Friday, February 3, 2023
Banner

Review Honda BR-V Gen-2, LSUV Paling Bertenaga!

by Firdaus Ali
review honda br-v gen 2 - test drive

Berikut kami akan membeberkan hasil review Honda BR-V Gen-2. Di mana mobil LSUV (Low Sport utility Vehicle) ini hadir dengan fitur yang lebih komplit dan mesin semakin bertenaga dibanding sebelumnya.

Unit yang kami test drive merupakan varian tertinggi atau BR-V Prestige with Honda Sensing dengan harga Rp 355 juta (OTR Jakarta) untuk tahun 2023. Dalam melakukan review, kami mengujinya mulai dari akselerasi, konsumsi BBM, hingga kemampuan akomdasi interiornya untuk barang dan penumpang.

Ingin tahu lebih detail soal kelebihan dan kekurangan dari BR-V terbaru? Supaya bahasannya obyektif, kami juga coba membandingkan mobil ini dengan kompetitor yaitu Mitsubishi Xpander Cross.

Desain Eksterior BR-V Gen-2

review honda br-v gen 2 - tampak depan

BR-V punya eksterior yang elegan

Review Honda BR-V Gen-2 yang pertama adalah dari sisi desain eksteriornya. Jika disejajarkan dengan generasi sebelumnya maka terlihat BR-V Gen-2 lebih modern.

Hal tersebut dapat dilihat untuk varian teritngginya atau Prestige, yang kini parasnya pakai lampu depan LED dan grille mirip kepunyaan Honda Odyssey. Pada bagian belakang, BR-V Gen-2 mengusung desain lampu rem yang mirip Honda City Hatchback. Ada pula spoiler atap yang lebih sederhana.

Kemudian seperti model lamanya, aksesori seperti skid plate hadir di setiap sisi mobil masih tetap dihadirkan untuk menambah aura SUV. Di bagian atap, tersedia antena sharkfin dan roof rail.

Untuk menyelaraskan tampilan eksterior, velg BR-V Prestige mengalami ubahan ukuran. Dari sebelumnya pakai 16 inci, kini jadi 17 inci untuk varian tertinggi.

Lalu yang juga menarik, meski menyandang sebagai LSUV, round clearance mobil ini mendapat peningkatan. Kalau sebelumnya 201 mm, sekarang menjadi 220 mm.

Interior & Fitur BR-V Gen-2 Didominasi Warna Hitam

Review Honda BR-V gen-2

Interior BR-V terbaru dominasi warna hitam

Review Honda BR-V Gen-2 selanjutnya adalah dari sisi interior. Mobil LSUV 7-seater ini menampilkan warna dominasi hitam yang kalau kotor tidak terlalu kelihatan. Hanya saja di sisi lain, justru membuat kabin terasa sempit dan kurang lega.

Walau demikian, bicara kapasitas penumpang BR-V terbaru bisa mengangkut hingga 7-orang. Hal ini dimungkinkan dengan konfigurasi jok tiga baris bangku. Kemudian di tiap jok ada head rest. Alhasil di dalam interiornya, orang bisa duduk dalam posisi 2+3+2.

Kemudian pada bagian joknya, sudah dibungkus dengan material kulit sintetis yang berkualitas. Jadi kalau kotor mudah dibersihkan. Pada bagian dashborad yang mendapat sentuhan soft touch berlapis kulit sintetis, utamanya di atas laci penumpang depan. Hanya saja kalau dibanding kompetitor, lebih banyak material soft touch di Mitsubishi Xpander Cross.

Di bagian tengah dashboard terdapat head unit touchscreen berukuran 7 inchi yang bisa mengakomodasi kebutuhan audio yang sudah bisa terkoneksi dengan Apple CarPlay dan Android. Tak hanya itu saja, head unit itu juga bisa mendukung kebutuhan fitur dari BR-V Gen-2.

Kemudian, untuk mempermudah pengisisan daya gawai penumpangnya, Honda BR-V Gen-2 telah menyematkan power outlet di semua baris bangkunya. Rincian power outlet ini tersedia di depan, area konsol, kursi baris kedua, dan baris ketiga.

Oh ya, pada bagian setirnya terdapat beberapa tombol (steering switch) untuk kebutuhan audio dan fitur lain. Meski sudah berlapis kulit, sayangnya setir BR-V Gen-2 ini hanya bisa tilt (gerak ke atas dan bawah) saja dan belum teleskopik (maju mundur).

Ada lagi kekurangannya, rem parkir masih menggunakan sistem tarik (manual) namun sudah disematkan fitur Hill Start Assist (HSA). Alhasil dilihat dari estetika desain terkesan kurang modern. Bandingkan dengan Xpander Cross Facelift yang sudah menggunakan rem parkir elektrik.

Bagasi BR-V Kurang Luas

review honda br-v gen 2 - bagasi

Bagasi BR-V kalah luas dibanding Xpander Cross

Selanjutnya, untuk kapasitas bagasi, review Honda BR-V Gen-2 membuktikan bahwa mobil ini punya kapasitas angkut barang lebih luas dari model sebelumnya. Hal ini dikarenakan dimensinya memang lebih bongsor, dan jok baris ketiganya kini bisa dilipat rata lantai. Saat kami cek dengan meteran, ternyata kapasitas bagasi LSUV Honda tersebut tembus 564,7 liter.

