Monday, July 8, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Lebih dari 60 Tim Asal Indonesia Lolos Shell Eco-marathon 2024

by Tigor Sihombing
Shell Eco-marathon

Ada lebih dari 60 tim asal Indonesia lolos Shell Eco-marathon 2024. melewati inspeksi Keseluruhnya telah melewati seleksi ketat untuk bersaing di Shell Eco-marathon region Asia-Pasifik dan Timur Tengah.

Kompetisi regional bergengsi dari Shell ini kembali dihelat di Indonesia. Diawali proses inspeksi untuk memastikan semua tim memenuhi persyaratan keselamatan dan teknis yang ketat sebelum mereka berkompetisi di lintasan.

Tim yang lolos inspeksi teknis akan bersaing dalam dua kategori: Prototype dan Urban Concept, yang dimulai resmi pada hari Kamis. Total ada 78 tim yang telah mendaftar tahun ini, berusaha untuk membangun dan merancang kendaraan paling hemat energi.

Lebih dari 60 Tim Asal Indonesia Lolos Shell Eco-marathon 2024

Kompetisi ini diadakan di Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, dari 3 hingga 6 Juli, menandai tahun ketiga berturut-turut Indonesia menjadi tuan rumah event ini.

Dalam kategori mobil Urban Concept, tim LH-EV Fuel Cell dari Universitas Lac Hong menjadi tim pertama dari Vietnam yang berpartisipasi dengan kendaraan berbahan bakar hidrogen.

Manajer tim, Truong Quoc Khanh, menyatakan, “Mahasiswa dari Universitas Lac Hong sangat berminat merancang dan memproduksi mobil hemat bahan bakar. Kami melihat hidrogen sebagai bahan bakar masa depan yang lebih ramah lingkungan dan efisien, meskipun masih banyak tantangan teknologi dan infrastruktur di Vietnam.”

Baca juga  Update Harga BBM Bulan Juli 2024, Shell dan BP AKR Kompak Turun, Pertamina Stabil!

Tiga Jenis Bahan Bakar

image864
Mobil prototype Urban Concept

Kategori Urban Concept menampilkan kendaraan yang mirip dengan mobil penumpang dengan empat roda dan desain layak jalan. Tim dalam kategori ini ditantang untuk mengoptimalkan energi sambil memenuhi kebutuhan pengemudi, seperti kenyamanan. Mereka dapat memilih salah satu dari tiga jenis bahan bakar: baterai listrik, sel bahan bakar hidrogen, atau pembakaran internal (bensin, etanol, dan/atau diesel).

Kategori Prototype fokus pada menciptakan desain kendaraan masa depan yang ringan dan ultra-efisien. Tim Nakoela, yang berkompetisi dalam kategori ini, berhasil menciptakan desain kendaraan futuristik sesuai pedoman teknis.

Manager tim, Arafa Maulana Abdillah, menjelaskan, “Kami merancang kendaraan Prototype dengan sumber energi bensin, menggunakan desain badan mobil yang sangat aerodinamis dan sistem propulsi serta kelistrikan efisien untuk menghasilkan efisiensi bahan bakar yang tinggi.”

Shell Eco-marathon Asia-Pasifik dan Timur Tengah 2024 menjadi ajang unjuk kebolehan bagi tim-tim berbakat dari berbagai negara dalam mengembangkan kendaraan hemat energi, mendorong inovasi, dan mempersiapkan solusi transportasi masa depan yang berkelanjutan.

Baca juga  Cara Membedakan Pelumas Shell Asli atau Palsu

Demikian ulasan Shell Eco-marathon 2024 yang akan diikuti 60 tim dari Indonesia. Simak terus Moladin.com & channel Google News Moladin untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika