Cara yang Benar Memanaskan Motor Bermesin Injeksi

Hai Moladiners! Apa sih rutinitas pagi Moladiners sebelum menggunakan motor? Pasti banyak yang menjawab memanaskan motor. Apalagi sepeda motornya lama tidak menyala karena hari Sabtu dan Minggu Moladiners tidak pergi kemana-mana.

Biasanya nih orang Indonesia saat memanaskan mesin, motor dibiarkan hidup dalam jangka waktu yang cukup lama. Maklum, masih terinspirasi dengan motor teknologi lama yang menggunakan karburator.

Padahal nih, motor dengan teknologi mesin Fuel Injection alias injeksi itu tidak boleh dipanaskan terlalu lama lho, sob. Maksimal tiga menit saja supaya oli dapat bersikulasi dengan baik pada putaran mesin stasioner. Akan lebih baik lagi kalau kalian memanaskan motor kurang dari tiga menit. Idealnya sih motor kalian hanya butuh satu menit saja untuk proses pemanasan.

Tanpa dipanaskan pun sebenarnya sepeda motor dengan sistem injeksi siap dipakai kemanapun dan kapanpun. Terlalu lama memanaskan mesin malah akan membuang percuma bahan bakar kalian, sob. Belum lagi knalpot kalian terancam over heated alias terlalu panas sehingga dapat mengakibatkan cat knalpot mengelupas.

Honda Vario 150 eSP

*Angsuran mulai dari

Motor Injeksi Masa Kini Sudah Canggih

Sebagai pengetahuan kalian, sob, motor injeksi ini sudah jauh lebih pandai dibanding motor yang menggunakan karburator. Kebutuhan bahan bakarnya sudah diatur oleh ECM Engine Control Module. Bahkan kalian tidak perlu menarik tuas gas ketika memanasi motor.

Bukti yang lain kenapa kalian tidak perlu lama-lama dalam memanaskan motor adalah tidak adanya tuas choke untuk membantu menghidupkan mesin motor yang terpasang di motor kalian. Sepeda motor dengan teknologi masa kini sudah meninggalkan pengunaan choke karena motor injeksi telah dilengkapi dengan sensor pendeteksi suhu mesin.

Honda Vario 150
Motor injeksi tak perlu lama-lama dipanaskan

Sensor pendeteksi ini membuat motor mudah dihidupkan dan mampu menentukan suhu dalam mesin. Ketika suhu mesin cukup hangat, motor kesayangan kalian dapat langsung diajak berlari menuju kantor ataupun kampus.

Nah, itu dia cara memanaskan motor injeksi yang benar, sob. Daripada motor digeber-geber terlalu lama dan buang-buang bensin, mendingan langsung dipakai jalan kan. Kelamaan manasin motor juga bisa bikin kalian telat masuk kantor atau ruang perkuliahan.

Yuk ganti caramu dalam memanaskan motor! Selain lebih efisien, hemat BBM bikin kalian nggak kehabisan uang di akhir bulan.

Baca juga:

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *