oleh

Mobil Listrik Sony Vision-S 01 dan 02, Kapan Dijual?

Mobil listrik konsep, Sony Vision-S 02 di gelaran Consumer Electronic Show (CES) di Las Vegas, Selasa (4/1/2022). Produk ini bergaya SUV ringkas atau crossover yang punya penampilan modern.

Bicara tampilan, Sony Vision-S 02 sekilas sangat mirip Tesla Model Y. Hanya saja bedanya, mobil dari pabrikan yang dikenal sebagai pembuat PlayStation tersebut punya ciri khas penggunaan lampu LED memanjang horizontal di bawah kap mesin.

Tampilan paras seperti itu, mengingatkan kami akan mobil konsep Sony Vision-S 01 yang diperkenalkan lebih dulu beberapa tahun lalu. Wajar mirip, karena memang keduanya berbagi basis.

Perbedaan ada di model, di mana Vision-S 01 bergaya sedan. Lalu mobil ini juga memiliki pelek yang serupa mobil sport. Sementara Vision-S 02 lebih ke SUV, dengan ciri khas pelek tertutup persi kendaraan listrik.

Lalu Vision-S 02 lebih pas dianggap sebagai SUV keluarga. Pasalnya masuk ke interior akan bertemu kabin luas, bahkan muat menampung 7-orang. Tentunya jika produksinya dilakukan, bisa jadi mobil listrik dengan tingkat kepraktisan yang istimewa.

Baca juga  Mobil Sport Listrik Aston Martin Masih Digodok

Bicara performa, motor elektriknya bisa melontarkan total 268 hp. Lalu soal kecepatan maksimal mampu mencapai 180 Km/jam.

Apakah dengan kehadiran Sony dengan mobil listrik konsep di CES 2022, menjadikannya beralih fokus dari produsen peralatan elektronik ini berubah? Benarkah Sony siap bertarung dengan berbagai pabrikan mobil listrik lain seperti Tesla?

Sony Vision-S Bisa Dikendarai Jarak Jauh

sony vision-s 01 dan 02
Sony Vision-S 01 (kiri) dan Vision-S 02 (kanan)

Keistimewaan dari mobil listrik konsep Sony Vision-S adalah bisa dikendarai jarak jauh. Walau masih sebatas uji coba, tapi mereka sudah melakukan dan videonya disebar ke Youtube resmi Sony.

Dalam video terlihat bahwa ada orang yang menggunakan simulator di Jepang dengan layar monitor, setir dan pedal gas lengkap. Sementara mobil Vision-S 01 yang dia kemudikan letaknya di Jerman.

Bagaimana bisa hal tersebut terjadi? Baik mobil dan pengemudi, terhubung dengan koneksi 5G. Alhasil bisa diperoleh pergerakan yang realtime. Menarik bukan?

Tertarik punya Sony Vision-S 01 dan 02? Tenang saja, karena merek Jepang ini berencana untuk membuat divisi khusus yang berfokus mengeksplor kendaraan elektrik. 

Baca juga  Era Mobil Listrik di Indonesia Segera Tiba

“Dengan tujuan akselerasi ke depan dan membuat proposal baru terkait evolusi pengalaman mobilitas, Sony akan membuat perusahaan operasional Sony Mobility Inc pada 2022,” seperti dikutip dari rilis resmi Sony.

Tidak disebutkan jelas perusahaan itu akan memproduksi mobil listrik secara gamblang. Hanya saja Sony mengklaim akan berusaha yang terbaik dalam mewujudkan penggunaan teknologi robotik dan AI. Di mana Sony Vision-S akan berkontribusi untuk evolusi mobilitas.

Justru semakin penasaran kan? Ya kita tunggu saja apa yang akan dibuat Sony pada tahun ini. Sabar! Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru