by

Mencoba SUV MG HS i-Smart, Sepintar Apa?

MG HS i-Smart resmi diperkenalkan di Indonesia. Moladin.com pun diberi kesempatan merasakan sensasi berkendara dari mobil yang harganya masih dirahasiakan ini.

Sebelumnya kami ketahui dahulu jika Morris Garage (MG) HS i-Smart ini dibekali dengan teknologi kecerdasan buatan dengan kemampuan Smart Check, Smart Command, Smart Connect, dan MG Pilot (Smart Drive).

MG Pilot ini serupa dengan ADAS (Advanced Driver Assistance System). ADAS sendiri merupakan teknologi mengemudi modern, dikembangkan SAIC Motor induk perusahaan Wuling dan MG.

Secara Global ADAS, lebih dulu digunakan oleh produk MG. Sementara di pasar Indonesia lebih dulu dipopulerkan oleh mobil Wuling Almaz RS.

Pada mobil MG HS i-Smart ini, fitur MG Pilot memiliki kemampuan Lane Assist System, Front Drive Assist dan Rear Drive Assist. Fitur-fitur ini telah kami coba sebagai rangkaian pengetesan MG HS i-Smart yang dilakukan hari Selasa, (25/5/20) di bilangan Gading Serpong, Tangerang.

Secara fisik eksterior, mobil MG HS i-Smart tidak memiliki perbedaan dari MG HS varian Excite dan Ignite yang sudah diluncurkan sebelumnya. Namun ada emblem bertuliskan HS dan i-Smart di pintu bagasi sebelah kanan bawah.

Sensasi Berkendara Ditemani MG Pilot

MG HS i-Smart
MG HS i-Smart mudah dioprasikan melalui ponsel

Sebelum masuk ke dalam kabin MG HS i-Smart, kami mencoba mengaktifkan mobil ini menggunakan perangkat smartphone. Fitur yang dijajal adalah remote vehicle control. 

Baca juga  Harga MG ZS Facelift 2021, Jauh Lebih Murah dari HR-V!

Hanya saja, lebih dulu perlu unduh aplikasi MG i-Smart di iPhone dan Android. Kemudian mobil juga telah ditanamkan sim card, maka dari itu secara sistem mobil ini bisa dioprasikan dari mana pun selama tersambung dengan koneksi internet.

Kami mencoba menstarter mobil dari jarak jauh untuk selanjutnya menyalakan AC dengan fitur remote vehicle. Tujuannya tidak lain, ketika masuk ke kabin suasana sudah sejuk. Caranya sangat mudah, dengan sekali sentuhan pada perangkat smartphone, maka mobil langsung menyala.

Selanjutnya kami mencicipi nuansa kabin MG HS i-Smart. Aura sporty mendominasi dengan tema interior two tone colours merah dan hitam.

Joknya berdesain racing, model bucket dengan balutan kulit. Pada dashboard berbahan dasar soft touch juga bertema hitam-merah yang disatukan dengan jahitan asli.

Duduk di jok kemudi MG HS i-Smart badan terasa celup. Selain itu sangat mudah untuk menemukan posisi berkendara ternyaman hanya dengan menekan tombol adjustable seat elektronik yang tersemat disamping joknya.

Sensasi lainnya, duduk di balik kemudi MG HS i-Smart adalah kabin terasa padat, dengan panel-panel instumen yang mudah dijangkau tangan. Sama seperti SUV modern kebanyakan, di sana juga ada layar infotainment berukuran 10 inci yang bisa menampilkan map dengan koneksi internet mobil.

Baca juga  7 Kelebihan MG ZS Indonesia, SUV Tiongkok Rp250 Jutaan!

Saatnya mencoba. Tuas persneling kami pidahkan ke posisi R, layar infotainment langsung menunjukan gambar realtime dari kamera 360 derajat.

Gambar yang dihasilkan lumayan jernih, menunjukan kondisi luar sekitar mobil. Memberi kemudahan saat keluar parkir. Selain itu tuas pedal rem berfungsi secara elektrik dan terlepas otomatis ketika pedal gas kami injak.

SUV yang berdimensi lebih kecil dari Wuling Almaz ini akhirnya kami bawa melaju dalam kecepatan rendah sekitar 40 km/jam. Perpindahan transmisi terasa halus.

Mode Berkendara Super Sport yang Istimewa!

test drive mg hs i-smart 002
Begitu tombol super sport ditekan, respons mesin langsung agresif. MG HS langsung melesat cepat

MG HS i-Smart memiliki 4 fungsi mode berkendara yakni normal, eco, sport dan super sport. Fitur berkendara super sport memiliki tombol mencolok berwarna merah pada setir. Karena letaknya mencolok, kami pun langsung mencoba.

Saat mode berkendara ini ditekan, mobil menuju ke kecepatan 80 km/jam. Raungan suara mesin langsung tembus ke dalam kabin. Saat pedal gas diinjak habis, mobil pun dengan mudah melesat. Rasanya begitu responsif. Menurut kami, performa tersebut lumayan untuk mobil di kelasnya.

Baca juga  30 Dealer MG Siap Beroperasi di Indonesia 2021

Menurut data spek pabrikan, mesin di MG HS memiliki torsi puncak hingga 250 Nm pada 1.700 – 4.400 rpm dan tenaga maksimal 162 PS pada 5.600 rpm. Disalurkan dengan transmisi Twin Clutch Sportronic 7-percepatan otomatis.

Sebagai informasi, kalau dibandingkan dengan Wuling Almaz RS, performa berkendara dengan MG HS i-Smart jauh lebih menyenangkan. Ditambah lagi, torsi dan tenaga mobil MG juga lebih besar dari Wuling Almaz.

Selanjutnya kami mencoba salah satu fitur unggulan mobil ini, MG Pilot alias smart drive. Salah satu fungsi uatamanya adalah mengkoreksi mobil jika keluar garis pembatas di jalan.

Kami mencoba memotong jalur ke kiri tanpa melakukan sein. Di panel indikator akan ada tanda kedip disertai bunyi ‘bib’. Mobil ini juga kami uji kemampuan drive assistnya yang melibatkan kendaraan lain.

MG HS i-Conect bisa mengukuti mobil di depannya dengan kecepatan dan jarak yang konstan serta bisa diatur. Fitur ini asyik digunakan pada kondisi jalan stop and go, karena mobil juga dibekali dengan kemampuan rem otomatis.

Demikian ulasan kami terkait sensasi berkendara dengan MG HS i-Smart. Untuk ulasan lengkap otomotif lainnya, pantau terus Moladin.com.

Terbaru