Rabu, Mei 29, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

12 Merek Mobil Mewah di Dunia, Harganya Selangit!

by Baghendra Lodra

Hanya segelintir orang yang bisa memilikinya, meski begitu popularitasnya tak akan pernah pudar. Ya, memiliki mobil mewah hanya bisa menjadi impian bagi banyak orang. 

Itu sebabnya meski volume penjualannya tak sebanyak mobil biasa, setiap tahun pasti ada saja mobil mewah baru yang diluncurkan. Mulai dari hypercar berperforma buas, mobil listrik futuristik, hingga sedan limousine yang tak akan pernah gagal memanjakan pemiliknya.

Nah Moladiners, mungkin kamu penasaran bukan? Merek mobil mewah apa yang ada di dunia? Umumnya kalau kendaraan yang keluar dari merek-merek tersebut akan diburu oleh kolektor. Istimewanya lagi, nilainya akan naik seiring berjalan waktu. Berikut ini 12 merek mobil mewah di dunia:

1. Rolls-Royce

mobil mewah rolls-royce phantom

Rolls-Royce Phantom

Siapa tidak kenal Rolls-Royce, merek mobil mewah asal Inggris ini memang spesialis membuat kendaraan untuk para orang kaya. Keluarga kerajaan Inggris, juga banyak yang menggunakan Rolls-Royce.

Lini produknya cukup banyak, ada Rolls-Royce Phantom, Ghost, hingga Cullinan. Salah satu mobil termewah dan termahal yang pernah mereka buat adalah Rolls-Royce Boat Tail. Harganya tembus US$ 28 juta atau setara Rp 437,3 miliar. Kenapa bisa mahal? karena hanya ada satu Roll-Royce Boat Tail di dunia. Mengapa demikian? Jadi begini ceritanya.

Rolls-Royce punya divisi bespoke. Divisi ini bertugas melakukan penyempurnaan dengan menambahkan aksesoris pada bagian eksterior dan interior saja.

Belum lama ini Rolls-Royce menambah satu divisi baru bernama Coachbuit Division. Saat ini teknologi memungkinkan mobil dikerjakan menggunakan robot. Dahulu, pembuatan mobil masih dikerjakan dengan tangan. Sehingga setiap mobi bisa memiliki keunikan tersendiri sesuai pesanan konsumen.

Coachbuilt Division Rolls-Royce memungkinkan siapa saja dapat menginginkan desain bodi mobil sesuai dengn keinginannya. Itu sebabnya mobil mewah ini hanya ada satu di dunia karena desain bodinya dibuat khusus sesuai dengan pesanan pemiliknya.

2. Bugatti

mobil mewah bugatti chiron

Bugatti Chiron

Merek mobil mewah selanjutnya adalah Bugatti. Pabrikan ini sudah ada sejak 15 September 1881 di Molsheim, Alsace, Prancis (dulunya masuk wilayah Jerman).

Kini setelah founder, Ettore Bugatti meninggal, perusahaan tersebut berpindah tangan beberapa kali. Hingga akhirnya pada 1998, Volkswagen membeli hak paten untuk membuat mobil Bugatti.

Salah satu mobil Bugatti yang terkenal adalah Veyron dan Chiron. Kedua hypercar ini istimewa, lantaran punya kemampuan akselerasi sangat cepat.

Kemudian Bugatti juga terkenal dengan mobil-mobil mahal dan mewah seperti La Voiture Noire. Mahakarya Bugatti tersebut merupakan penghormatan terhadap salah satu mobil legendarisnya, Type 57SC Atlantic.

Konon hanya ada empat unit Type 57SC Atlantic ketika itu. Satu diantaranya, diciptakan oleh Ettore Bugatti untuk sang anak tertua, Jean Bugatti. Mobil berkelir cat hitam mengkilat itu diberinama ‘La Voiture Noire’ yang dalam bahasa Prancis berarti ‘Mobil Hitam’.

Baca juga  6 Mobil Listrik yang Meluncur di 2020 Untuk Indonesia

Singkat cerita, setelah proses pembuatan selesai, mobil ini diantar ke tempat tinggal sang pemiliknya di Bordeaux. Misteriusnya, mobil itu tak pernah sampai ke garasi Jean Bugatti. Mobil ini hilang dan tak pernah ditemukan hingga kini.

Untuk mengenang keindahan mobil yang hilang itu, Bugatti La Voiture Noire versi modern seharga US$ 18,7 juta atau setara 292,1 miliar ini tercipta.

3. Pagani

mobil mewah pagani zonda

Pagani Zonda Tricole

Kalau kamu seorang car enthusiast yang suka mengoleksi mobil, maka pasti tahu Pagani. Ini adalah merek kendaraan asal Italia yang lahir sejak 1992 dan punya keistimewaan dari sisi performa.

Sesungguhnya Pagani bukanlah mobil mewah, tapi karena unitnya langka dan punya performa mantap, maka harga jual kembalinya juga sangat tinggi. Maka dari itulah mobil-mobil Pagani banyak disukai oleh kolektor, serta layak disebut sebagai mobil mewah. Lionel Messi selaku juara Piala Dunia 2022, juga memiliki mobil Pagani.

Mobil Pagani yang jadi incaran, salah satunya Zonda HP Barchetta. Hanya dibuat tiga unit saja, supercar yang legal dipakai di jalan raya ini dijual dengan harga US$ 17,6 juta atau setara Rp 274,9 miliar.

Pagani Zonda HP Barchetta menawarkan performa mesin buas, 7.3-liter V12 yang dikembangkan khusus oleh Mercedes-AMG. Tenaga sebesar 789 hp dan torsi puncak 850 Nm, mampu melesatkan hypercar ini hingga kecepatan maksimal 355 km/jam.

Kesenangan mengemudinya, dijamin oleh struktur rangka monokok yang terbuat dari material carbo-titanium composite yang tahan hingga suhu 315° Celcius.

Semakin spesial, mobil ini diciptakan oleh sang pemilik, Horacio Pagani sebagai autobiography dirinya sendiri. “My dream, my Zonda,” begitu ungkapan Horacio terhadap Pagani Zonda HP Barchetta. Tiga unit yang dibuat, satu unit merupakan koleksi pribadi Pagani.

4. Genesis

mobil mewah genesis g80 electrified

Hyundai Genesis LWB dibuat khusus untuk KTT G20


Bicara mobil mewah, tentu tidak bisa lepas dari Genesis. Jika kamu belum tahu, ini masih satu group dengan Hyundai yang berasal dari Korea Selatan. Hanya saja, Genesis dibuat khusus melahirkan produk-produk kelas atas.

Salah satu mobil mewah Genesis yang paling terkenal di Indonesia adalah G80 Electrifed. Sedan listrik tersebut digunakan oleh kepala negara di KTT G20, Bali. Bahkan Genesis membuatkan versi khusus dengan long wheel base (LWB) untuk menjamin kenyamanan para petinggi dunia.

Hingga saat ini, Genesis memang belum dijual resmi di Indonesia. Walau demikian, ada rumor mengatakan bahwa Hyundai siap menghadirkan mobil Genesis untuk dijual massal di Tanah Air pada 2023.

Baca juga  Glamour Auto Boutique, Importir Mobil Mewah Legendaris!

5. Lexus

mobil mewah lexus lm

Lexus LM merupakan versi mewah dari Toyota Alphard

Merek Mobil mewah asal Jepang, Lexus merupakan saudara dari Toyota. Kurang lebih hubungannya seperti Hyundai dan Genesis, di mana Lexus menjual mobil versi lebih mewah dibanding Toyota.

Jika Toyota memiliki Alphard sebagai mobil mewahnya, maka Lexus hadir dengan LM. Keduanya sungguh punya basis serupa, tapi fitur kenyamanan yang berbeda.

Ambil contoh Lexus LM memiliki versi 4-seater. Interiornya cuma untuk empat orang, dua penumpang di belakang. Lexus menyebut kabin LM sebagai private sanctuary. Ada pula kaca yang jadi pembatas untuk ruang kabin dengan pengemudi.

Di kabin, tersedia pula layar besar berukuran 26 inci untuk kebutuhan presentasi bisnis atau hiburan sepanjang perjalanan. Belum selesai, Lexus LM dilengkapi juga dengan kulkas dan double moon roof. Kursinya pun sangat istimewa, selain bisa duduk selonjoran, terintegrasi fitur pijat.

6. Aston Martin

mobil mewah Aston Martin DB9

Aston Martin DB9, model sebelum DB11

Buat yang mencari mobil mewah asal Inggis bisa cek Aston Martin. Merek tersebut sudah hadir sejak awal 1910-an, pendirinya adalah Lionel Martin dan Robert Bamford. Identik dengan mobil-mobil agen rahasia dari film James Bond.

Mobil mewah Aston Martin yang ada di pasaran saat ini adalah DBX, Vantage, DB11, DBS, Valhalla, hingga Valkyrie. Dari semuanya, paling mahal adalah Valkyrie yang dijual $3 juta atau setara Rp 46 miliar.

Aston Martin Valkyrie menggunakan mesin 6.5-liter V12, khusus versi AMR Pro bisa melontarkan tenaga 1.000 hp. Buas!

7. Porsche

mobil mewah porsche taycan

Porsche Taycan

Buat kamu yang cari mobil mewah tapi tetap nyaman untuk dikemudikan sehari-hari, bisa pilih Porsche. Merek asal Jerman ini punya ciri khas penggunaan mesin boxer.

Di Indonesia sendiri, Porsche memiliki beberapa lini produk: 718, 911, Panamera, Macan, hingga Cayenne. Ada pula mobil listrik Porsche Taycan. Semuanya tergolong mobil mewah, lantaran harganya miliaran.