Walau demikian, ketika dibandingkan dengan kompetitor seperti Mitsubishi Xpander Cross, maka bagasi BR-V kurang luas. Tidak percaya? Dari hasil pengukuran kami, bagasi Xpander Cross bisa mengangkut barang hingga 674,4 liter.

Sudah Dilengkapi Honda Sensing

Review Honda BR-V gen-2

Ilustrasi teknologi Honda Sensing yang ada di mobil Honda BR-V Gen-2

Review Honda BR-V Gen-2 selanjutnya adalah dari kelengkapan fiturnya. Mobil LSUV 7-seater ini nyatanya sudah dilengkapi dengan fitur Honda Sensing, meski hanya ada pada varian tertingginya. Setidaknya hal tersebut sudah jadi kelebihan, karena Mitsubishi Xpander Cross selaku kompetitor belum punya.

Fitur Honda Sensing yang ada di BR-V Gen-2 ini sudah terintegrasi dengan fitur Lead Car Departure Notification System (LCDN), Collision Mitigation Braking System (CMBS), Road Departure Mitigation (RDM), Adaptive Cruise Control (ACC), Lane Keeping Assist (LKAS), dan Auto High Beam (AHB).

Semua fitur Honda Sensing itu bertugas mencegah kecelakaan secara aktif. Caranya bisa dengan memberi peringatan, melakuakn pengereman secara otomatis, mengoreksi setir, dan lain-lain.

Ada pula Honda LaneWatch yang meningkatkan pandangan di spion kiri mobil. ketika berpindah jalur ke kiri, akan ada tampilan area blind spot di layar head unit untuk mencegah terjadi tabrakan dengan kendaran lain.

Performa Mesin Lebih Buas dari Kompetitor

Review Honda BR-V gen-2

Mesin yang dipakai BR-V terbaru diklaim lebih irit 3 persen

Review Honda BR-V Gen2 selanjutnya adalah dari jantung pacunya. Mobil ini menggunakan mesin 1.5L DOHC i-VTEC yang dikombinasikan dengan transmisi manual 6-percepatan dan otomatis CVT. Di atas kertas, jantung mekanis ini mampu melontarkan torsi puncak 145 Nm pada 4.300 rpm dan tenaga maksimal 121 PS pada 6.600 rpm.

Oh ya, tenaga dari mesin tersebut meningkat 1 PS dibanding BR-V lama. Kemudian torsi puncaknya bisa hadir di putaran mesin yang lebih rendah. Sebagai informasi, mesin BR-V generasi kedua memiliki basis yang sama dengan City Hatchback. Dari sisi konsumsi BBM, Honda mengkalim mesin BR-V terbaru lebih efisien sekitar 3 persen dibanding generasi pertama.

Seperti biasanya, dalam melakukan test drive kami menguji beberapa hal seperti tes menanjak, drag race, hingga konsumsi BBM. Hasilnya, untuk tes nanjak yang diisi 6 penumpang dengan bobot seluruhnya mencapai 601 kg. Honda BR-V Gen-2 berhasil menanjak dengan kemiringan ekstrem 21 derajat. Bahkan ketika mobil berhenti ditanjakan, kemudian digas lagi, masih mau melaju dengan mudah.

Selanjutnya, untuk drag race sejauh 201 meter, hasilnya BR-V terbaru bisa mencatatkan waktu 12 detik. Kemudian untuk akselerasi dari 0 sampai 100 km/jam hasilnya 12,5 detik. Performa ini jauh lebih baik dibanding kompetitornya yaitu Mitsubishi Xpander Cross yang dalam drag race cuma bisa memperoleh waktu 12,4 detik. Lalu akselerasi 0-100 km/jam cuma 13,1 detik.

Bagaimana dengan konsumsi BBM Honda BR-V Gen-2? Dari hasil pengujian kami, LSUV ini meraih angka irit bensin 13,6 km/liter untuk rute dalam kota dan 17,8 km/liter untuk rute jalan tol. Cukup hemat BBM untuk mobil 1.500 cc.

Varian dan Harga Honda BR-V 2023

review honda br-v gen 2

BR-V termasuk LSUV termahal untuk tahun 2023

Setelah mengetahui review Honda BR-V Gen-2. Apakah kamu tertarik meminangnya? Kalau harga Honda BR-V Prestige with Honda Sensing yang mencapai Rp 355 juta (OTR Jakarta) kemahalan, kamu bisa pilih varian lain yang lebih murah. Hanya saja memang, fitur-fiturnya ada pengurangan.

BR-V memiliki lima pilihan varian untuk pasar Indonesia tahun 2023:

  • BR-V S MT: Rp 287.800.000
  • BR-V E MT: Rp 302.000.000
  • BR-V E CVT: Rp 312.000.000
  • BR-V Prestige CVT: Rp 335.000.000
  • BR-V Prestige With Honda Sensing: Rp 355.000.000

Moladiners, itulah ulasan mengenai review Honda BR-V Gen-2. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika