by

Mesin Diesel Vs Bensin, Mana Lebih Baik?

Mengetahui perbandingan antara mesin diesel vs bensin tidak ada salahnya. Terlebih untuk kamu yang berencana ingin membeli kendaraan. 

Satu yang pasti, baik mesin diesel maupun bensin memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Jadi memang tidak ada yang sempurna.

Tapi, sebelum kita masuk lebih dałam mengenai mesin bensin vs mesin diesel. Tidak ada salahnya, kamu mengetahui tentang asal usul kedua jenis mesin ini. Langsung saja, yuk simak ulasannya.

Asal Usul Mesin Diesel dan Bensin

Mesin Diesel Vs Bensin
Gottlieb Daimler Penemu mesin Mobil

Dari beberapa sumber yang kami himpun, dikatakan pada tahun 1885 Gottlieb Daimler seorang ahli mekanik asal Jerman, berhasil menemukan dan mengembangkan sebuah mesin bensin modern. Ketika itu pakai silinder vertikal.

Mesin bensin tersebut sudah menggunakan karburator. Dari pengembangan mesin bensin inilah, Daimler menciptakan sebuah kendaraan roda dua ‘Reitwagen’ bermesin bensin pertama di dunia.

Masih di tahun yang sama, seorang insinyur mesin asal Jerman, Karl Benz juga sukses merancang dan membangun sebuah kendaraan roda 3. Jantung mekanisnya pakai bahan bakar bensin.

Karl Benz lanjut bekerja sama dengan Nicolaus Otto dan Wilhelm Maybach. Ketiganya terus mengembangkan dan mengaplikasikan mesin bensin pada sebuah kendaraan roda empat.

Akhirnya pada tahun 1889, ketiganya sukses menciptakan sebuah mobil bermesin bensin dua silinder 4 tak dengan konfigurasi V. Mobil itu dipadukan dengan sistem transmisi manual empat percepatan dan mampu melaju dengan kecepatan maksimum 16 km/jam.

Baca juga  5 Masalah Mesin Diesel yang Biasa Terjadi!

Mesin Diesel Lahir Pada 1893

Selanjutnya di tahun 1893, mesin diesel lahir. Dikembangkan oleh insinyur asal Prancis, Rudolf Diesel. Kala itu Diesel bersama dengan MAN yang sekarang jadi brand truck kenamaan dunia asal Jerman.

Setelah mengalami beberapa kali pengembangan dan penyempurnaan, baru di tahun 1908, mesin diesel diaplikasikan pada truk. Sementara untuk mobil penumpang sendiri, penggunaan mesin diesel baru diterapkan pada 1929.

Dalam penggunaanya untuk mobil penumpang tersebut, mesin diesel itu menggunakan pompa injeksi milik Bosch.

Perbedaan Mesin Diesel Vs Bensin

Perbedanaan Diesel dan bensin

Selanjutnya adalah mengenal perbedaan mesin diesel dan mesin bensin. Sedikitnya ada beberapa perbedaan penting antara mesin diesel dan mesin bensin, misal dari sisi jenis bahan bakarnya, fase hisap, kompresi, dan tenaga.

Menurut bengkel resmi Auto2000,  dikatakan perbedaan mesin diesel vs bensin bisa dilihat dari sisi bahan bakar. Mesin diesel pakai solar, sedangkan mesin bensin sesuai namanya pakai bensin.

Tidak hanya itu, perbedaan mesin diesel vs bensin juga dilihat dari derajat panas masing-masing bahan bakar tersebut. Untuk bahan bakar mesin bensin, titik api bahan bakarnya berkisar di angka 43 derajat celcius. Sedangkan untuk mesin diesel, titik apinya lebih panas, yaitu 52 hingga 96 derajat celcius.

“Maka dari itu mesin diesel lebih lambat panas dibanding mesin bensin,” kata Putra mekanik mobil di bilangan otosta Jakarta Timur.

Baca juga  9 Penyebab Suara Mesin Mobil Mendengung, Berikut Solusinya

Pada fase hisap, mesin bensin melakukan pengkabutan dengan mencampur udara yang dihisap ke dalam mesin dengan semprotan bahan bakar. Kemudian pembakarannya dibantu oleh busi.

Sedangkan mesin diesel, tidak menggunakan busi. Pembakarannya menggunakan udara bertekanan tinggi. Jadi untuk mesin diesel, tekanannya lebih tinggi dibandingkan dengan mesin bensin. Tingkat kompresi mesin diesel sekitar 16:1, sedangkan mesin bensin hanya 10:1.

Manakah yang Lebih Baik?

fortuner diesel vs bensin
Salah satu kekurangan mobil mesin diesel, harganya mahal

Jadi kira-kira, mesin diesel vs bensin mana yang lebih baik? Di sisi ramah lingkungan, mesin bensin lebih unggul dibandingkan mesin diesel jika dilihat dari aspek ramah lingkungan.

Sebenarnya hal ini agak sulit diputuskan. Memang bila dilihat secara kasat mata, kendaraan yang menggunakan mesin diesel keluaran lawas tentu asapnya sangat mengganggu karena hitam pekat.

Hanya saja untuk mesin diesel modern sudah jauh lebih baik. Hal ini lantaran penggunaan solar dengan kualitas tinggi. Ditambah lagi teknologi mesin diesel yang berkembang.

Alhasil kini mesin diesel pun tidak lagi mengeluarkan asap hitam. Emisinya pun bisa setara dengan mesin bensin. Jadi memang, kalau dari sisi aspek ramah lingkungan, masih banyak perdebatan. 

Sedangkan di sisi efisiensi dan ekonomis mesin diesel terbilang unggul. Misal dari segi harga, solar lebih murah dari bensin. Tidak hanya itu, di sisi konsumsi BBM, penggunaan bahan bakar solar juga terbilang lebih hemat.

Terkait usia pakainya, dikatakan laman resmi Daihatsu, mesin diesel terbilang lebih kuat lantaran dibuat dari material yang lebih kuat. Itulah dia mengapa jika kita melihat di jalan bus ata truk diesel masih bero[rasi meski usia sudah tua.

Baca juga  Lampu Indikator Mobil Diesel Menyala Terus, Apa Artinya?

Terkait performa, jika kamu lebih fokus ke torsi, maka mesin diesel yang menang. Untuk jalanan yang terjal dan membutuhkan daya tahan dalam menaiki tanjakan, mesin diesel bisa diandalkan.

Mesin diesel ini sangat cocok digunakan untuk kamu yang sering melakukan perjalanan di pedesaan. Sedangkan mesin bensin ini lebih cocok digunakan untuk kamu yang hidup di perkotaan.

Jika bicara kelemahan mesin diesel vs bensin. Mobil yang menggunakan jantung mekanis diesel umumnya lebih berisik karena getaran yang dihasilkan dari proses kompresi dan pengubahan bahan bakar menjadi tenaga.

Berbeda dengan mesin bensin yang lebih halus. Namun, beberapa merk mobil bermesin diesel sudah bisa membuat mesin diesel dengan tingkat kebisingan yang rendah. Sehingga pemilik mobil bermesin diesel ini tidak direpotkan dengan suara berisik mesin diesel saat mengendarainya.

Kemudian kelemahan lain mesin diesel ada di harganya yang lebih mahal. Tidak percaya? Cek saja harga Toyota Fortuner diesel vs bensin. Pastinya yang versi diesel lebih mahal.

Demikian perbedaan mesin diesel vs mesin bensin. Kiranya bisa menjadi bahan pertimbangan, untuk kamu yang berencana membeli kendaraan roda 4. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru otomotif.

Terbaru