Selasa, April 16, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Toyota Raja Penjualan Mobil di Indonesia 2022, Terjual 331 Ribu Unit

by Tigor Sihombing

Toyota raja penjualan mobil di Indonesia dengan menjual sebanyak 331.410 unit di secara wholesales sepanjang tanhun 2022. Hasil penjualan ini naik 12,1% dari tahun 2021 yang berada di level 295 ribu unit.

Dengan fakta tersebut, Toyota sukses memimpin pasar otomotif Indonesia dengan Market Share 31,6%. Dalam keterangan resminya, Toyota mengatakan optimis bahwa pertumbuhan ini dipengaruhi oleh kembali pulihnya perekonomian nasional dan adanya peningkatan daya beli masyarakat.

“Kami bersyukur hingga saat ini masih bisa berjalan selaras dengan market serta mempertahankan tren positif pertumbuhan penjualan di sepanjang tahun 2022 mencapai lebih dari 331.000 unit. Kami berharap, tren ini akan terus berjalan kearah yang positif sehingga Toyota dapat turut berkontribusi meningkatkan perekonomian, sekaligus memenuhi kebutuhan mobilitas pelanggan yang beragam,” kata Vice President PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto.

Pertumbuhan penjualan Toyota sangat didukung oleh penerimaan positif pelanggan terhadap deretan produk-produk mereka Secara komposisi, penjualan Toyota di tahun 2022 masih di dominasi oleh segmen MPV yang berkontribusi sebesar 57,6%. Beberapa line up MPV & SUV Toyota seperti Avanza, Kijang Innova & Kijang Innova Zenix, serta Rush.

Baca juga  Konsumsi BBM Toyota Rush GR Sport, Seirit Apa?

Hal ini tercermin dari angka penjualan Avanza pada tahun 2022 berhasil mencapai 60.619 unit, meningkat 49% dibandingkan periode yang sama pada tahun 2021 sebesar 40.777 unit. Apabila digabung dengan Veloz, angka penjualan Avanza & Veloz mencapai 92.641.

Selain itu, mobil legendaris keluarga Indonesia, Kijang Innova yang baru saja upgrade generasi menjadi Kijang Innova Zenix, berhasil mencatatkan penjualan total 46.933 unit. Jika digabung, total penjualan segmen MPV Toyota menguasai lebih dari 52% market MPV nasional.

Penjualan Mobil Elektrifikasi Toyota Juga Meningkat

Toyota raja penjualan mobil di Indonesia

Toyota bZ4x merupakan satu-satunya mobil listrik pabrikan berlogo T yang dijual di Indonesia

Segmen kendaraan elektrifikasi juga menunjukkan tren yang semakin positif tahun ini. Total penjualannya secara whole sales telah melebihi 4.463 unit. Naik sangat signifikan 130% dari tahun 2021 yang ditutup pada level 1.935 unit. Pencapaian ini didukung lewat hadirnya kendaraan Battery EV pertama, Toyota bZ4X dan kendaraan Hybrid EV yang diproduksi lokal pertama Kijang Innova Zenix.

Untuk model dari brand GAZOO Racing, tahun 2022 ini komposisi penjualannya secara rata-rata mencapai hampir 72%. Hal ini menjadi sebuah bekal penting bagi Toyota dalam melakukan pengembangan GAZOO Racing yang tidak hanya mencakup data dari keadaan balap, namun juga tetap mengakomodir feedbacks dari para pelanggan.

Baca juga  Tips Beli Mobil untuk Anak Kuliah, Jangan Asal!

Untuk menghadirkan kemudahan pelanggan serta menggairahkan pertumbuhan pasar otomotif nasional, TAM telah menyiapkan berbagai sales program yang menarik kepada para pelanggan untuk Kuartal I 2023. Kemudahan, kenyamanan, serta kepuasan pelanggan dalam melakukan pembelian ataupun memiliki kendaraan Toyota menjadi tujuan utama TAM dalam mengimplementasikan program-program ini.

Pelanggan yang melakukan pembelian Avanza, Veloz, Rush, dan Kijang Innova Zenix memiliki opsi menggunakan Toyota Spektakuler Package dan berhak mendapatkan benefit free insurance 2 tahun senilai 16 juta dan low rate package dengan bunga hingga 0%*. Bagi pelanggan yang tertarik untuk membeli Kijang Innova Zenix varian bensin juga berhak mendapatkan program spesial low rate dengan bunga hanya 2,77%.

Demikian ulasan Toyota raja penjualan mobil di Indonesia untuk tahun 2022. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika