Selasa, Februari 27, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Market Share Toyota Tetap Paling Tinggi Sepanjang 2023

by Ivan
Market share Toyota tetap tertinggi sepanjang 2023

PT Toyota-Astra Motor (TAM) memproyeksikan whole sales 2023 akan tumbuh positif dibanding tahun lalu. Hal ini berdasarkan data penjualan Januari – November 2023 yang telah mencapai 304.736s unit dengan market share Toyota mencapai 33,1%.

Catatan positif ini memiliki arti bahwa market share Toyota mampu stabil di atas 30% selama 5 tahun terakhir meskipun banyak APM kendaraan roda empat baru hadir di Indonesia.

Whole sales kendaraan elektrifikasi (xEV) Toyota periode Januari – November 2023 juga turut meningkat mencapai 33.603 unit dengan market share 54,3%. Naik lebih dari 6 kali lipat dari periode yang sama tahun 2022.

Dengan visi Mobility for All, kehadiran xEV kebanggaan nasional All New Kijang Innova Zenix HEV dan All New Yaris Cross HEV, membawa angin segar pada penjualan mobil ramah lingkungan Toyota di Indonesia.

Henry Tanoto, Vice President Director PT TAM bicara market share Toyota

Henry Tanoto, Vice President Director PT TAM bicara market share Toyota

“PT Toyota-Astra Motor (TAM) mengucapkan terima kasih atas loyalitas pelanggan yang memercayakan produk kami sebagai mobility solution. Kami juga mengapresiasi upaya pemerintah membangun iklim xEV yang semakin kondusif sehingga popularitas kendaraan elektrifikasi Toyota meningkat dan masyarakat masih mempercayai Toyota sebagai pilihan utama mobilitas,” kata Henry Tanoto, Vice President Director PT TAM dalam siaran pers yang diterima redaksi Moladin.

Baca juga  5 Spesifikasi dan Harga Toyota Alphard Hybrid 2023, Mobil Keluarga Orang Kaya!

“Hasilnya adalah whole sales xEV Toyota pada Januari – November 2023 naik 6 kali lipat dari periode yang sama tahun 2022. Dengan Multi Pathway Strategy, kami akan menghadirkan produk-produk ramah lingkungan yang lebih lengkap dan sesuai kebutuhan masyarakat, serta membangun ekosistem yang mendukung mobilitas xEV Toyota, diperkuat kolaborasi bersama stake holder untuk memberikan peace of mind,” tambahnya.

Sepanjang tahun 2023 Toyota telah menghadirkan 13 model baru, baik model komersial, GAZOO Racing, dan pilihan kendaraan elektrifikasi. Khusus model elektrifikasi baru, PT TAM secara resmi melakukan world premiere All New Yaris Cross HEV di bulan Mei.

Hybrid EV terbaru Toyota ini memperoleh sambutan luar biasa berkat fungsionalitas yang tinggi, low emission, dan harganya semakin terjangkau lantaran diproduksi secara lokal bersama Kijang Innova Zenix HEV. All New RAV4 GR Sport PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle) sebagai xEV paling fleksibel hadir di bulan Agustus.

Sampai akhir November lalu, total penjualan kendaraan roda empat di pasar otomotif nasional mencapai 920.518 unit, sedikit lebih rendah dari periode yang sama tahun 2022 yaitu 942.686 unit. Pada periode yang sama tahun 2023, Toyota mencatatkan penjualan lebih dari 304 ribu unit dan market share Toyota naik cukup signifikan dari 31,6% menjadi 33,1%.

Baca juga  Detail Spesifikasi Toyota Corolla Cross, Harga Booking Rp 10 Juta

Trisula Penjualan Terbanyak Toyota

Market share Toyota tinggi, didukung penjualan Innova Zenix Januari – November 2023

Market share Toyota tinggi, didukung penjualan Innova Zenix Januari – November 2023

Tiga kontributor terbesar penjualan Toyota periode Januari – November 2023 adalah Kijang Innova sebesar 57.618 unit, Avanza 56.432 unit, dan Calya 41.683 unit.

Popularitas Kijang Innova Zenix berhasil mendampingi Avanza sebagai sesama local pride sekaligus lokomotif penjualan Toyota tahun ini. Khusus kendaraan elektrifikasi, Kijang Innova Zenix Hybrid kembali memimpin dengan angka sales 24.250 unit, diikuti Yaris Cross Hybrid 5.284 unit dan Corolla Cross Hybrid 1.161 unit.

Total penjualan HEV Toyota tahun 2023 adalah 33.603 unit, sekitar 11% dari total sales Toyota tahun ini. Naik signifikan dari total penjualan medio 2020 – 2022 sebanyak 7.411 unit atau hanya sekitar 1% dari total penjualan Toyota.

“Toyota menjalankan program Toyota Environmental Challenge 2050 dan Net Zero Emission 2060 Pemerintah Indonesia untuk menciptakan lingkungan yang lebih bersih dengan menghadirkan berbagai jenis teknologi elektrifikasi,” terang Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT TAM.

Setelah Kijang Innova, kontribusi penjualan Toyota ialah dari Avanza 56.432 unit

Setelah Kijang Innova, kontribusi penjualan Toyota ialah dari Avanza 56.432 unit

“Launching Kijang Innova Zenix Hybrid di akhir tahun 2022 berhasil meningkatkan penjualan xEV kami, bahkan mendominasi transaksi Kijang Innova Zenix. Dengan semangat Mobility for All, Toyota akan menghadirkan lebih banyak lagi opsi xEV dengan target 30% adalah kendaraan elektrifikasi di tahun 2030,” sambungnya.

Baca juga  Toyota Aqua Hybrid 2021 Resmi Meluncur, Irit 35,8 Km/Liter

Eksistensi brand sporty GAZOO Racing (GR) turut meningkatkan penjualan Toyota di tahun 2023. Bermodalkan DNA motorsport Toyota, sports car GR Supra, GR Yaris, dan GR86, langsung diminati para sports car enthusiast dan memancing animo masyarakat luas untuk memiliki produk GR.

Prestasi TOYOTA GAZOO Racing Indonesia (TGRI) di berbagai ajang balap nasional dan regional juga ikut memperkuat image sporty Toyota yang membuat pelanggan semakin terpikat. Varian flagship GR Sport di beberapa model hatchback dan SUV Toyota, mampu mencetak market share yang tinggi dengan rata-rata 81,4% pada setiap model.

Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputaar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika