saku. Kemudian tekan dan putar kenop pintar. Setelah itu starter mesin, dipastikan motor bakal aktif sempurna.

Nah, kembali lagi ke pembahasan kunci motor patah di dalam. Kalau kamu masih pakai kunci konvensional, tentu hal ini berpotensi terjadi. Bagaimana pencegahannya?

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan supaya kunci motor tidak patah di dalam, salah satunya dengan melakukan perawatan. Jangan menyepelekan tips ini. Komponen apapun, termasuk kunci tetap haruslah dirawat dengan baik.

Cuma pertanyaannya, bagaimana cara merawat kunci motor agar tidak mudah patah? Berikut tipsnya untuk kamu:

Jangan Paksa dan Kasih Pelumas

kunci motor patah di dalam 005
Pakai cairan contact cleaner untuk penghilang karat paling baik di lubang kunci

Pertama, saat kunci tiba-tiba macet dan tidak bisa diputar, jangan paksa kunci. Hal ini berisiko membuat lubang kunci longgar hingga rusak. Parahnya lagi, kunci motor bisa patah di dalam kalau sampai dipaksakan terlalu kuat.

Guna mengatasi kunci yang macet, coba semprotkan pelumas atau oli. Kemudian coba putar kembali kunci motor perlahan, sampai bisa. Memang butuh kesabaran dalam melakukan hal ini.

Penggunaan oli sebenarnya beresiko, bisa mempengaruhi kelistrikan di motor. Oleh karena itu paling tepat sebenarnya menggunakan produk contact cleaner. Carian ini dapat kamu temui di toko-toko online. Hanya saja memang harganya cukup mahal dibandingkan pakai oli bekas.

Baca juga  Berapa Ukuran Angin Ban Motor yang Pas?

Hanya saja untuk memperoleh hasil maksimal, tidak ada salahnya lebih pilih contact cleaner. Dijamin mantap!

Aktifkan Penutup Kunci untuk Mencegah Kunci Motor Patah di Dalam

NEX II dan BeAT didukung pengaman kunci kontak Cuma di Nex II ada USB Charger
Banyak motor matik yang sudah didukung pengaman kunci kontak

Tips dua, usahakan untuk rutin memasang penutup kunci setelah digunakan. Saat ini, banyak motor keluaran terbaru yang dilengkapi penutup kunci atau shuttered key. Selain berfungsi sebagai pengaman dari maling, penutup tersebut juga berfungsi mencegah lubang kemasukan debu atau air.

Dua kotoran itulah yang bisa menyebabkan lubang kunci berkarat dan rusak. Terlebih kalau ada air hujan ikut masuk. Kombinasi yang sangat pas untuk membuat karat.

Jadi, jangan sampai lupa untuk menutup lubang kunci ya. Hal ini merupakan salah satu perawatan kunci motor yang mudah dan praktis. Intinya cuma harus ingat. Demi keselamatan motor dan kesehatan lubang kunci.

Gantungan Kunci Jangan Terlalu berat

kunci motor patah di dalam 006
Gantungan kunci pilih yang ringan, namun tetap mudah dilihat

Terakhir, hindari memakai gantungan kunci yang terlalu berat. Pasalnya, gantungan tersebut bisa membuat lubang kunci cepat longgar. Bila lubang kunci longgar, maka bisa saja kunci motor jatuh saat Anda sedang berkendara.

Baca Juga: Gantungan Kunci Model Ini Rawan Rusak Body Motor. Ini Penjelasannya.

Gantungan kunci yang berat juga berpotensi memberi beban lebih. Bukan tidak mungkin kunci dengan kualitas material tidak baik, jadi bengkok dan kemudian patah.

Kalau Anda punya pengalaman kunci motor patah di dalam motor, langsung saja berbagi pengalamannya di kolom komentar ya!

Terbaru