by

Lexus NX PHEV Terbaru, Ciptakan Sejarah!

SUV ringkas nan mewah Lexus NX PHEV terbaru resmi diperkenalkan secara global pada Sabtu (12/6/2021). Mobil ini hadir dengan berbagai keistimewaan yang menembus batasan Lexus.

Tidak percaya? Ambil contoh, NX 2021 merupakan produk pertama Lexus dengan sistem Plug-in Hybrid (PHEV). NX PHEV juga model pertama yang mengadopsi teknologi Lexus Driving Signature.

Di samping dua fakta tersebut, Lexus NX PHEV pun memiliki bodi lebih bongsor dibanding generasi sebelumnya. Ada penambahan panjang 20 mm, lebar 20 mm, dan tinggi 5 mm. Jarak sumbur roda pun ditingkatkan 30 mm.

Alhasil kalau melihat di atas kertas, spesifikasi panjang mobil SUV Lexus ini jadi 4.660 mm, lebar 1.865 mm, dan tinggi 1.640 mm. Sementara jarak sumbur odanya 2.690 mm. Soal ukuran roda, ada dua opsi 235/60-20 inci atau 235/60-18 inci.

Desainnya pun dibuat semakin futuristik dan sederhana. Sebut saja lampu depan yang kini terintegrasi daytime running light. Lalu di belakang, lampu kiri serta kanan seolah terhubung lewat garis horizontal.

“Kami harap kamu bisa menoba tantang baru dari generasi terbaru Lexus yaitu NX anyar yang kami dan tim telah tuangkan semangat kami di dalamnya,” kata Chief Engineer Lexus International, Takeaki Kato dalam rilis resmi.

Baca juga  Lexus UX 300e, Mobil Listrik Pertama Toyota Indonesia

Mau tahu lebih detail soal Lexus NX PHEV terbaru? Untuk informasi detailnya simak bahasan di bawah:

Lexus Driving Signature

interior lexus nx phev
Interior Lexus NX terbaru sangat berfokus ke pengendara yang terinspirasi mobil konsep, Lexus LF-300 Electrified

Hal menarik dari Lexus NX PHEV terbaru ada di rasa berkendara. Pabrikan asal Jepang tersebut mengklaim mobil SUV ini memiliki sesuatu yang spesial untuk pengemudi.

Lexus mengembangkannya memang untuk membuat pengendara dan mobil merasa jadi satu. Supaya terwujud, NX diuji coba oleh berbagai pembalap profesional di Shimoyama test course.

Ada pula cockpit dengan Tazuna Concept seperti yang pernah diperkenalkan di mobil konsep Lexus LF-30 Electrified pada 2019. Tema cockpit seperti ini membuat pengendara lebih fokus pada jalan.

Komponen seperti tombol start, tuas persneling, hingga mode berkendara semuanya diletakkan untuk mudah dijangkau oleh pengendara. Alhasil ketika ingin melakukan pengaturan, posisi berkendara tidak perlu berubah.

Selanjutnya, semua informasi berkendara juga bisa terlihat dari head up display yang berada tepat di atas dashboard pengemudi. Bila butuh informasi lain, pengendara bisa pilih dari tombol yang ada di kemudi untuk melakukan penggantian.

Baca juga  Mobil Listrik Lexus Meluncur 25 November, Ini Sosoknya

Bicara keselamatan Lexus Safety System Plus hadir dan siap membantu pengendara setiap saat. Fitur terbaru yang dikembangkan adalah Advanced Park, memungkinkan parkir jadi lebih mudah bahkan melalui smartphone.

Ada pula fitur safe exit assist di Lexus NX PHEV yang secara otomatis bisa mencegah pintu terbuka saat pengendara turun. Hal ini bermanfaat untuk menyelamatkan pengendara agar tidak tertabrak kendaraan lain, ketika turun dari mobil.

Sistem Plug-In Hybrid

Lexus NX PHEV eksterior tampak depan
Tersedia pilihan mesin PHEV untuk pertama kalinya di lini produk Lexus

Lexus NX PHEV merupakan mobil pertama Lexus dengan sistem Plug-In Hybrid. Di atas kertas, sumber tenaganya mendapat kombinasi dari 2.5 liter mesin bensin dan baterai lithium-ion berkapasitas tinggi yang bisa melontarkan tenaga 18,1 kWh.

Sebagai pemilik mobil, kamu dapat memilih empat mode berkendara: EV mode, Auto EV/HV mode, HV mode, dan Self-charge mode. Lalu tersedia pula pilihan penggerak e-Four atau AWD yang mampu membagi distribusi torsi antara 100:0 dan 20:80.

Di samping sistem PHEV, Lexus NX terbaru juga memiliki versi HEV (mobil hybrid tapi tidak perlu diisi ulang pakai colokan listrik). Tidak ketinggalan opsi mesin bensin 2.4 liter dengan turbocharged, serta mesin bensin 2.5 liter.

Baca juga  Lexus UX 300e, Mobil Listrik Terbaru Untuk Indonesia

Selain PHEV, Lexus paling menyorot pilihan mesin 2.4 liter turbo yang dikombinasikan dengan penggerak semua roda atau AWD. Menurut mereka NX dengan jantung mekanis ini plaing menyenangkan untuk dikendarai. Salah satu penyebabnya pengembangan terbaru untuk perpindahan gigi baik saat berakselerasi dan deselerasi.

Kemudian sistem penggerak AWD dikontrol sepenuhnya oleh elektronik, mampu memberikan distribusi 75:25 hingga 50:505 tergantu situasi. Gabungan semua itu mampu menghasilkan rasa berkendara yang mereka sebut sebagai Lexus Driving Signature.

Tertarik punya Lexus NX terbaru? Sayangnya sampai sekarang mobil ini cuma diperkenalkan secara global, belum dipas.’arkan. Berbagai media asing menyebut kemungkinan SUV anyar tersebut benar-benar bisa dibeli oleh masayarakat pada akhir 2021.

Di Indonesia sendiri, Lexus sudah menjual mobil full elektriknya yaitu UX 300e pada tahun lalu. Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus moladin!

Terbaru