Banner
Saturday, December 3, 2022
Banner
Banner

Mercedes-AMG ONE Bermesin F1 Tercepat di Nurburgring, Berapa Harganya?

by Tigor Sihombing

Mercedes-AMG ONE resmi menjadi mobil hybrid terkencang di sirkuit legenderis Nurburgring Jerman, untuk versi mobil balap legal jalan raya dalam ketegori sport super. Mobil yang mengadopsi mesin balap Formula One ini mencatatkan waktu resmi 6:35.183 menit untuk mengitari trek sepanjang 20,8 km.

Istimewanya lagi, Mercedes-AMG One ini dijual bebas. Harga mobil hybrid ini tembus Rp 38 miliar dan hanya diproduksi terbatas.

Secara teknis, hypercar ini adalah mobil pertama yang mengaplikasikan teknologi penggerak hibrida Formula 1 dari arena balap ke jalanan. Dengan satu mesin pembakaran dan empat motor listrik, Mercedes-one mempu menghasilkan tenaga total 782 kW atau setara 1.063 hp, dengan putaran hingga 11.000 rpm. Untuk tip speed tertingginya dibatasi pada 352 km/jam.

Untuk membawa mobil sekencang ini juga dibutuhkan ketrampilan, maka dari itu Mercedes-AMG One dalam misi pemecahan rekornya ditunggangi oleh pepalap profesional Maro Engel, asal Jerman. Yang merupakan pebalap F1 dan saat ini berkarir sebagai pembalap Formula E.

Dengan strategi untuk mendapatkan waktu terbaik, Maro Engel dituntut harus menggunakan strategi untuk membawa mobil ini untuk menghasilkan waktu terbaik. Maro juga menggunakan energy recovery pada fase pengereman. Saat di geber di sirkuit Nurburgring , baterai performa tinggi Mercedes-AMG One masih menawarkan tenaga yang cukup untuk kecepatan tertinggi 338 km/jam.

Baca juga  6 Bengkel dengan Layanan Mercedes-Benz ExpressService

Harga Mercedes-AMG One

Mercedes-AMG ONE

Mercedes-AMG One dikembangkan oleh Mercedes-AMG High Performance Powertrains (HPP) di Brixworth, Inggris.

Mercedes-AMG One diperkenalkan sejak Juni 2022 kemarin. Meluncur sebagai mobil produksi bertepatan dengan ulang tahun Mercedes-AMG yang didirikan pada Juni 1967 silam. Diproduksi terbatas hanya 275 unit di dunia dan ditawarkan seharga US$2,7 juta atau setara dengan Rp 38 miliar jika dirupiahkan.

Harganya memang mahal, tapi dari sisi performa tidak perlu diragukan. Keunggulannya ini bisa tercipta, lantaran ada dukungan mesin Formula 1 yang menjadi sumber tenaga.

Mercedes-AMG One mempu melesat dari 0-201 km/jam dalam 7 detik. Mesin yang digunakan berkapasitas 1.599 cc hybrid bertenaga V6 yang didukung dengan single-turbocharging elektrik, hasil adaptasi dari jantung mekanis mobil balap Formula 1.

Dikembangkan oleh Mercedes-AMG High Performance Powertrains (HPP) di Brixworth, Inggris, mesin AMG One telah dioprek agar sesuai dengan jalanan. Selain itu mesin F1 tersebut berpadu dengan dua motor listrik penggerak roda depan, Motor Generator Unit-Kinetic (MGU-K) dan Motor Generator Unit-Heat (MGU-H).

Baca juga  7 Tips Beli Mobil Mercedes-Benz Bekas, Perhatikan!

Dengan adanya dua motor penggerak roda depan ini, AMG One bisa berjalan selayaknya mobil listrik sejauh 18 kilometer berkat baterai 8,4 kWh.

Untuk mendukung performanya, AMG One telah disematkan sistem aerodinamika aktif. Ada pula transmisi 7-percepatan automated manual, suspensi multi-link pushrod, dan ban Michelin Pilot Sport Cup 2R khusus.

Demikian ulasan terkait Mercedes-AMG ONE yang pecahkan rekor Nurburgring. Dengan harga tembus Rp 38 miliar, apakah kamu tertarik meminang hypercar ini? Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika