Minggu, April 28, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Mitsubishi Fuso eCanter, Truk Listrik yang Siap Dijual di Indonesia

by Tigor Sihombing
Target Mitsubishi Fuso eCanter

Mitsubishi Fuso eCanter generasi terbaru hadir di GIIAS 2023 pada Jumat (11/8/2023). Truk listrik ini merupakan pengembangan dari eCanter yang pernah ditampilkan PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) sebelumnya.

Fuso Next Generation eCanter merupakan truk ringan bertenaga listrik pertama yang diproduksi secara seri di Jepang, dan telah beroperasi di Eropa, Amerika Utara, Australia, dan Selandia Baru. Dengan pengalaman operasional selama 5 tahun, MFTBC berhasil mengembangkan Next Generation eCanter, untuk memenuhi kebutuhan logistik yang dengan line up kendaraan yang mengalami peningkatan fungsi dan fitur secara signifikan.

Truk ini sepenuhnya bertenaga listrik sehingga bebas emisi gas buang, memiliki jarak tempuh yang lebih jauh dengan akselerasi yang bertenanga, mudah dioperasikan, dan cocok untuk sektor logistik di area perkotaan, serta, distribusi lokal.

Dengan pengembangan teknologi yang lebih canggih membuat truk ini tidak bising saat dikendarai dan telah dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan. Sehingga pengemudi dapat melakukan pengiriman barang dan jasa secara efisien, dan aman sekaligus dapat melindungi lingkungan.

Baca juga  Mitsubishi Tampilkan Eksterior SUV Terbarunya, 3 Fitur Ini Hilang!

Fuso eCanter Dijual Tahun 2024

Mitsubishi Fuso eCanter generasi terbaru

baterai Mitsubishi Fuso eCanter generasi terbaru tersedia dalam berbagai ukuran

Next Generation eCanter juga memiliki 3 pilihan ukuran baterai menyesuaikan dengan kebutuhan dari konsumen. Model ini dilengkapi ukuran baterai dengan tiga variasi yaitu ukuran S, M dan L yang menghasilkan performa tenaga dan jangkauan kendara berbeda dalam sekali pengisian.

Truk listrik ini memakai baterai model modular, mulai dari satu sampai tiga baterai bisa dipasang, tergantung wheelbase. All New eCanter bakal tersedia dalam kapasitas baterai 41 kWh (jarak tempuh 80 km), 83 kWh (140 km), 124 kWh (200 km). Pengecasan dapat dilakukan dengan kecepatan normal lewat steker AC maupun secara kilat (fast charging) melalui steker DC.

Fuso eCanter juga memakai lampu depan baru yang dilengkapi dengan Intelligent Headlight Control. Sehingga lampu bisa menyesuaikan dengan kondisi jalan misalnya pakai pakai lampu dekat atau jauh.

Ubahan lainnya adalah desain fasia berubah. Kini dilengkapi dengan lampu LED dan DRL di depan serta lampu belakang LED, serta motif Fuso Black Belt yang baru dengan aksen warna oranye dan biru. Pada bagian kabin, kini didesain dengan mengutamakan kenyamanan mengemudi. Misalnya dasbor yang lebih rendah, layar instrumen LCD 10 inci, sampai model setir yang baru.

Baca juga  Test Drive Xpander Baru di Sirkuit, Enak Buat Ngebut!

Di Jepang, tersedia fitur V2X yang membuat eCanter baru mampu menjadi sumber listrik darurat. Fitur-fitur lainnya ialah 4 Level Regenerative Braking, LCD Meter Cluster, Audio Steering Switch, Fuso Easy Key Access.

Adapun aspek keselamatan dan keamanan ditingkatkan lewat Collision Mitigation Brake System with Active Brake Assist 5, Active Sideguard Assist 1.0, Active Attention Assist.

“Pemanasan global dan polusi udara yang menjadi tantangan yang signifikan. Transportasi darat, khususnya truk yang beroperasi sepanjang waktu untuk membuat dunia kita terus bergerak, merupakan kontributor utama emisi karbon global,” kata President and CEO MFTBC, Karl Deppen. 

Dia juga mengatakan truk listrik ini akan jadi OEM pertama yang dijual di Indonesia, yang besar kemungkinan proses penjualannya akan dimulai tahun depan atau 2024.

Demikian ulasan terkait Mitsubishi Fuso eCanter Generasi Terbaru. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

 

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika