Membersihkan Helm Trail di Rumah? Intip 7 Tips Berikut!

Helm adalah perlengkapan penting saat berkendara agar dapat melindungi kepala dari benturan. Apalagi, saat kamu melakukan offroad di mana medan terjal akan meningkatkan kemungkinan terjatuh. Selain itu, perlengkapan lain seperti kostum khusus dan sepatu pun dapat menunjang keselamatan kamu.

Untuk meningkatkan konsentrasi saat offroad, kenyamanan perlengkapan seperti helm haruslah diperhatikan. kamu dapat membersihkan secara berkala agar tidak menjadi gangguan tersendiri. Tidak harus selalu dibawa ke tempat pencucian, kamu bisa melakukan sendiri di rumah dengan tips berikut ini.

 

Melepas Busa di Kedua Sisi

Melepas Busa Helm

Langkah pertama membersihkan helm trail adalah melepas busa yang menempel pada kedua sisi pipi saat digunakan. Untuk model modern, bagian tersebut dapat dilepas dan dipasang kembali dengan mudah.

 

Kawasaki KLX 150

*Angsuran mulai dari

 

Melepas Busa Tipis

Membersihkan Helm Trail, Melepas Busa Tipis

Pada bagian dalam helm, terdapat busa tipis yang melapisi. Lepaslah busa tersebut, sehingga akan tampak styrofoam berwarna putih. Pada beberapa jenis helm, bagian dalam itu tidak bisa dilepas atau paten. Oleh karena itu, pastikanlah saat membeli agar kamu dapat membersihkan perlengkapan berkendara ini dengan mudah.

 

Merendam Busa

Mencuci Busa Helm

Setelah busa dan kain berhasil dilepas, rendamlah dalam air yang sudah dicampur dengan sampo mobil. Diamkanlah selama 15 menit, lalu sikatlah dengan lembut menggunakan sikat gigi. Terakhir, jemurlah dengan sinar matahari tidak langsung.

 

Membersihkan Bagian Styrofoam

Bersihkan Bagian Busa Helm

Sembari menunggu rendaman busa dan kain, kamu bisa membersihkan bagian styrofoam. Gunakanlah kain lap halus yang sudah dibasahi dengan air. kamu tidak perlu memberikan sampo atau alkohol, karena justru akan merusak tekstur. Apabila terasa sangat kotor, kamu bisa menyikat secara perlahan menggunakan sikat gigi.

 

Membersihkan Bagian Luar Helm

Bersihkan Bagian Luar Helm

Untuk bagian luar helm, kamu tidak perlu menyikat. Cukup gunakanlah kain lap halus yang sudah dibasahi dengan air. Kemudian, jemurlah dengan sinar matahari tidak langsung agar warna cat bisa tahan lebih lama.

Untuk helm supermoto atau dual purpose, pada bagian kaca atau visor juga cukup dibersihkan dengan cara di atas. Lakukanlah gerakan memutar dengan lembut, lalu keringkan menggunakan tisu dengan gerakan yang sama.

Sedangkan pada engsel atau mekanisme kaca helm, bersihkanlah dengan minyak silikon. Hal tersebut berguna sebagai pelumas agar kaca dapat ditutup dan dibuka dengan mudah, mengingat saat offroad paparan debu lebih tinggi dan membuatnya cepat kotor.

 

Mengoleskan Wax

Wax Helm

Setelah semua bagian kering dengan sempurna, pasanglah kembali. Agar tampak lebih mengilap sekaligus dapat melindungi cat, oleskan bagian luar helm dengan wax yang biasa diaplikasikan untuk motor atau mobil.

 

Memastikan Kuncian Pad

Membersihkan Helm Trail, Memastikan Kuncian Pad Helm

Setelah kamu memasang kembali semua bagian ke keadaan semula, pastikan kuncian pad (tudung helm) sudah terpasang dengan rapat atau tidak kendor. Hal ini akan sangat berpengaruh terhadap fungsi helm sebagai pelindung.

Selain memperhatian kuncian pad, sering-seringlah mengecek bagian tali helm apakah masih bagus atau sudah berkarat. Hal tersebut akan menyebabkan kait yang menempel pada batok helm terlepas. Oleh karena itu, kamu sangat dianjurkan untuk menggantinya agar dapat menunjang keselamatan kamu secara maksimal.

 

Kawasaki KLX 250 S

*Angsuran mulai dari

 

Tips Merawat Helm

Membersihkan Helm Trail, Tips MerawAT Helm Trail

Untuk merawat helm tidak hanya cukup dengan membersihkannya. kamu pun harus melakukan beberapa hal sebagai berikut:

Agar bagian busa tidak berbau apak atau berjamur, gunakanlah helm dengan kondisi kepala yang kering. Kalau kamu suka mengoleskan minyak rambut, kenakanlah penutup kepala dengan jenis kain yang dapat menyerap keringat dengan baik. Hal tersebut dapat mencegah kontak langsung dengan busa helm.

Ketika kamu memarkir motor, ada kecenderungan akan meletakkan helm di spion. Alhasil, kemungkinan terjatuh pun lebih besar dan ini akan mudah menggores helm. Sebaiknya letakkan helm di jok dengan mengaitkan talinya ke besi dudukan.

Selain menggunakan helm dengan kondisi kepala basah, air hujan pun dapat menimbulkan bau apak dan pertumbuhan jamur. Segera bersihkan untuk menjaga tampilan helm. Gunakanlah kanebo agar mudah menyerap air.

Guna pembersihan helm harian, semprotkan cairan pembersih, lalu lap dengan kain bersih dengan gerakan memutar. Sementara membersihkan busa idealnya setiap dua minggu sekali seperti tips-tips di atas.

Cara menyimpan helm yang benar pun akan membuatnya tidak cepat kotor. Pilihlah tempat yang tidak lembap maupun terkena sinar matahari langsung. Kemudian, letakkan helm dengan posisi terbalik dengan kaca terbuka agar terhindar dari bau apak dan mencegah pertumbuhan jamur. Semprotkan pula parfum rendah alkohol sesekali, lalu angina-anginkan di ruang terbuka sampai kering.

Mudah bukan membersihkan helm trail di rumah? kamu tidak perlu menyiapkan terlalu banyak peralatan dan hanya berbekal ketelatenan. Selain membersihkan helm, memberikan beberapa treatment sehari-hari pun dapat membantu menjaga kondisi helm.

Bagi kamu yang ingin membeli helm trail baru, Moladin menyediakan perlengkapan ini di bagian apparel. Tersedia beragam pilihan yang tidak hanya menunjang keselamatan kamu, melainkan menyesuaikan gaya kamu.

 

Baca Juga :

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *