Banner
Saturday, December 3, 2022
Banner
Banner

Limbah Bengkel Bodi dan Cat Dibuang Ke Mana? Auto2000 Beri Penjelasan

by Tigor Sihombing
Limbah Bengkel Bodi dan Cat

Auto2000 beri penjelasan terkait limbah bengkel bodi dan cat, yang nyatanya harus dikelola baik agar tidak mencemari lingkungan. Karena menurut bengkel resmi (beres) Auto2000 hal ini terkait berkontribusi perusahaan dalam menjaga kualitas lingkungan hidup, sebagai warisan untuk generasi selanjutnya, khususnya dalam proses bisnis.

Sebagai salah satu tulang punggung bisnis aftersales Auto2000, pelayanan Body & Paint (BP) memiliki tata kelola limbah yang komprehensif, sehingga tidak berefek buruk pada lingkungan khususnya di sekitar area produksi.

Daftar Limbah Bengkel Bodi dan Cat

Proses perlindungan bodi dari cat

Proses cat bodi mobil

Contohnya pada sektor produksi, ada limbah udara yang dibuang oleh bengkel BP Auto2000. Nah, ini secara periodik akan dilakukan pengukuran, analisa gas buang. Tidak ketinggalan ada pula perawatan combibooth, seperti penggantian berkala filter-filter, membuat sirkulasi udara dan pembersihan area pengecatan.

Kemudian limbah pengecatan mobil seperti cairan thinner bekas pencucian spray gun, juga dikelola dengan dikumpulkan di dalam drum. Cairan akan terpisah setelah sekian kurun waktu tertentu menjadi endapan di bagian bawah dan cairan thinner di bagian atasnya.

Baca juga  Rekomendasi Sabun Cuci Mobil Terbaik, Warna Doff dan Metalik Berbeda!

Selanjutnya cairan thinner ini dapat di reuse sebagai cairan pembersih combiboth dari overspray (o/s). Sedangkan bagian endapannya dibawa oleh transporter ke perusahaan pengelola limbah, untuk disuling kembali menjadi thinner siap pakai. Melalui cara ini, tak ada lagi limbah thinner yang akan mengotori lingkungan.

Limbah pendempulan, juga dilakukan proses tata kelola yang baik, di mana akan dialirkan melalui saluran khusus, disebut dengan IPAL (Instalasi Pengelolaan Air Limbah). Jelasnya sebagai berikut:

1. Dempul yang sifatnya menggumpal dari proses pekerjaan, akan tertampung di dempul trap, yang nantikan akan dikumpulkan, dan dibawa oleh transporter ke perusahaan pengelolaan limbah

2. Airnya sendiri akan terus menuju ke IPAL yang akan melewati beberapa proses filtrasi, sehingga air yang dibuang menuju saluran umum sudah bersih / tidak mencemari lingkungan, debit air yang dibuang juga tercatat.

Selanjutnya yang terakhir ada limbah majun (atau kain) khususnya untuk pembersihan oli/thinner, yang juga dijadikan satu untuk dibawa transporter ke perusahaan pengelola limbah.

Layanan Bodi & Cat Auto2000 Pasar Kemis

Limbah Bengkel Bodi dan Cat

Tempat penampungan limbah Auto2000 Pasar Kemis

Salah satu bengkel beres Toyota yang sudah menerapkan sistem pengelolaan limbah ini adalah Auto2000 Pasar Kemis merupakan salah satu bengkel Auto2000 yang terlengkap layanannya di propinsi Banten.

Baca juga  6 Bengkel dengan Layanan Mercedes-Benz ExpressService

“Ini merupakan langkah nyata dari Auto2000 dalam mengurangi dampak negative terhadap lingkungan, khususnya dari limbah di bengkel BP Auto2000. Jadi dengan datang dan melakukan perawatan di BP Auto2000 Pasa Kemis, AutoFamily juga turut berkontribusi untuk pengelolaan lingkungan,” Antonius Irwan, GR&BP Service Head Auto2000 Pasar Kemis.

Auto2000 Pasar Kemis memiliki fasilitas showroom dan bengkel (Vehicle Sales & Part) area seluas 10.770 m2 dan area bodi & cat mobil seluas 13.900 m2.

Layanan after sales Auto2000 Pasar Kemis ditunjang oleh 21 stall general repair yang melayani kebutuhan servis berkala dan perbaikan teknis. Sedangkan yang paling besar, area layanan perbaikan bodi dan cat yang mencapai 68 production dan support stall. Terdiri atas 36 stall reguler, 10 stall express body & paint, serta 22 support stall.

Layanan bengkel dan cat menjadi salah satu keunggulan utama Auto2000 Pasar Kemis, karena merupakan salah satu fasilitas bodi & cat (body & paint/BP) terlengkap dan termodern di Banten area.

Baca juga  5 Tempat Coating Mobil Terbaik, Bergaransi !

Sejak resmi mendapatkan otorisasi dari Toyota, layanan bengkel Bodi & cat Auto2000 Pasar Kemis mencapai 20 unit perhari, dengan 60% masuk dalam perbaikan ringan, 25% perbaikan menengah, dan 15% perbaikan berat.

Demikian ulasan tempat penampungan limbah bengkel bodi dan cat Pasar Kemis. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

 

 

 

 

 

 

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika