Minggu, September 25, 2022

7 Mobil Dengan Adaptive Cruise Control, Pilih Mana?

by Firdaus Ali
mobil dengan adaptive cruise control

Ada beberapa mobil dengan adaptive cruise control (ACC) yang beredar di Indonesia. Yup, fitur ACC ini merupakan pengembangan dari fitur cruise control yang sudah banyak disematkan pada mobil-mobil keluaran terbaru.

Hadirnya mobil dengan adaptive cruise control tentunya membuktikan bahwa teknologi di industri otomotif terus berkembang. Dan tentu saja ini menjadi sebuah angin segar bagi penikmat otomotif di Tanah Air.

Fitur adaptive cruise control adalah fitur yang bisa membebaskan pengemudi dari menginjak peda gas dan pedal rem dalam batas kecepatan maksimal dan minimal tertentu. Bedanya dengan fitur cruise control biasa adalah pada fitur adaptive cruise control, selain bisa menjaga kecepatan tertentu tanpa menginjak pedal gas, fitur ini juga bisa otomatis melakukan pengereman atau menyesuaikan jarak dengan mobil atau kendaraan lain di depannya.

Dengan kata lain, saat adaptive cruise control ini diaktifkan dengan kecepatan tertentu, maka mobil akan menjaga kecepatan dengan kendaraan di depannya tanpa harus menekan pedal gas dan pedal rem. Jika kendaraan di depan mengurangi kecepatan, maka otomatis fitur adaptive cruise control juga akan mengurangi sendiri kecepatannya. Artinya, jarak dengan kendaraan di depan akan tetap terjaga.

Kemudian, saat mobil atau kendaraan lain di depan kembali melaju, maka mobil dengan adaptive cruise control ini ini akan menambah kecepatan sesuai dengan batasan yang telah ditetapkan oleh pengemudi.

Kembali ke pembahasan mobil dengan adaptive cruise control. Ternyata kini sudah ada beberapa mobil dengan harga terjangkau yang menggunakannya seperti Honda BR-V dan Toyota Raize.

Ingin tahu lebih detail mobil apa saja yang mengusung fitur adaptive crusi control?, total di daftar rekomendasi kami ada 7 kendaraan. Ini ulasannya: 

1. Honda BR-V Prestige with Honda Sensing

Mobil dengan adaptive cruise control

Honda BR-V Prestige with Honda Sensing

Mobil dengan adaptive cruise control yang pertama adalah Honda BR-V varian tertinggi yaitu Prestige with Honda Sensing.

Adapun untuk mengaktifkan Adaptive Cruise Control di BR-V terbaru cukup simpel. Syarat utamanya adalah kecepatan minimal harus 30 Km/jam, kemudian dilanjutkan dengan menekan tombol STANDBY di setir atau yang berlogo mobil dan speedometer. Selanjutnya tekan tombol SET.

Setelah fitur ACC aktif, gas dan rem akan diatur secara otomatis oleh komputer mengikuti kecepatan kendaraan di depan. Oh ya, jika mau menambah atau mengurangi kecepatan, tinggal tekan tombol + atau – yang ada di setir.

Menariknya, adaptive cruise control pada mobil ini juga mampu mengatur jarak dengan objek atau mobil yang ada di depannya. Bahkan terdapat pilihan Batasan jarak tersebut, dekat, menengah dan jauh.

BR-V menjadi salah satu mobil termurah yang pakai adaptive cruise control. Banderolnya cuma Rp 346,6 jutaan untuk varian Prestige with Honda Sensing

2. Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ulitmate

Mobil dengan adaptive cruise control

Mitsubsihi Pajero Sport Dakkar

Mobil dengan adaptive cruise control selanjutnya adalah Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate. Yup, mobil SUV ladder Frame ini megadopsi fitur ACC demi memanjakan pemiliknya.

Cara mengaktifkannya juga sama dengan fitur ACC yang ada di Honda BR-V Prestige with Honda Sensing. Yaitu dengan menekan tombol cruise control yang terletak di setir sebelah kanan.

Ketika sudah dinyalakan, kemudian saat layar MID muncul logo cruise control tekan tombol SET untuk mengaktifkannya. Setelah itu mobil pun akan melaju sesuai kecepatan terakhir saat tombol ditekan.

Yang berbeda dari fitur ACC Honda BR-V Prestige with Honda Sensing adalah batas minimal kecepatannya. Pada Pajero Sport Dakkar fitur ACC bisa aktif saat kecepatan mobil minimal 40 km/jam.

Hanya saja memang harga Pajero Sport Dakar Ultimate tidak bisa dikatakan murah, mulai Rp 652,8 jutaan.

3. Wuling Almaz RS

Mobil dengan adaptive cruise control

Wuling Almaz RS

Meski mobil buatan Cina, Wuling Almaz RS nyatanya juga sudah mengusung teknologi Adaptive Cruise Control. Hebatnya, fitur adaptive cruise control yang disematkan juga sudah dilengkapi dengan fitur Traffic Jam Assistant.

Fitur Traffic Jam Assistant (FTJA) ini tidak dimiliki oleh rivalnya Honda BR-V Prestige with Honda Sensing. Fitur Traffic Jam Assistant ini berguna agar fitur ACC tetap aktif saat mobil atau kendaraan di depan menurunkan kecepatan di bawah 25 km/jam hingga berhenti.

Tak hanya itu saja, untuk mendukung fitur ACC, Wuling Almaz RS juga sudah dikombinasikan dengan fitur Bend Cruise Control (BCC), Lane Keeping Assist (LKA), Lane Departure Warning (LDW), Traffic Jam Assistance (TJA), sampai dengan Intelligent Cruise Assistance (ICA).

4. Hyundai Ioniq 5

Mobil dengan adaptive cruise control

Hyundai Ioniq 5

Mobil dengan adaptive cruise control selanutnya merupakan mobil listrik buatan Indonesia, yup mobil itu adalah Hyundai Ioniq 5.

Adanya fitur adaptive cruise control pada Ioniq 5 merupakan terobosan tersendiri bagi jajaran mobil Hyundai yang beredar di Indonesia. Sebab ini merupakan pertama kalinya ACC disematkan pada mobil Hyundai.

5. MG HS i-Smart

Mobil dengan adaptive cruise control

MG HS i-Smart

Mobil dengan adaptive cruise control selanjutnya adalah brand Inggris yang diproduksi di Thailand namun saham mayoritasnya milik salahh satu perusahaan Cina.

Adaptive cruise control mendapat nama lain di MG HS i-Conect, yaitu MG HS i-Connect. Secar fungsi sama, yaitu menjaga jarak dengan kendaraan di depan secara otomatis dengan kecepatan tertentu yang sudah diseting.

Menariknya, untuk menemani kecanggihan fitur MG HS i-Conect, ada pula fitur MG Pilot memiliki kemampuan Lane Assist System, Front Drive Assist dan Rear Drive Assist.

6. Toyota Raize GR CVT TSS

Mobil dengan adaptive cruise control

Raize GR Sport CVT TSS

Selanjutnya, mobil dengan adaptive cruise control yang ada di Indonesia adalah Toyota Raize GR CVT TSS. Yang menarik dari mobil ini adalah dari sisi harganya.

Dibandingkan dengan mobil dengan adaptive cruise control lainnya, Raize GR CVT TSS harganya paling kompetitif, yaitu Rp 299,2 juta sampai Rp 301,9 juta. Sementara untuk mobil lain dengan fitur ACC umumnya dibanderol di atas Rp 350 jutaan.

7. Honda CR-V Turbo Prestige

Honda CR-V Turbo Prestige

CR-V Turbo sudah pakai adaptive cruise control untuk varian tertinggi

Rekomendasi mobil dengan adaptive cruise control selanjutnya adalah CR-V Turbo Prestige. Bahkan sudah dilengkapi lane speed follow (LSF). Alhasil bisa diaktifkan dalam kecepatan yang rendah. Lalu bisa juga mengikuti bila kendaraan di depan berhenti atau hingga 0 Km/jam.

Hanya saja memang, harga CR-V Turbo Prestige tidak murah. Mobil ini dijual Rp 651,4 juta (OTR Jakarta).

Moladiners, itulah ulasan mengenai mobil dengan adaptive cruise control. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika