Minggu, September 25, 2022

Mitsubishi Xpander Cross pakai Pertalite, Ini Efeknya!

by Baghendra Lodra
mitsubishi xpander cross pakai pertalite - test drive

Dibanding harus minum Pertamax, Mitsubishi Xpander Cross pakai Pertalite sepertinya lebih masuk akal. Utamanya buat kamu yang sedang mengirit pengeluaran dari sisi BBM mobil.

Bagaimana tidak? Harga Pertalite dan Pertamax pada Agustus 2022 ini sudah beda jauh. Pertalite dibanderol cuma Rp 7.650 per liter, sementara Pertamax tembus Rp 12.500 per liter. Gap harga Pertalite hampir setengahnya dibanding Pertamax.

Lalu bolehkah Xpander Cross facelift 2022 menggunakan BBM bersubsidi alias Pertalite? Ini pertanyaan umum yang sering dilontarkan para pengguna mobil. Terlebih, mengingat bahwa Pertalite punya kandungan oktan yang lebih kecil yaitu RON 90. Beda dengan Pertamax yang punya RON 92.

Banyak konsumen takut, bila menggunakan Pertalite atau BBM kualitas lebih rendah bisa membuat mesin Xpander Cross terbaru yang punya rasio kompresi 10,5:1 tersebut jadi rusak. Ternyata hal tersebut dijamin tidak akan terjadi. Pasalnya, pabrikan tiga berlian memang menyarankan agar konsumen untuk memberi bensin dengan minimal angka RON 90 ke mobilnya.

“Tertulis di buku manual, bahwa Xpander dan Xpander Cross boleh menggunakan bensin dengan RON 90 ke atas. Artinya kalau pakai Pertalite tidak masalah,” Kata Head of Training Section PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Arif Dwianto ketika ditemui Moladin saat acara test drive Xpander Cross di Indonesia Safety Driving Center, Banten pada Rabu (24/8/2022).

Baca juga  5 Perbedaan Mitsubishi Xpander Facelift 2021 Vs Lama

Dia menambahkan, Mitsubishi Xpander Cross pakai Pertalite tidak akan membuat performa mesin berkurang. Gejala ngelitik juga diklaim tidak bakal terjadi saat mobil berkubikasi 1.500 cc ini minum bensin subsidi RON 90.

Pakai Pertamax, Performa Mesin Xpander Cross Jadi Lebih Baik

mitsubishi xpander cross pakai pertalite - mesin

Mesin Xpander Cross Facelift 2022 menggunakan kubikasi 1.500 cc dan transmisi CVT, sama persis dengan Xpander!

Jadi sudah jelas kan, Mitsubishi Xpander Cross boleh menggunakan bensin RON 90 atau Pertalite. Lalu bagaimana kalau konsumen mau memberi mobilnya dengan BBM lebih berkualitas seperti RON 92 atau Pertamax. Apakah jadi sia-sia? Ternyata tidak.

Arief menjelaskan bahwa Xpander Cross Facelift 2022 pakai Pertamax sesungguhnya menjadikan performa mesin lebih baik. Hal ini bakal berefek pula ke rasa berkendara mobil yang semakin menyenangkan.

“Mesin Xpander Cross kan sudah computerized dan akan membuat adjusment sendiri dengan RON bahan bakar yang digunakan. Sistem pembakarannya akan mendeteksi, pengapiannya bisa dimajukan atau dimundurkan untuk menyesuaikan. Nanti ECU yang mengatur,” bebernya.

Baca juga  1.229 Mobil Mitsubishi Kena Recall 2020, Apa Penyebabnya?

Jadi untuk para pemilik mobil, kalau mau performa yang lebih mantap, Mitsubishi Xpander Cross bisa pakai Pertamax atau RON 92. Di sisi lain bila cari BBM murah, bisa gunakan Pertalite atau RON 90.

Perlu diketahui, ini bukan cuma berlaku untuk Xpander Cross tapi juga Xpander. Baik itu yang tahun produksi awal seperti 2017 hingga sekarang, rekomendasi bensinnya tetap sama yaitu RON 90 ke atas. Maklum dari sisi mesin, Mitsubishi tidak pernah melakukan ubahan hingga sekarang.

Ubahan Xpander dan Xpander Cross terbaru cuma ada di fitur dan tampilannya. Ambil contoh Xpander Cross Facelift yang meluncur di GIIAS 2022, memiliki setir dan panel instrumen layaknya Pajero Sport. Lalu ada fitur wireless charger, hingga active yaw control (AYC) untuk membuat bermanuver semakin menyenangkan.

Itulah tadi bahasan soal Mitsubishi Xpander Cross pakai Pertalite yang ternyata memang dibolehkan. Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika