oleh

Mengenal Komponen Mesin Diesel dan Fungsinya

Mesin diesel identik dengan suara mesin yang kasar dan knalpot mengeluarkan asap hitam. Dulu memang begitu, tapi seiring perkembangan teknologi, komponen mesin diesel yang lebih canggih dan modern. Hasilnya suara tidak berisik dan knalpot tidak lagi mengeluarkan asap hitam.

Jika dulu mesin diesel hanya didominasi oleh kendaraan besar seperti truk dan bis, saat ini beberapa mobil passenger sudah menawarkan pilihan mesin diesel pada variannya. Sebut saja seperti Toyota Kijang Innova dan Toyota Fortuner, keduanya selain menawarkan mesin bensin juga menawarkan mesin diesel.

Bahkan untuk unit mobil yang bermesin diesel pada varian Innova dan Fortuner merupakan tipe tertinggi dari pilihan yang ditawarkan.

Komponen mesin diesel tentunya berbeda dengan versi mesin bensin. Perbedaan ini disebabkan oleh sifat mesin diesel yang memiliki kompresi tinggi. Oleh sebab itu maka perlu penyesuaian agar dari segi ketahanan mesin bisa tetap optimal.

Cara kerja mesin diesel juga memang agak berbeda dari mesin bensin. Menurut laman Auto2000, bila mesin bensin menggunakan busi atau spark plug untuk membakar campuran udara dan bahan bakar. Maka mesin diesel membutuhkan busi pijar atau glow plug. Fungsinya meledakkan campuran bahan bakar dan udara melalui tekanan kompresi tinggi dan panas yang cukup. 

Berikut komponen mesin diesel

  • Cylinder Block

komponen mesin diesel
blok silinder

Cylinder block atau blok silinder bentuknya paling besar dan terbuat dari besi tuang dengan presisi yang tinggi. Fungsi utamanya adalah untuk meletakkan berbagai komponen mesin yang mendukung proses kerja sebuah mesin diesel.

Baca juga  Begini Cara Kerja Mesin Diesel Turbo Intercooler

Di dalam silinder blok terdapat komponen water jacket. Komponen yang berbentuk lubang di dalam blok silinder yang mengelilingi linner ini bertugas untuk membantu proses pendinginan mesin agar optimal.

Selain itu terdapat pula oil feed lines. Lubang oli pada silinder blok ini bertugas menciptakan jalur oli mesin dari kepala kepala silinder menuju crankcase serta mendukung sirkulasi oli mesin ke seluruh bagian komponen mesin diesel.

  • Cylinder head

Selanjutnya ada cylinder head yang juga terbuat dari besi tuang, namun ada juga yang berbahan aluminium.

Didalamnya terdapat komponen pendukung seperti valve & spring, camshaft, rocker arm, serta ruang bakar yang yang sangat penting untuk melakukan proses pembakaran.

Fungsi utama dari cylinder head pada mesin diesel adalah sebagai tempat pembakaran mesin.

  • Crankshaft

fungsi poros engkol

Komponen crankshaft lebih familiar dikenal dengan sebutan poros engkol. Komponen ini bertugas untuk mengubah gerak naik turun piston menjadi gerakan putar

Di dalam crankshaft terdapat pula komponen pendukung proses kerjanya, adalah crank pink, crank journal serta weight balance.

  • Piston dan connecting road

Komponen mesin diesel selanjutnya adalah piston yang bertugas sebagai pengatur volume di dalam silinder agar proses kerja mesin dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Sedangkan connecting road berfungsi sebagai penerus gerak gerak naik turun piston ke bagian flywheel.

  • Timing chain

komponen mesin diesel
Timing chain

Komponen timing chain terdapat dalam sistem mekanisme katup. Dimana fungsi utamanya adalah menghubungkan putaran dari engkol dan camshaft dengan sudut tertentu.

Baca juga  Efek Mencampur Bio Solar dan Pertamina Dex

Timing chain berbentuk seperti rantai yang berposisi di bagian depan mesin.

  • Glow Plug

Seperti disebutkan di atas, komponen mesin diesel tidak memiliki busi. Gantinya adalah busi pijar atau glow plug. Fungsi komponen ini memanaskan udara di dalam ruang bakar, sehingga mesin bisa segera mencapai temperatur pembakaran ideal untuk membakar solar dengan udara yang kemudian diubah jadi tenaga.

Bila mobil bermesin diesel susah distarter, maka salah satu yang harus dicek adalah komponen glow plug. 

  • Flywheel

Flywheel berfungsi untuk menyeimbangkan putaran mesin. Sebab komponen ini mampu meyimpan torsi dan fungsi lainnya adalah untuk membantu menyalakan mesin dengan banyaknya mata gigi di bagian luarnya.

  • Oil pan

komponen mesin diesel
oil pan

Sesuai namanya, lil pan berfungsi sebagai bak penampung oli. Komponen ini sama pentingnya dengan komponen lainnya, oleh karena itu umumnya bahan materialnya terbuat dari besi yang kuat.

  • Fuel system

Fuel system bertugas untuk menyuplai bahan bakar ke ruang bakar yang disupport oleh tangki dan injektor. Umumnya mesin diesel yang beredar di Indonesia terdiri dari dua macam, konvensional yang masih banyak di pakai kendaraan besar seperti truk dan bis serta common rail yang banyak diadopsi mobil passenger seperti Fortuner dan Pajero.

Setelah mengenal komponen mesin diesel dan fungsinya, mari diulas lebih lanjut kelebihan mesin diesel dibandingkan mesin bensin.

Kelebihan mesin diesel

  • Torsi tinggi

komponen mesin diesel
Torsi tinggi pada mesin diesel

Sudah bukan rahasia umum lagi jika mobil bermesin diesel mempunyai torsi yang lebih tinggi dibandingkan mobil bermesin bensin.

Baca juga  Kelebihan dan Kekurangan Mobil Mesin Diesel, Harus Tahu!

Oleh sebab itu mayoritas kendaraan niaga seperti truk dan bis didoinasi mesin diesel. Bukan tanpa alasan, mobil  niaga umumnya membawa beban angkutan yang berat, sehingga dibutuhkan torsi yang tinggi.

  • Konsumsi bahan bakar efisien

Mobil dengan mengusung mesin diesel lebih efisien dalam hal konsumsi bahan bakar, sebab mesin diesel memiliki kompresi yang tinggi dan alhasil mampu menghasilkan panas yang minim.

Selain itu, bahan bakar untuk mesin diesel adalah solar yang cenderung lebih tahan panas yang tinggi. Selain itu juga dari sisi keamanan solar juga menghasilkan uap yang lebih sedikit dari bensin. Jadi lebih minim resiko jika terjadi panas tinggi, sebab api tidak langsung menyambar ke solar.

  • Perawatan mesin lebih mudah

Umumnya mesin diesel perawatannya lebih mudah dibandingkan dengan mobil bemesin bensin. Pada mobil diesel, saat melakukan servis berkala, komponen yang diperiksa adalah filter bahan bakar, radiator dan oli.

“Mobil dengan mesin diesel perawatannya lebih mudah. Yang harus rutin dicek dan diperhatikan adalah filter bahan bakar, oli mesin dan kondisi radiator. Jika ketiga komponen tersebut normal, maka kinerja mesin diesel akan optimal,” terang Yono, salah satu mekanik diler Hino di bilangan Ciputat.

Moladiners, itulah ulasan mengenai komponen mesin diesel dan fungsinya. Untuk informasi otomotif menarik lainnya simak terus Moladin.com.

Terbaru