8. Bentley

mobil mewah bentley flying spur hybrid

Bentley Flying Spur

Merek mobil mewah asal Inggris berikutnya ada Bentley, walau memang saat ini sudah diakuisisi oleh Volkswagen (Jerman). Usia perusahaan tersebut sudah cukup tua, berdiri sejak 1919.

Sama seperti Rolls-Royce, Bentley punya ciri selalu membuat produk buatan tangan. Tersedia berbagai produk Bentley: Bentayga, Flying Spur, Continental GT, Continental GTC, hingga Mulliner yang harganya mahal-mahal.

9. McLaren

mobil mewah mclaren

McLaren Senna

Bisa dikatakan, saat ini McLaren adalah satu-satunya merek mobil mewah yang asli Inggris. Sebelumnya memang kami sudah umumkan ada Bentley dan Rolls-Royce, tapi keduanya dikuasai oleh perusahaan asal Jerman.

Baca juga  Koleksi 6 Mobil Mewah Artis Korea, Bikin Kaget!

McLaren sendiri sudah berdiri sejak 1963, pendirinya adalah pembalap Bruce McLaren. Kini mereka memiliki berbagai mobil supercar mewah yaitu 765LT, 720S, hingga Artura. Ada pula McLaren GT, Elva, Senna, serta Speedtail.

Kemudian untuk mobil McLaren yang sangat mewah, bernama F1 LM-Spec. Hal paling istimewa darinya adalah pakai mesin terbuat dari emas, tujuannya menghilangkan panas. Di atas kertas, jantung mekanis yang digunakan V12 6,1-liter. Soal akselerasi dari 0-100 km/jam hanya dengan waktu 2,4 detik.

10. Mercedes-Maybach

mobil mewah Mercedes-Maybach S680 Haute Voiture

Mercedes-Maybach S680 Haute Voiture

Mercedes-Benz memiliki divisi mobil mewah bernama Maybach. Bayangkan, mobil Mercedes-Benz saja sudah mewah. Nah bagaimana dengan Mercedes-Maybach?

Umumnya Maybach merupakan versi sangat mewah dari mobil-mobil Mercedes-Benz seperti S-Class dan GLS. Contoh yang paling istimewa adalah Mercedes-Maybach S680 Haute Voiture. Sedan ini cuma diproduksi 180 unit, harganya $200 ribu atau setara Rp 3,1 miliar.

Mahal, karena spesifikasi Mercedes-Benz-Maybach S680 Haute Voiture sangat berkelas. Ada ragam bahan adibusana kelas tinggi seperti kain boucle khas Prancis, kulit putih kristal, karpet mobil yang terbuat dari linen dan mohair, serta gelas sampanye istimewa berwarna emas mawar.

Tidak ketinggalan, hadir sistem infotainment MBUX dengan awan gemerlap berkilauan dan aksen emas mawar. Avatar dalam menu pemilihan profil sistem, juga mengenakan pakaian terbaik seperti jaket, jas, dan gaun malam.

11. Lamborghini

merek mobil mewah di dunia - lamborghini

Huracan, salah satu Lamborghini terlaris di dunia

Siapa tidak kenal Lamborghini? Supercar asal Italia ini juga masuk dalam merek mobil termewah di dunia. Kemewahannya terletak dari harga jualnya yang tembus miliaran rupiah. Bahkan Lamborghini termahal bernama Veneno yang djjual pada 2014-2015, harganya tembus $4,5 juta atau setara Rp 67 miliaran.

Mobil Lamborghini mahal, lantaran performa mesinnya istimewa, inilah yang jadi kemewahannya. Ambil contoh Lamborghini Veneno yang pakai mesin V12 dengan kubikasi 6.5-liter. Mobil ini bisa melaju 2,9 detik dari 0-96 km/jam. Lalu top speed tembus 356 km/jam.

12. Ferrari

merek mobil mewah di dunia - ferrari

Ferrari Purosangue, SUV pertama dari pabrikan kuda jingkrak

Ferrari juga termasuk dalam merek mobil mewah di dunia, harganya miliaran rupiah. Istimewanya lagi, semakin tua mobil Ferrari, semakin mahal banderolnya. Terbukti saat ini Ferrari termahal di dunia dipegang oleh Ferrari 250 GT lansiran 1963 yang dijual $70 juta atau setara Rp 1 triliun. Maka dari itu, Ferrari paling pas untuk dijadikan koleksi.

Kemudian, Ferrari juga dikenal sebagai merek mobil dengan akselerasi istimewa. Contohnya Ferrari FXX Evo lansiran 2005, punya mesin V12 dengan kubikasi 6.2-liter. Mobil ini bisa berlari 0-96 km/jam hanya dalam 2,5 detik. Lalu kecepatan maksimalnya hingga 400 km/jam.

Itulah tadi bahasan 12 merek mobil mewah di dunia. Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika