Selasa, Februari 27, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

MG Maxus 9 EV Meluncur Resmi di IIMS 2024, Siap Ganggu Alphard Hybrid?

by Firdaus Ali
MG Maxus 9 EV

MG Maxus 9 EV siap meluncur di IIMS 2024 nanti dan kehadiran MPV premium listrik ini diproyeksi bakal cukup mengganggu posisi Toyota Alphard Hybrid di Tanah Air.

“Dengan semangat inovasi dan komitmen kami untuk memenuhi kebutuhan mobilitas, MG Motor Indonesia siap menghadirkan kejutan di IIMS 2024. Apakah itu MG Maxus 9 EV atau sesuatu yang sama inovatifnya menanti untuk diperkenalkan? Kami mengundang Anda untuk menyaksikan sendiri kejutan yang kami siapkan,” kata Arief Syarifudin, Marketing & PR Director MG Motor Indonesia (1/2).

MG Maxus 9 EV sebenarnya sudah dijual pada GIIAS 2023 lalu. Namun begitu, nama sebelumnya adalah Maxus Mifa 9 yang ada di bawah naungan Indomobil Group.

Saat itu Maxus Mifa 9 dibenderol dengan harga Rp 1,4 miliar. Sayangnya, setelah acara GIIAS 2023 lalu, sosok Maxus Mifa 9 seperti hilang ditelan bumi.

MG Maxus 9 EV Rebadge Mifa Maxus 9

Beberapa waktu lalu kami mendapat kesempatan berkunjung ke pabrik MG di Thailand. Di sana, MG Maxus 9 EV merupakan rebadge dari Maxus Mifa 9. Semuanya sama, mulai dari desain eksterior, tampilan interior, dapur pacu, hingga fitur-fiturnya. Bahkan pada headrest joknya juga masih menempel tulisan Mifa dengan huruf latin yang belum diganti logo MG. Meski diyakini saat masuk Indoensia nanti logo ini tentu bakal diganti.

Baca juga  MG Perkenalkan Duet MG Maxus 9 dan MG ES EV

Hal ini sebenarnya tidak mengherankan. Sebab MG dan Maxus merupakan sama-sama merek mobil Cina yang berada di bawah naungan SAIC (Shanghai Automotive Industric Corporation).

Maxus Mifa 9 di Thailand sudah dijual dengan nama MG Maxus 9 EV. Di Negeri gajah Putih ini, MPV premium listrik ini sudah dijual dan mendapat respon positif dari masyarakatnya. Soal harganya, MG Maxus 9 dijual di kisaran Rp 1,1 – 1,2 miliar.

Spesifikasi MG Maxus 9 EV

MG Maxus 9 EV

Interior MG Maxus 9 EV sama dengan Mifa Maxus 9, tampil mewah dan elegan

Dari sisi eksterior, MG Maxus 9 EV memiliki dimensi panjang 5.270 mm, lebar 2.000 mm, dan tinggi 1.840 mm. Sementara untuk jarak sumbu rodanya sepanjang 3.200 mm, plus ground clearance 140 mm. Untuk bagian kaki-kaki, ukuran velg MG Maxus 9 EV semua variannya memakai velg 19 inci dibungkus bang berukuran 235/55 R19.

MG Maxus 9 EV hadirkan tampilan istimewa dengan berbagai fitur kenyamanan untuk pengemudi dan penumpang. Ada pengaturan jok elektrik, serta captain seat mewah di baris kedua yang dilengkapi dengan 2 pengaturan head rest dan empat pengaturan sandaran kursi yang dilengkapi lumbar support.

Baca juga  Incar Yang Terjangkau, Motor Listrik Pacific Terbaru Bisa Jadi Pilihan

Jok belakangnya dilengkapi dengan pemanas dan ventilasi, 8-mode pemijatan, dan leg rest serta foot rest yang dapat
diatur jaraknya. MG mengklaim interior Maxus 9 EV tak ubahnya kabin private jet. Seluruh kursi dilengkapi dengan rel yang dapat diatur sedemikian rupa, memungkinkan penumpang mendekatkan posisi duduk dengan keluarga atau dengan mitra bisnis di sepanjang perjalanan.

Mobil listrik ini dilengkapi dengan powertrain yang efisien, mengandalkan motor elektrik yang terpasang di bagian depan, dengan tenaga sebesar 245 PS dan torsi 350 Nm. Sumber penggerak berasal dari baterai Lithium-Ion berkapasitas 90 kWh yang diklaim punya jarak tempuh hingga 540 km dengan mengikuti standar pengujian NEDC.

Keunggulan lain juga terletak pada pengisi daya yang mampu mengisi daya melalui input AC dengan kecepatan maksimum 11 kW dalam waktu 8,5 jam. Jika menggunakan pengisian daya cepat DC dengan kecepatan 120 kW, pengisian daya sebesar 30-80% hanya memerlukan waktu sekitar 36 menit.

Nah, apakah nanti jika MG Maxus 9 EV yang akan dijual oleh MG Motor Indonesia akan lebih menggebrak pasar MPV premium di Indonesia dan mampu bersaing dengan Toyota Alphard Hybrid yang punya breket harga di atas Rp 1 miliar?

Baca juga  Mobil Listrik VinFast Siap Meluncur di IIMS 2024 Bikin Gentar Pabrikan Cina

Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika