Sabtu, April 27, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

10 Mobil Baru Januari – Maret Untuk Lebaran 2024, Pilih Sesuai Selera!

by Firdaus Ali
Mobil baru Januari - Maret untuk lebaran 2024

Berikut akan paparkan deretan mobil baru Januari – Maret untuk lebaran 2024. Adapun mobil-mobil baru tersebut sudah meluncur sejak pergantian tahun 2024 baik itu mobil listrik dan juga mobil ICE.

Kehadirapan beragam mobil ini tentu membuka semakin banyaknya pilihan akan mobil yang sesuai kebutuhan konsumen. Terlebih menyambut momen Idul Fitri tahun ini. Tentu saja, deretan mobil baru Januari – Maret untuk lebaran 2024 bisa menjadi pertimbangan bagi Anda dari berbagai aspek seperti harga, fitur, hingga value for money yang diusungnya.

Langsung saja, berikut beberapa daftar mobil baru Januari – Maret untuk lebaran 2024.

1. BYD Dolphin

Mobil baru Januari - Maret untuk lebaran 2024
BYD Dolphin

Mobil baru Januari – Maret untuk lebaran 2024 pertama adalah BYD Dolphin yang dibanderol harga Rp 425 juta (varian tertinggi). Mobil listrik asal Cina ini pakai baterai dengan kapasitas 60,48 kWh. Adapun jarak tempuhnya diklaim mencapai 490 km untuk tipe Premium.

BYD Dolphin juga dilengkapi motor listrik bertenaga 44,9 kWh yang di atas kertas mempunyai tenaga 170 hp dan torsi puncak 290 Newton Meter. Selanjutnya, untuk mencapai akselerasi dari 0-100 km hanya dibutuhkan waktu 7,9 detik.

Mobil listrik BYD Dolphin memiliki panjang 4.150 mm, lebar bodi 1.770mm, tinggi 1.570 mm, dan wheelbase 2.700 mm. Untuk mendukung penampilan dan kenyamanan BYD Dolphin. Mobil listrik ini sudah menggunakan velg dual tone berukuran 17 inci yang dibalut ban dengan profil 205/50 R17.

Soal fitur, mobil listrik BYD Dolphin sudah mengusung ABS, EBD, ESP, TCS, AEB, FCW, LDW, serta fitur keselamatan lengkap lainnya.

2. BYD Atto 3

mobil baru januari - maret untuk lebaran 2024
Mobil listrik BYD Atto 3

Masih dari brand BYD, Mobil baru Januari – Maret untuk lebaran 2024 berikutnya adalah BYD Atto 3 dengan harga Rp 515 juta.

Dari segi performa, BYD Atto 3 memperoleh daya dari baterai berkapasitas 60.48 kWh, dikombinasikan dengan motor listrik yang mampu menghasilkan tenaga 210 hp dan torsi 310 Nm.

Kecepatan 0-100 km/jam diklaim dapat dicapai hanya dalam waktu 7.3 detik untuk versi long range dan 7,6 untuk standard range, dengan top speed mencapai 160 km per jam.

Untuk baterainya sendiri untuk versi long range memberikan jangkauan hingga 480 km yang sudah diuji dengan standar  WLTP. Sedangkan standard range 410 km.

Di dalam kabin interior, Atto 3 dibekali dengan layar panel instrumen 5 inci, serta head unit electric rotary touchscreen berukuran 12,8 inci yang bisa diubah tampilan sesuai keinginan, bisa landscape maupun portrait.

Fitur keselamatan ada airbags untuk sisi pengemudi dan penumpang, Blind Spot Detection (BSD), Electronic Stability Program (ESP), Integrated Park Brake (IPB), Traction Control System (TCS), Electronic Brake Distribution (EBD) Comfort Stop (CST) Hill Descent Control (HDC).

Fitur keselamatan lainnya ada Adaptive Cruise Control (ACC) & Intelligent Cruise Control (ICC), Anti Lock Brake System (ABS), Forward Collision Warning (FCW) dan Automatic Emergency Braking (AEB). Kemudian Rear Collision Warning (RCW), Lane Keep Assistance (LKA), Lane Change Assist (LCA), serta Emergency Lane Keep (ELK).

3. BYD Seal

mobil baru januari - maret untuk lebaran 2024
Tampilan belakang BYD Seal

BYD Indonesia memang gaspol untuk merangsang market mobil listrik di Indonesia. Model ketiga yang dipasarkan untuk di Tanah Air adalah BYD Seal dengan harga Rp 719 juta untuk tipe Performance AWD dan Rp 629 juta untuk tipe Premium.

Baca juga  2 Pabrikan Mobil Asal Prancis yang Masih Eksis di Indonesia

BYD Seal Performance AWD memiliki jangkauan hingga 580 km. Kemudian untuk varian Premium jarak tempuhnya mencapai 650 km.

Sama dengan produk lainnya, teknologi baterai BYD Seal juga menggunakan Blade Battery. Kapasitas baterai varian Premium dan Performance menggunakan baterai berkapasitas 82,56 kWh.

Seal dilengkapi dengan sistem keamanan baterai dari Blade Battery. Untuk fitur keselamatan ada airbag, ADAS, dan kamera 360. Oh ya, BYD Seal berhasil meraih peringkat bintang 5 dari Program Penilaian Mobil Baru Eropa (Euro NCAP). Tingkat keselamatan yang tinggi menjadi nilai tambah yang signifikan.

Sistem pengisian bisa dengan kabel charger portabel, charger AC Type 2 7 kW, dan port charger DC tipe CCS 2 memberikan fleksibilitas bagi pengguna dalam mengisi daya kendaraan.

4. Suzuki Jimny 5 Pintu

mobil baru januari - maret untuk lebaran 2024
Suzuki Jimny 5 pintu

Suzuki Jimny 5 pintu menjadi topik hangat di awal tahun 2024, sebab mobil SUV ini sempat digoreng harga jualnya oleh beberapa oknum sales diler. Adapun harga resminya mulai dari Rp 462 juta hingga Rp 478,6 juta.

Jimny 5 pintu memiliki panjang 3.985 mm, lebar 1.645 mm, dan memiliki tinggi 1.720 mm. Jarak sumbu rodanya ialah 2.590 mm, lebih panjang 340 mm dibandingkan wheelbase Jimny versi 3 Pintu.

Di atas kertas, bisa menghasilkan torsi puncak 134,2 Nm pada 4.000 rpm dan tenaga 104.8 PS pada 6.000 rpm. Soal transmisi, Suzuki menyediakan pilihan manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

SUV Suzuki ini akan tetap berpenggerak 4WD menggunakan teknologi ALLGRIP Pro. Suzuki mengklaim, dengan tiga mode penggerak yang diadopsinya yakni 2WD-high, 4WD-high, dan 4WD-low, Suzuki Jimny diklaim bisa menaklukkan medan offroad ekstrem sekalipun.

5. Honda BR-V N7X Edition

mobil baru januari - maret untuk lebaran 2024
Honda BR-V N7X Edition

Secara tampilan, eksterior Honda BR-V N7X Edition masih mempertahankan desain All New Honda BR-V. Hanya saja, ada beberapa ubahan yang ditambahkan sehingga lebih stylish serupa dengan konsep N7X saat melakukan debut di 2021 lalu.

Honda BR-V N7X Edition tersedia dalam 3 varian, yaitu E CVT, Prestige CVT, dan Prestige CVT with Honda Sensing. Adapun harganya sebagai berikut:

  • Honda BR-V N7X E CVT: Rp 319.400.000
  • Honda BR-V N7X Prestige CVT: Rp 343.400.000
  • Honda BR-V N7X Prestige with Honda Sensing: Rp 363.400.000

Bicara spesifikasi Honda BR-V N7X Edition, dapur pacunya masih sama dengan All New BR-V, yaitu mesin i-VTEC DOHC 1.500 cc yang menghasilkan tenaga maksimal 119,3 hp pada putaran mesin 6.600, kemudian torsi maksimal 145 Nm pada putaran mesin 4.300.

Honda BR-V N7X Edition punya warna spesial yaitu Sand Khaki Pearl. Warna Sand Khaki Pearl pertama kali diperkenalkan pada model All New Honda HR-V tahun 2022. Semenjak diperkenalkan warna tersebut menjadi salah satu warna terlaris dan selalu diminati oleh konsumen Honda HR-V.

Selain memiliki warna baru yang lebih eye catching, BR-V N7X Edition juga mengadopsi konsep two tone. Kemudian untuk menegaskan identitasnya, disematkan emblem N7X Edition yang terletak di bagian grill depan.

Kemudian, pada eksterior New BR-V N7X Edition meliputi penambahan New Exclusive N7X Edition Aero Kit yang terdiri dari Front Under Spoiler, Side Under Spoiler, Rear Under Spoiler serta Dark Chrome Emblem. Kosmetik ini tidak dimiliki pada Honda BR-V standar.

Baca juga  Isuzu MU-X Terbaru Meluncur, Fortuner & Pajero Waspada!

Pada varian tertinggi, BR-V N7X Edition dilengkapi Teknologi keselamatan canggih Honda Sensing yang sudah terintegrasi dengan fitur Collision Mitigation Brake System, Auto-High, Lane Keeping Assist System, Lead Car Departure Notification System (LCDN), Road Departure Mitigation (RDM), Adaptive Cruise Control (ACC), serta berbagai fitur canggih seperti; Honda Lane Watch, Remote Engine Start, Walk-Away Auto Lock, dan Smart Entry System.

6. Suzuki Ertiga Hybrid Cruise

mobil baru januari - maret untuk lebaran 2024
Suzuki Ertiga Hybrid Cruise

Mobil baru Januari – Maret untuk lebaran 2024 selanjutnya ada Suzuki Ertiga Hybrid Cruise. Sebagai produk domestik yang berorientasi pada kebutuhan dan keinginan pelanggan di Indonesia, Ertiga Hybrid Cruise mendapat ubahan pada desain tampilan serta kapasitas lithium-ion battery pada sistem hybridnya guna meningkatkan kenyamanan dan rasa percaya diri pengendara. Soal harga, mobil MPV 7 penumpang ini dijual mulai Rp 299 juta hingga Rp 290 juta.

Pada wajah mobil, dapat ditemui penambahan Front Garnish Bumper dan Front Under Spoiler yang menambah aksen modern dari lekuk goresan All New Ertiga Hybrid Cruise. Pada sisi samping bodi terdapat pembaruan New Side Body Decal dan New Side Under Spoiler.

Sedangkan pada belakang mobil, dapat diberikan New Rear Upper Spoiler dan New Rear Garnish Design yang ergonomis.

Ertiga Hybrid Cruise pakai mesin K15B dan dilengkapi teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) yang telah mendapatkan peningkatan kapasitas baterai Lithium-ion menjadi 10Ah untuk memberikan kinerja yang lebih optimal sebagai mobil yang lebih rendah emisi dan efisien bahan bakar.

Ertiga Hybrid Cruise hadir dengan dua pilihan warna yaitu Cool Black dan pilihan two-tone colour baru yaitu Peaistribusdrl Snow White + Cool Black, serta pilihan transmisi manual (MT) dan automatic (AT).

7. All New Toyota Vellfire Hybrid

mobil baru januari - maret untuk lebaran 2024
Toyota Vellfire HEV

Selanjutnya, jika Kamu punya budget yang melimpah ruah bisa membeli All New Toyota Vellfire Hybrid untuk berlebaran 2024 nanti. Adapun harga dari mobil MPV premium ini Rp 1,8 miliaran.

Vellfire hybrid menggunakan platform terbaru yaitu TNGA-K dengan beberapa peningkatan untuk kenyamanan kabin penumpang, seperti peredam getaran yang diminimalisir sekitar 30 persen.

Dapur pacunya pakai mesin hybrid yang digabungkan dengan mesin DOHC empat silinder segaris 2,5 liter (A25A-FXS), dengan output sistem maksimum 247 hp pada 6.000 rpm dan torsi 239 Nm pada 4.300–4.500 rpm. Konsumsi bahan bakarnya juga irit, di atas kertas mencapai 17,5 km/liter.

Dimensi mobil 7-seater ini tergolong bongsor, punya panjang 4.995 mm, lebar 1.850 mm, jarak sumbu roda 3.000 mm, serta tinggi 1.935 mm.

8. Hyundai Creta Alpha

mobil baru januari - maret untuk lebaran 2024
Hyundai Creta Alpha

Mobil baru Januari – Maret untuk lebaran 2024 selanjutnya ada Hyundai Creta Alpha dengan banderol Rp 421,8 juta. Ubahan yang paling mencolok dari Hyundai Creta Alpha adalah pilihan tiga warna bodi doff, satu-satunya di kelasnya. Ada warna Optic White Matte, Magnetic Silver Matte, dan Midnight Black Matte.

Setiap pilihan warna punya tampilan luar kendaraan yang seragam, jadi seluruh elemen eksterior mulai dari atap, roof rail, door handle, skid plate, c-pillar garnish, hingga body kit bagian depan, samping, dan belakang, mengusung konsep monokrom.

Bagian kabin juga kena pembaharuan. Mulai dari headlining kendaraan yang menggunakan warna hitam. Kemudian ada juga pembaruan pada Seat Stitch and Pipping, Door Trim Stitch, Shift Knob Stitch, dan Steering Stitch berwarna merah yang stand out dan memberikan kesan dinamis.

Baca juga  Penjualan Suzuki XL7 Moncer, Segmen SUV Makin Subur

Creta Alpha juga hadir dengan Door Spot Lamp with Creta Alpha Logo yang unik, emblem baru pada bagian floor mat, dan front seat dengan embroidery spesial yang membuat tampilan interior semakin bold.

9. BMW iX1 dan iX Drive50

mobil baru januari - maret untuk lebaran 2024
BMW iX1 dan iX Drive50

Awal tahun 2024, BMW Indonesia meluncurkan dua mobil listrik yaitu BMW iX1 dengan harga Rp 1,447 miliar dan BMW iX Drive50 dengan banderol Rp 2,627 miliar.

BMW iX1 merupakan mobil listrik entry level alias termurah di keluarga BMW, ini sama statusnya dengan BMW iX versi konvensional (bensin). Sehingga tampilannya mirip.

Mobil listrik murah dari BMW ini mengadopsi motor listrik penggerak roda depan berdaya 68 kW dengan klaim tenaga maksimal 204 hp dan torsi 250 Nm yang disalurkan dari girboks satu percepatan. Akselerasinya juga tidak kaleng-kaleng, dari 0 sampai 100 km/jam hanya dibutuhkan waktu 8,6 detik saja.

Di atas kertas, mobil listrik asal Negeri Bavarian ini punya daya tahan baterai sampai 429-471 kilometer berdasarkan pengujian WLTP (Worldwide Harmonized Light Vehicles Test Procedure) .

Tak hanya itu saja, mobil juga telah dilengkapi dengan pengisian DC 130 kW yang memungkinkan mengisi daya baterai dalam 10 menit untuk digunakan berkendara hingga 120 kilometer. Sementara mengisi daya baterai dari 10 hingga 80 persen memerlukan waktu sekitar 30 menit.

Sementara itu, jantung mekanis iX Drive50 punya motor listrik untuk memutar keempat rodanya. Untuk bagian depan, diklaim tenaganya mencapai 268 hp. Kemudian untuk roda belakang 335 hp. Sementara itu untuk torsi puncaknya mencapai 764,6 Nm.

BMW iX xDrive50 mengusung baterai yang diklaim bisa menempuh jarak hingga 630 kilometer. Kemudian untuk kecepatan punyaknya bisa tembus hingga 200 km/jam.

10. Toyota GR Corolla

mobil baru januari - maret 2024
Toyota GR Corolla

Buat Kamu yang berjiwa sporty sepertinya cocok berlebaran pakai Toyota GR Corolla. Harganya cuma Rp 1,3 miliar.

GR Corolla mengaplikasi mesin turbo berkode G16E-GTS yang sama dengan milik GR Yaris. Sentuhan engineer TOYOTA GAZOO Racing (TGR), membuat unit 3-silinder 1.618 cc berteknologi D-4ST & Port Injection ini sanggup ditingkatkan kinerjanya sehingga menghasilkan tenaga 300 PS pada 6.500 rpm dan torsi 370 Nm pada 3.000–5.550 rpm.

Toyota GR Corolla juga mengusung sistem gerak 4WD yang menggunakan electronic multi-plate clutch, memberikan pembagian penggerak roda depan dan belakang dengan 3 pilihan rasio (Front:Rear), yaitu 60:40, 50:50, dan 30:70. 

Untuk mendukungnya, Torsen Slip Differential pada setiap as roda meningkatkan handling, traksi ban, dan mengoptimalkan distribusi torsi ke roda kiri dan kanan sesuai kondisi jalan dan driving style. Transmisi manual 6-speed iMT (Intelligent Manual Transmission) dengan short-shifter pintar menyajikan perpindahan gigi yang halus dan responsif sesuai putaran mesin.

Moladiners, itulah deretan mobil baru Januari – Maret untuk lebaran 2024. Sebenarnya masih ada MG Maxus 9 EV, MG ES EV, VinFast dan GWM. Namun sayangnya konsumen belum bisa dipastikan menerima unit di lebaran 2024.

Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika