Tips Supaya Helm Kesayangan Gak Bau Menyengat!


Notice: Undefined index: title in /var/www/localhost/htdocs/blog/wp-content/plugins/product-name/includes/functions.php on line 7

Notice: Undefined index: description in /var/www/localhost/htdocs/blog/wp-content/plugins/product-name/includes/functions.php on line 12

Notice: Undefined index: title in /var/www/localhost/htdocs/blog/wp-content/plugins/product-name/includes/functions.php on line 7

Notice: Undefined index: description in /var/www/localhost/htdocs/blog/wp-content/plugins/product-name/includes/functions.php on line 12

Halo, sobat Moladin! Sudah pada bersih-bersih perlengkapan berkendara motor sebelum tahun baru tiba belum?? Ingat ya, sob, helm dan jaket motor kalian perlu dibersihkan secara rutin untuk menghilangkan keringat dan kotoran serta mencegah bau menempel di helm dan jaket kesayangan. Bahaya banget lho kalian udah cakep begitu tapi perlengkapan berkendaranya bau, nanti tidak ada yang mau jadi boncengers lho, sob. Bisa gagal total nih acara pedekate sama si “Dia” kalau helm kalian bau.

Nah, Jinny punya tips merawat helm agar tidak bau menyengat, disimak yuk!

 

DJ Maru World GP Ready Half-face

 

Cuci Helm Secara Berkala Menggunakan Sabun yang Lembut

Helm masa kini kan bagian dalamnya sudah bisa dilepas tuh, sob, yang perlu kalian lakukan adalah melepas bagian dalam helm dan mencucinya dengan detergen yang lembut. Kalian bisa menggunakan shampo atau sabun cuci piring untuk mencuci bagian dalam dan juga interior helm kesayangan kalian.

Kalian tinggal campurkan beberapa tetes shampo atau sabun cuci piring ke dalam semangkuk air hangat dan pergunakan spons lembut untuk mencuci interior helm. Celupkan spons ke dalam larutan sabun kemudian peras dengan baik untuk menghilangkan kelebihan air pada spons dan untuk menghasilkan busa. Busa inilah sebenarnya yang paling penting dalam proses mencuci helm, sob.

Brosis, bisa menghasilkan banyak busa dengan meremas-remas spons. Selanjutnya usapkan spons berbusa pada interior helm, kemudian bersihkan busa sabun dari helm dengan membilasnya menggunakan spons dan air bersih sampai busa sabun tak bersisa. Ingat, brosis, jangan lupa peras sponsnya terlebih dahulu untuk menghilangkan kandungan air yang terlalu banyak.

 

K2 Rider Super Fluo Edition #1 Full-face

 

Menghilangkan Noda

Noda pada helm kebanyakan muncul pada helm cewek, iya kan, sis. Biasanya noda-noda ini akibat penggunaan make up dan paling sering muncul di area tali dagu atau yang bergesekan dengan pipi. Cara untuk menghilangkannya sangat mudah, gunakan alkohol. Usap-usap alkohol di daerah yang bernoda menggunakan kapas atau kain yang lembut, dijamin noda langsung hilang.

 

Mengeringkan Helm

merawat helm agar tidak bau

Nah, sekarang waktunya untuk mengeringkan helm kalian, sob. Helm memiliki lapisan busa yang bisa membuat proses pengeringan helm membutuhkan waktu yang lumayan lama. Ini juga sebabnya Jinny bilang sama kalian di atas untuk tidak menggunakan banyak air dengan cara memeras spons sebelum mengusapkannya ke helm. Lapisan yang tidak terlalu banyak mengandung air tentunya akan lebih mudah kering.

Pertama-tama, gunakan handuk kering untuk mengelap dan menyerap sisa air sebanyak mungkin di seluruh interior helm, kemudian keringkan helm dengan cara diangin-anginkan. Kalau cuaca sedang lembab, terutama saat musim hujan, kalian bisa melakukan beberapa hal berikut supaya proses pengeringan helm bisa berjalan lebih cepat, sob. Kalian bisa menggunakan kipas angin yang diarahkan ke helm. Kalian juga bisa menggunakan hair dryer dengan setelan udara dingin untuk mengeringkan helm. Atur jarak minimal 30 cm antara helm dan hair dryer. Kalau cuaca sedang bersahabat dan terik sih dengan mengangin-anginkan helm di luar ruangan sudah cukup membantu proses pengeringan helm.

 

DAPATKAN DISKON DP MOTOR HINGGA 85% HANYA BULAN INI!

Catatan dalam Menggunakan Semprotan Penghilang Bau

Sebisa mungkin hindari penggunaan semprotan penghilang bau seperti merk Febreze dan Lysol ya, sob. Hal ini malah semakin menambah bau helm atau bahkan bisa menginfeksi mata kalian karena cairan penghilang bau yang bercampur keringat dapat menetes ke area mata. Jadi, hindari memakai penyemprot anti bau, brosis.

Alih-alih menggunakan cairan kimia tersebut, coba gunakan cuka putih atau vodka untuk menetralkan bau helm. Gunakan beberapa semprot saja, terutama sebelum proses pencucian secara reguler helm kalian sudah mulai berbau. Memang cara paling efektif untuk menghilangkan bau helm adalah dengan mencuci dan mengeringkannya kembali sih, sob. Makanya, jangan malas mencuci helm ya.

Untuk menghindari bau dari helm yang dipakai ramai-ramai (biasanya hal ini terjadi pada kalian pengguna ojek online), kalian bisa menggunakan tutup kepala alias shower cap sebelum memakai helm, sob. Trik lainnya yang bisa kalian lakukan apabila bau helm nempel di rambut adalah membilas rambut dengan shampo kering. Jadi siapkan selalu shampo kering di tas kalian untuk mengatasi bau yang muncul setelah penggunaan helm ramai-ramai.

Itu dia tips menghindari bau helm yang menyengat dari Jinny. Kalau kalian punya tips lainnya, jangan lupa informasikan pada Jinny lewat kolom komentar ya. Semoga bermanfaat infonya, sob! Jinny pamit dulu, sampai ketemu di info lainnya.

Ingat Motor, Ingat Moladin!

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *