by

Mercedes-Benz Concept EQG, Calon G-Class Electric!

Mercedes-Benz Concept EQG merupaklan G-Class paling modern yang siap dilepas ke pasaran. Mengusung konsep full elektrik, Mercedes-Benz EQG hadir sebagai penerus G-Class di segmentasi pasar SUV nol emisi alias G-Class Electric.

Dalam keterangan resminya, Mercedes-Benz mengatakan EQG diharapkan sudah bisa dinikmati oleh pecinta mobil Mercedes dalam waktu dekat. Secara desain, mobil ini tidak berbeda jauh dengan versi konvensional G-Class, baik secara desain atau pun tongkrongannya.

Sebuah ladder frame masih menopang body yang berdesain kotak, juga mengusung suspensi independen di depan dengan poros yang kokoh di belakang.

Pun di buritan belakang yang kacanya rata khas G-Class dan kokoh dengan adanya ban cadangan. Tidak hanya sampai disitu, kesan klasik juga terdapat pada handle pintu yang masih berdesain kaku kas SUV G-Class, dan penggunaan lampu depan berdesain bulat sebagai penerang utama.

Perbedaan signifikan justru terdapat di bagian kap mesin. Jika versi konvensionalnhya saat kap dibukan terdapat mesin V8 berkonfigurasi 4.800 cc, 577 HP.

Baca juga  Mercedes-Benz Cuma Jual Mobil Listrik Pada 2030

Sedangkan G-Class versi elektrik tidak pakai mesin konvensional, melainkan diganti baterai. Hanya saja bicara soal spesifikasi, Mercedes-Benz juga masih merahasiakannya.

Di balik grille, juga terdapat lampu-lampu LED dengan logo bintang tiga di tengah menyala dalam efek 3D. Tidak ada lagi kisi-kisi angin yang berfungsi mendinginkan radiator.

Tidak hanya itu, Mercedes-Benz Concept EQG juga mengusung lampu LED pada pelindung body di bagian samping. Lalu di bagian atap ada semacam aksesori yang memiliki bar lampu LED di depan dan lampu rem di belakang.

G-Class Electric tersebut mengusung pelek berdesain modern retro berukuran 22 inci. Dan terlihat mennggunakan ben cadangan palsu berdasain kotak.

Kenapa palsu? Karena itu bukanlah tempat ban serep atau cadangan, melainkan kotak penyimpanan kabel pengisian daya. Dibuat sebagai bentuk penghormatan terhadap G-Class konvensional.

Terkait daya jelajah mobil ini, Mercedes-Benz belum menerangkan lebih rinci. Tetapi yang pasti Mercedes-Benz membocorkan unit Concept EQG ini akan menggunakan empat motor listrik sebagai tenaga penggerak pertama.

Baca juga  Harga Mercedes-Benz A200 Rakitan Lokal, Murah?

“Seperti halnya 4×4, pengurangan off-road Concept EQG dapat diaktifkan melalui gearbox 2-kecepatan yang dapat digeser untuk memenuhi persyaratan off-road khusus “G” yang tinggi dengan percaya diri,” kata Mercedes-Benz dalam keterangan resminya.

Mercedes-Benz juga mengatakan Concept EQG ini juga akan menggunakan mesin yang berperforma layaknya G-Class konvesional. Istimewa bukan?

G-Class Electric Jadi Bagian dari Transformasi Mercedes-Benz

Mercedes-Benz Concept EQG
Mercedes-Benz ingin menginspirasi pelanggannya untuk beralih ke mobilitas listrik dengan produk yang meyakinkan

Mercedes-Benz Concept EQG diperkenalkan pada ajang IAA Mobility 2021 di Munich, Jerman, Minggu (5/9/21). Pabrikan asal Jerman ini mengatakan, kondisi pasar memungkinkan untuk Mercedes-Benz dalam sepenuhnya menggunakan teknologi kendaraan listrik pada akhir dekade ini.

“Kami mempercepat transformasi ke masa depan tanpa emisi dan berbasis perangkat lunak. Kami ingin menginspirasi pelanggan kami untuk beralih ke mobilitas listrik dengan produk yang meyakinkan.”

“Ikon seperti G-Class memenuhi tugas ini dengan sempurna,” tambah Markus Schaefer, Anggota Dewan Manajemen Daimler AG dan COO Mercedes-Benz Cars.

Demikian ulasan terkait pengenalan Mercedes-Benz Concept EQG atau G-Class Electric. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru otomotif.

Baca juga  Teknologi BCI Mercedes-Benz, Kendalikan Mobil Lewat Pikiran

Terbaru