oleh

5 Mobil Bekas untuk Mahasiswa, Keren-Keren!

Kali ini kami akan membahas mobil bekas untuk mahasiswa. Kira-kira apa yang ada di gambaran kamu tentang mobil bekas untuk mahasiswa?

Apakah harus irit BBM, mudah perawatan, terjangkau dan tampilannya sporty?  Tidak ada yang salah dengan kriteria tersebut.

Karena pada kenyataannya di pasaran mobil-mobil yang digunakan mahasiswa untuk menempuh pendidikan kuliah adalah mobil-mobil seperti yang telah disebutkan demikian.

Saat ini banyak pabrikan otomotif yang menawarkan mobil-mobil berpenampilan staylish yang memang disasarkan pada konsumen muda, termasuk mahasiswa. Misalnya Honda dengan produk Brio-nya. Dari iklan komersilnya saja sudah tampak jelas jika Honda menargetkan Brio berada di segmentasi muda, yang notabene ingin selalu jadi pusat perhatian.

Begitu pun pabrikan otomotif lainnya, mulai dari Toyota, Daihatsu, hingga Suzuki. Unit bekas mobil-mobil tersebut pun beragam di pasaran dengan harga yang menarik.

Nah kira-kira apa saja sih mobil bekas untuk mahasiswa yang layak dibeli ?

1. Daihatsu Sirion

Mobil Bekas untuk Mahasiswa

Mobil bekas untuk mahasiswa pertama yang layak dibeli adalah Daihatsu Sirion. Untuk kamu yang suka tampil trendi, coba lirik Daihatsu Sirion Generasi ke-3. Masa edar unit ini dari tahun 2018 hingga sekarang. 

“Sirion generasi ini memiliki desain yang modern dengan fitur berlimpah. Selain itu, sebagai city car Sirion juga memiliki kabin interior yang lumayan lapang,” kata Abdul Safei pedagang mobil bekas di bilangan Depok Jawa Barat.

Apalagi baris penumpang belakang. Bagasi juga cukup mengakomodir kebutuhan barang dengan kapasitas 277 liter, bisa ditambah dengan melipat rata kursi penumpang.

Sistem pengeremannya telah menggunakan ventilated disc brake dengan booster di depan, sedangkan belakang masih model tromol.

Baca juga  Deretan Masalah Nissan X-Trail T31 Bekas

Pada generasi terbaru ini, mobil berkapasitas 5 penumpang itu dilengkapi lampu LED yang bisa diatur ketinggian sorotannya (levelling adjuster). Selain itu ada juga fitur follow me home, yang masih menyala sesaat ketika mobil sudah dimatikan, dikunci dan pemilik meninggalkan mobil.

Sementara untuk lampu belakang, menggunakan LED kombinasi, dan semua wiper (depan dan belakang) sudah dilengkapi sensor otomatis.

Pada sisi interiornya, telah menggunakan head unit layar sentuh berukuran 6,2 inci, kontrol audio-telepon pada palang kemudi, tiga port USB (untuk penumpang depan dan belakang), pengatur spion dan tombol Start/Stop, untuk menyalakan dan mematikan mesin tanpa anak kunci.

“Untuk pasaran harga jual, Sirion generasi ini dijual pada kisaran harga Rp 120 – 160 jutaan, tergantung tahun dan kondisi mobil sih,” kata Safei.

2. Karimun Wagon R

Mobil Bekas untuk Mahasiswa
Suzuki Karimun Wagon R

Rekomendasi mobil bekas untuk mahasiswa yang kedua adalah Suzuki Karimun Wagon R. Tidak kalah dengan Sirion, meski dimensinya mungil Suzuki Karimun Wagon R menawarkan kabin yang lebih lapang.

Hal ini tentunya memberikan nilai kepraktisan untuk mahasiswa yang memiliki mobilitas tinggi bersama-sama teman. Ditambah konsumsi BBM yang irit melengkapi mobil ini sebagai kendaraan yang  asyik untuk dimiliki.

Karimun Wagon R dilengkapi dengan mesin berkode K10B yang menggunakan bahan alumunium. Untuk urusan durabilitas, mesin satu ini sudah cukup teruji hingga saat ini.

Mengacu data spesifikasi, mesin tersebut dilengkapi 3 silinder dengan teknologi injeksi yang mampu menyemburkan tenaga sebesar 68 ps dengan torsi 90 Nm.

Mesin tersebut cukup mumpuni ketika mobil dipacu secara stop and go, terlebih di jalan yang padat seperti Ibukota.

Baca juga  7 Penyebab Harga Mobil Bekas Jatuh, Harus Tahu!

Berdasarkan beberapa pengujian, konsumsi bahan bakar yang dihasilkan dalam kecepatan konstan 80 kpj, sejauh 150 kilometer, konsumsi BBM-nya mampu menembus 22,8 km/liter. 

terkait harga bekasnya lumayan sangat menarik. Mobil ini dibandrol mulau Rp 70 – 90 jutaan untuk tahun muda keluaran 2019 – 2019.

3. Honda Brio

Mobil Bekas untuk Mahasiswa

Bicara mobil bekas untuk mahasiswa tidak lengkap tanpa menyebut Honda Brio di dalamnya. Menyandang sebagai mobil terlaris di Indonesia selama beberapa tahun membuat harga Honda Brio bekas cenderung stabil.

Honda Brio memiliki kelebihan yang sangat menggoda kawula muda. Misal di sektor mesin. Oya untuk mesin Brio memiliki dua type.

Ada versi 1.2 L dan Versi 1.3 L. Honda Brio versi 1.3L CBU mengusung mesin i-VTEC SOHC 4 silinder bertenaga 100 PS yang dihasilkan pada 6.000 rpm. Mesin tersebut mampu menghasilkan torsi 126 Nm pada 4.800 rpm.

Pada Honda Brio 1.2L diperkuat mesin i-VTEC SOHC 4 silinder yang mampu menghembuskan tenaga 90 PS pada 6.000 rpm dengan torsi 110 Nm pada 4.800 rpm.

Menariknya lagi Honda Brio juga terbilang irit. Dari hasil pengujian pihak pabrikan, konsumsi bahan bakar Honda Brio 1.3 L mampu melaju sehjau  20,3 km/liter.

Terkait harga, Honda Brio bekas dipasarkan mulai Rp 80 – 170 jutaan. Misalnya Honda Brio generasi pertama produksi 2012-2015 dibanderol mulai Rp 80-100 jutaan.

Sedangkan versi faceliftnya 2016 – 2018 dibanderol mulai Rp 115 – 120 jutaan, tergantung usia dan kondisi.

4. Honda Jazz RS

masalah honda Jazz bekas
Honda Jazz 2013

Mobil bekas untuk mahasiswa berikutnya adalah Honda Jazz.Meski sudah tidak diproduksi masal mobil initetap memikat untuj dimiliki.

Baca juga  5 Masalah Toyota Agya Bekas, Ketahui Sebelum Beli!

Apalagi untuk mahasiswa, lanatara Honda Jazz memiliki desain body sporty yang tidak lekang jaman hingga kini. Di pasar mobil bekas, Honda Jazz memiliki dua konfigurasi mesin i-VTEC dan i-DSI.

Spesifikasinya, untuk mesin i-VTEC hadir dengan tenaga sebesar 110 dk dan torsi maksimum 143 Nm. Sementara i-DSI hadir dengan tenaga yang lebih kecil yakni 87 dk dan torsi maksimum 128 Nm.

Selain itu Honda Jazz juga memiliki versi RS (Road Sailing) yang hadir dengan fitur eksterior dan interior lebih lengkap. Model ini diperkenalkan pertama kali pada tahun 2008.

Di pasar mobil bekas Honda Jazz dipasarkan mulai harga Rp 60 – 200 jutaan. Tertarik ?

5. Wuling Almaz

Mobil Bekas untuk Mahasiswa
SUV Almaz, cocok untuk mahasiswa jiwa petualang.

Mobil bekas untuk mahasiswa berikutnya adalah Wuling Almaz. Karena menurut kami tidak melulu mobil untu mahasiswa adalah mobil kecil.

Almaz patut dipertimbangkan, karena secara ekonomis unit ini memiliki harga yang masuk akal untuk sebuah SUV. Untuk kamu seorang mahasiswa yang suka masuk ke pelosok daerah, Almaz dijamin menjanjikan dengan ground clearencenya yang mencapai 230 mm.

Terkait harga bekasnya saat ini juga sudah tidak terlalu tinggi untuk sebuah big SUV, yakni Rp 200 – 220-an juta untuk lansiran tahun 2019.

Almaz juga memiliki banyak fitur yang cocok dengan kondisi jalan perkotaan. Sebut saja mesin turbo, serta berbagai teknologi pintar lain.

Demikian ulasan terkait mobil bekas untuk mahasiswa. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru otomotif.

Terbaru