Selasa, Februari 27, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Marc Marquez Adaptasi Lebih Cepat Dengan Motor Ducati MotoGP, Ini Satu-satunya Mekanik Yang Diboyong Dari Honda

by Ivan
Marc Marquez adaptasi lebih cepat motor Ducati MotoGP

Marc Marquez mampu beradaptasi dengan motor Ducati MotoGP jauh lebih cepat dari yang diharapkan. Hal ini diungkap setelah tes pertamanya dengan motor Gresini di Valencia, Spanyol.

Marc Marquez yang terikat kontrak dengan Honda hingga akhir 2023 itu akhirnya diperbolehkan bercerita tentang pengalaman pertamanya bersama Ducati setelah kerjasama bersama pabrikan Jepang tersebut berakhir.

Pada tes akhir musim di Valencia, Marc Marquez mampu finis tercepat keempat di mana ia pertama kali merasakan Ducati Desmosedici setelah membalap untuk Honda sepanjang kariernya di MotoGP.

Marc Marquez diproyeksi akan meningkatkan persaingan internal Ducati juga terhadap tim lain

Marc Marquez diproyeksi akan meningkatkan persaingan internal Ducati juga terhadap tim lain

Kontrak dengan Honda membuat Marquez tidak dapat berbicara tentang tes tersebut hingga 1 Januari 2024. “Saya mampu beradaptasi jauh lebih cepat dari yang diperkirakan,” kata Marquez seperti dikutip DAZN.

“Waktunya telah tiba tanpa perlu mencarinya terlalu keras. Ducati adalah motor yang berbeda (dengan Honda), dengan gaya yang berbeda. Saya naik motor juara, jadi (kendali) ada di tangan saya. Banyak pebalap melaju kencang dengan motor ini,” lanjutnya.

Baca juga  Crutchlow Prediksi Soal Calon Juara, Marquez atau Dovi?

Marc Marquez mampu tampil cepat sejak awal selama tes pertamanya bersama Ducati. Ia menyelesaikan kurang dari dua persepuluh detik dari kecepatan yang ditorehkan oleh Maverick Vinales dari Aprilia yang finis pertama.

Ducati lakukan riset ilmiah prediksi performa Marc Marquez

Ducati lakukan riset ilmiah prediksi performa Marc Marquez

“Kecepatannya ada, tapi masih banyak hal yang perlu saya pahami. Bukan untuk bergerak lebih cepat, tapi untuk lebih konsisten. Dan yang terpenting, dalam hal komunikasi dengan tim,” urai Marquez.

“Saya telah bekerja dengan grup selama 11 tahun, sekarang grup baru, tetapi keluarga (Ducati) menerima saya dengan sangat baik dan itu selalu menyenangkan,” pungkas Marquez yang pindah ke Gresini Racing Ducati cuma memboyong 1 orang mekanik saja.

Marquez akan mengikuti peluncuran resmi tim Gresini Racing Ducati di Riccione, Italia pada 20 Januari 2024. Lalu ia akan kembali mengendarai motornya dalam tes resmi pramusim di Malaysia pada 6-8 Februari 2024. Juara MotoGP enam kali itu akan tandem bersama saudaranya, Alex Marquez di Gresini tahun ini.

Baca juga  Valentino Rossi Tak Jadi Masa Depan Yamaha, Faktor Usia?

Hanya Satu Mekanik Yang Diboyong Marquez dari Honda ke Ducati

Marc Marquez hanya memboyong 1 mekanik dari Honda yakni Javier Ortiz Alcaraz

Marc Marquez hanya memboyong 1 mekanik dari Honda yakni Javier Ortiz Alcaraz

Javier Ortiz Alcaraz adalah satu-satunya mekanik yang akan mengikuti jejak Marc Marquez dari Honda ke Ducati. Tapi siapakah pria yang menyebut Marquez sebagai ‘adiknya’ itu?

Marquez tidak hanya beralih dari Repsol Honda ke Gresini Ducati untuk musim MotoGP 2024, tetapi juga mampu menegaskan penampilan impresifnya di tes Valencia.

Jadi pebalap tercepat keempat, Marquez menegaskan bahwa ia serius dengan Ducati, namun ia akan melakukannya dengan tim yang benar-benar baru kecuali Ortiz.

Javi Ortiz sapaan akrabnya adalah seorang engineer asal Spanyol yang mulai bekerja bersama Marquez di Moto2 pada musim 2011 dan selalu bercita-cita menjadi seorang mekanik.

Berbicara dalam film dokumenter Honda ‘Behind the Dream’, Ortiz berkata: “Sejak kecil saya selalu ingin menjadi mekanik. Saya membeli Scalextric dan mengeluarkan mesin mobil dan membuat kipas,”

Ilustrasi saat Marc Marquez konsultasi dengan mekanik Honda

Ilustrasi saat Marc Marquez konsultasi dengan mekanik Honda

“Ketika ada sesuatu yang rusak di rumah seperti pengering, ibu saya, sebelum memberi tahu ayah saya. Ia memberi tahu saya dan berkata, Javier, bisakah kamu memperbaikinya. Dan di sana saya membongkar dan merakit.” kata Ortiz di film dokumenter Honda tersebut.

Baca juga  Ducati Tanpa Logo Mission Winnow di MotoGP Prancis, Livery Tampil Beda

“Dari kecil saya tidak pernah menyukai video game. Saya tidak pernah suka berada di rumah. [Saya lebih suka] jalan-jalan bersama teman-teman, bermain sepak bola.”

Terkait hubungannya dengan Marquez, kedua partner tersebut semakin dekat sepanjang kebersamaan mereka di paddock. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika