by

Kymco F9, Motor Listrik yang Tampil Beda

Pabrikan asal Taiwan, Kymco sepertinya ingin menunjukkan keseriusannya di pasar skutik global. Salah satu bukti terkuat, mereka meluncurkan motor matik istimewa bernama Kymco F9.

Produk ini punya tampilan unik, karena memiliki aura motor sport kental. Ciri khasnya pakai jok single seater, bodi banyak sudut, serta performa tinggi.

Soal akselerasi, Kymco F9 mampu melaju dari posisi diam hingga 50 Km/jam hanya dalam tiga detik. Kemudian kecepatan maksimalnya tembus 110 Km/jam.

Lalu terkait torsi puncak yang bisa diraih mencapai 30 Nm dan tenaga maksimal 12,6 hp. Tidak ketinggalan transmisinya sungguh menarik, pakai 2-percepatan otomatis. Sistem transmisi ini dirancang khusus agar bisa mengombinasikan efisiensi baterai sekaligus pendistribusian tenaga ke roda belakang.

“Kymco F9 dirancang untuk memberikan sensasi berkendara yang bisa mengubah persepsi masyarakat terhadap motor listrik,” seperti dikutip dari rilis resmi yang kami terima pada Kamis (26/4/2020).

Sementara terkait kapasitas baterainya adalah 96V 40Ah. Dalam kondisi penuh sanggup melaju sejauh 120 Km. Soal pengisian baterai, cuma butuh 2 jam sampai penuh dengan fast charging.

Baca juga  Harga Scoopy Terbaru Rp 20 Jutaan, Tanpa Kick Starter

Detail Spesifikasi Kymco F9

spesifikasi kymco f9
Kymco mengklaim F9 sebagai motor listrik pertama di dunia yang pakai transmisi otomatis 2-percepatan.

Performa hebat Kymco F9 juga tidak lepas dari spesifikasi rangka istimewa. Merek motor Taiwan tersebut merancangnya terintegrasi dengan baterai, alhasil bobot total motor bisa sangat ringan. Di atas kertas cuma 107 Kg.

Lalu untuk dimensinya, produk ini memiliki panjang 1.831 mm, lebar 714 mm, dan tinggi 1.085 mm. Jarak sumbu rodanya 1.236 mm.

Terkait ukuran roda pakai 110/80-14 inci di depan dan 140/70-14 inci di belakang. Peleknya pakai material aluminum alloy yang sekilas punya desain mirip Yamaha Nmax dan Aerox.

Dalam hal pengereman, Kymco F9 ditunjang pula cakram di kedua roda. Hadir pula panel instrumen digital dan sistem pencahayaan LED.

Selain F9, Kymco juga meluncurkan tiga motor matik lain pada waktu yang bersamaan. Ada Kymco KRV yang merupakan saingan dari Honda PCX dan Yamaha Nmax, namun dilengkapi performa mesin lebih mantap dengan kubikasi 175,1 cc.

Hadir pula skutik dua alam yang bernama Kymco DT X360. Selain nyaman dipakai di jalan raya, motor ini bisa diajak menjelajah ke medan semi offroad karena penggunaan ban dual purpose. Soal kapasitas mesin, tembus 320,6 cc.

Baca juga  Pemotor Wajib Pakai Helm SNI, Ini Dendanya Jika Melanggar

Produk terakhir yang juga meluncur bersamaan dengan Kymco F9 adalah CV3. Ini merupakan motor matik roda tiga yang mirip Yamaha Niken.

Tertarik meminang salah satu skutik Kymco yang disebutkan di atas? Sabar ya, karena mereka cuma sekadar memperkenalkan lebih dulu pada tahun ini. Kemungkinan penjualannya dilakukan tahun depan secara global.

Kapan masuk Indonesia? Sepertinya masih lama, terlebih saat ini fasilitas pengisian baterai listrik di Tanah Air belum lengkap.

Terbaru