Selasa, April 16, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Lexus RZ Meluncur di GJAW 2023, Berapa Harganya?

by Tigor Sihombing
All New Lexus RZ

All New Lexus RZ resmi diperkenalkan di Gaikindo Jakarta Autoweek (GJAW) 2023. Mobil listrik ini merupakan kembaran dari Toyota bZ4X namun dengan versi lebih mewah. Dari sisi harga, pastinya jauh lebih mahal!

Salah satu yang menarik dari RZ adalah kehadiran teknologi All wheel drive (AWD) untuk kestabilan berkendara yang lebih baik di berbagai medan jalan. Ada pula on-board assistant Hi Lexus, serta kemunculan Lexus Premium Surround Sound Mark Levinson.

Bicara kapasitas baterai, mobil listrik ini mengadopsi lithium-ion berkapasitas 71,4 kWh. Jadi, saat kondisi baterai penuh, pabrikan mengklaim All New Lexus RZ memliki daya jelajah hingga 400 km. Adapun spesifikasi baterainya sudah dilengkapi dengan thermal management system yang berfungsi sebagai pendingin baterai sehingga membuat baterai lebih efisien dan tahan lama.

Bahkan setelah 10 tahun masa pakai, baterainya diklaim tetap dapat menampung daya sebesar 90% dari kondisi awal atau lebih. Untuk pengisian ulang baterai, Lexus RZ memerlukan waktu sekitar 90 menit jika menggunakan DC Fast Charger dengan daya 50 kWh dari kondisi low-battery hingga baterai penuh 100%. Jika menggunakan AC Wall Charger dengan daya 7,4 kWh, pengisian ulang baterai memerlukan waktu sekitar 10 jam.

Baca juga  Bocoran Supercar Lexus LFA Terbaru, Berubah Full Electric?

Kehadiran RZ tentunya semakin melengkapi produk mobil listrik Lexus di Indonesia. Sebelumnya merek kendaraan mewah asal Jepang ini sudah punya UX 300e.

“The All New Lexus RZ hadir sebagai milestone baru pada era elektrifikasi Lexus di Indonesia,” kata General Manager Lexus Indonesia, Bansar Maduma.

Spesifikasi Lexus RZ 2023

All New Lexus RZ - GJAW 2023

Tampak belakang Lexus RZ

Spesifikasi Lexus RZ sangatlah istimewa, pasalnya mobil ini punya segmen di atas UX 300e. Eksteriornya punya konsep Limitless Design yang dinamakan ‘Seamless E-Motion’, dibuat khusus untuk BEV model sehingga terlihat berbeda. Dengan mengadopsi bahasa desain baru Lexus yaitu Spindle Body Concept, eksterior ini berfokus pada efisiensi aerodinamis, sehingga membangkitkan pengalaman berkendara yang baru.

Pada bagian belakang, dilengkapi dengan L-Shaped Light Bar dan Unified Logo. Sedangkan bagian velg, The All New Lexus RZ menggunakan 20-inch Dark Premium Metallic Alloy Wheels.

Keunggulan RZ jika dibandingkan dengan Toyota bZ4X adalah kehadiran teknologi terbaru yaitu DIRECT4 Technology (All-Wheel-Drive) yang canggih dan terdepan. Teknologi ini mengoptimalkan performa kendaraan sekaligus memberikan kondisi pengendaraan yang stabil sesuai dengan kondisi jalan sehingga baik pengemudi maupun penumpang akan merasakan pengalaman berkendara yang paling natural dan nyaman.

Baca juga  Kelebihan Lexus UX 300e, Mobil Listrik Operasional KTT G20

Platform model ini, telah memakai platform terbaru khusus BEV, yaitu e-TNGA platform yang membuat struktur kendaraan lebih rigid dengan pengemasan sistem penggerak elektrik yang efisien, sehingga bobot menjadi lebih ringan. Ditambah dengan fitur drive mode, The All New Lexus RZ memiliki pilihan mode, seperti Normal, Sport, Eco, dan Custom, serta salah satu mode yang khusus tersedia pada RZ adalah mode Range yang mampu memaksimalkan jarak tempuh berkendara.

Selain itu, unsur Omotenashi khas Lexus juga ditawarkan pada The All New Lexus RZ melalui fitur-fiturnya yang fokus pada kenyamanan pengemudi dan penumpang. Di bagian kemudi, terdapat cockpit dengan konsep Tazuna yang mampu meningkatkan koneksi pengemudi dengan kendaraan.

Desain shifter baru berbentuk Dial-Type Shifter yang ringkas, memudahkan pengemudi saat mengoperasikan beberapa fitur kendaraan dengan voice command control termasuk on board assistant ‘Hi Lexus’ juga telah tersedia sehingga pengaturan kendaraan menjadi lebih cepat dan intuitif, ditunjang dengan 14-inch Multimedia display dan Lexus Premium Surround Sound Mark Levinson.

Bagi pelanggan yang membutuhkan kehangatan di dalam mobil, kembaran Toyota bZ4X ini menyediakan fitur Radiant Heater yang terletak di bagian depan ruang kaki untuk memberikan kehangatan yang maksimal. Tidak hanya itu, model ini juga dilengkapi fitur Lexus Safety System + generasi ketiga (LSS+ 3.0) dengan tambahan Advance Park atau fitur parkir otomatis yang memudahkan pengemudi dengan hanya menekan tombol START pada multimedia display.

Baca juga  Harga Lexus RX 2023, Ada Varian PHEV dan Hybrid!

Harga Lexus RZ di Indonesia

harga lexus rz 2023

Lexus RZ sudah bisa dipesan di Indonesia

Setelah tahu spesifikasinya, berapa harga Lexus RZ di Indonesia? Lexus Indonesia saat ini masih menutup rapat soal harga jual mobil. Meski begitu, sales mengatakan bahwa mobil listrik tersebut sudah bisa dipesan dengan jadwal pengiriman dijanjikan pada tahun ini.

Walau belum ada harga pasti dari Lexus, tapi kita bisa memprediksinya. Sebagai gambaran, Lexus UX 300e dijual Rp 1,245 miliar. Maka dari itu, kemungkinan RZ bakal dijual lebih mahal lagi.

Kemudian bila melihat harga Lexus RZ 450e di Eropa, mobil ini dijual sekitar £66,500 atau setara Rp 1,3 miliar. Hanya saja ketika masuk Indonesia, tentu banderolnya bisa naik berkali-kali lipat. Bisa jadi tembus Rp 1,6 miliaran.

Demikian ulasan spesifikasi All New Lexus RZ. Simak terus Moladin.com untuk update berita mobil terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika