Banner
Saturday, December 3, 2022
Banner
Banner

9 Mobil Polisi Indonesia, dari Lancer Hingga BMW 330e

by Tigor Sihombing
Mobil Polisi Indonesia

Mobil Polisi Indonesia terdiri dari banyak merek dan model. Kebanyakan berbentuk sedan, tapi ada pula SUV dan double cabin. Lalu tidak ketinggalan, polisi di Tanah Air bahkan mulai menggunakan mobil listrik.

Dari warnanya, mobil polisi umumnya memiliki tiga jenis: cokelat, putih, dan hitam. Khusus mobil polisi warna cokelat, banyak digunakan sebagai kendaraan operasional baik di Polres, Polsek, dan lain-lain. Sementara untuk mobil polisi warna putih, lebih banyak dipakai sebagai patroli jalan raya (PJR). Mobil PJR inilah yang juga sering melakukan pengawalan, mulai dari presiden, menteri, hingga tamu negara. Lalu untuk mobil polisi warna hitam atau abu-abu gelap, digunakan oleh Brimob.

Bicara merek mobil polisi Indonesia, sangatlah bervariasi. Ada Mitsubishi Lancer Ex dan Galant V6 yang cukup legendaris, hingga yang paling ganteng adalah Mazda 6. Beberapa tahun terakhir, mobil polisi bahkan merambah ke jenis elektrifikasi dengan Hyundai Kona EV, serta terbaru ada BMW 330e M Sport.

Mau tahu lebih detail soal mobil – mobil polisi Indonesia yang digunkanan untuk patroli hingga saat ini? Berikut 9 daftarnya:

Baca juga  7 Mobil Polisi Termewah di Dunia, dari Lamborghini Hingga Rolls-Royce

1. Mitsubishi Lancer Ex 

Mobil Polisi Indonesia

Lancer, salah satu mobil tempur untuk polisi di Polres

Mobil polisi nasional Indonesia yang pertama adala Mitsubishi Lancer Ex. Mobil ini dimiliki oleh beberapa kesatuan termasuk Sabhara. Mobil Mitsubishi Lancer Ex juga digunakan uleh PJR untuk berpatroli di jalan tol.

Kalau kalian melanggar hukum di jalan tol lalu di kejar mobil PJR yang menggunakan Mitsubishi Lancer Ex, sebaiknya langsung minggir ya guys. Karena pasti terkejar, lantaran spek mesinnya yang kencang.

Mitsubishi Lancer Ex menggunakan mesin 4B11T 4 Silinder dengan kapasitas 2000cc dan teknologi MIVEC. Dalam penggunaannya, mobil ini mampu menghasilkan tenaga hingga 150 ps dengan torsi 205Nm.

2. Hyundai Kona Electric

Mobil Polisi Indonesia - Hyundai Kona EV

Hyundai Kona EV dipakai sebagai mobil patwal yang bertugas di Kantor Gubernur Jawa Barat

Mobil polisi Indonesia berikutnya adalah Hyundai Kona Electric. Model ini pertama kali muncul sebagai sebagai kendaraan patroli dan pengawalan (patwal) di Jawa Barat di tahun 2021. Mobil berpenggerak listrik murni seharga Rp 697 juta tersebut dibekali motor listrik sinkron bermagnet permanen dengan efisiensi tinggi sebesar 100 kW (136 PS) yang disuplai oleh baterai lithium ion 39,2 kWh.

Baca juga  7 Mobil Polisi Termewah di Dunia, dari Lamborghini Hingga Rolls-Royce

Hyundai Kona EV mampu mengembuskan torsi 395 Nm yang didistribusikan ke roda depan. Jarak tempuh Kona Electric mencapai 345 km (berdasarkan NEDC) dan 289 km (berdasarkan WLTP) dalam sekali pengisian daya penuh.

Pengisiannya dari 0-100 persen membutuhkan 54 menit dengan pengisian cepat atau 19 jam bila menggunakan portable charging (di rumah). Untuk saat ini penggunaan Kona Electric di kepolisan belum begitu banyak dan masih dalam tahap percobaan.

3. Mitsubishi Galant V6 

Mobil Polisi Indonesia - Mitsubishi Galant

Galant V6 menjadi salah satu mobil legendari polisi Indonesia

Mobil polisi Indonesia berikutmya adalah Mitsubishi Galant V6. Sedan ini salah satu dedengkot sedan PJR di Indonesia, terutama di Jakarta.

Menurut catatan, Mitsubishi sudah sejak era tahun 1996 ke atas sudah menggunakan Galant sebagai mobil oprasional kepolisian. Dan yang terakhir sudah menggunakan Galant terbaru generasi ke-8.

Untuk mesinnya berkode 6A13 dengan kapasitas 2.498 cc, 6 silinder 24 katup. Mesin tersebut mampu mengeluarkan tenaga 167 hp pada 5.750 rpm dengan torsi 230 Nm pada 4.500 rpm.

Baca juga  7 Mobil Polisi Termewah di Dunia, dari Lamborghini Hingga Rolls-Royce

4. Mazda 6

Mobil Polisi Indonesia

Mobil Polisi Indonesia berikutnya adalah Mazda 6. Mobil Pabrikan Jepang ini tentu sudah tidak asing lagi bagi sebagian masyarakat Indonesia.

Dengan tampilan yang sporty Mazda 6 menjadi salah satu mobil polisi terfavorit. Terlihat mobil polisi jenis ini lumayan sering terlihat di jalanan. Baik dalam misi pengawalan atau dalam kondisi patroli. Bahkan penggemarnya begitu banyak, hingga mobil polisi Mazda 6 juga pernah ada dalam game Grand Theft Auto (GTA) Mod Indonesia sebagai fitur tambahan.

Bicara spesifikasi, Mazda 6 dilengkapi mesin SKYACTIV-G 2.5 In-line 4 Cylinder DOHC 16 valve dengan kapasitas 2.488cc. Tenaga yang dihasilkan bisa mencapai 194 ps pada putaran 6.000 RPM.

5. Toyota Vios

toyota vios mobil polisi indoneisa

Vios Gen 3 kerap dipakai sebagai mobil patroli jalan raya

Saat ini Toyota Vios masih menjadi mobil polisi Indonesia, khususnya yang generasi ketiga. Mobil sedan tersebut sering terlihat berkeliaran di jalan raya dengan peran sebagai PJR. 

Kelebihan dari Toyota Vios sebagai mobil patroli tentu konsumsi BBM yang sangat irit. Maklum, mobil serupa juga pernah digunakan oleh perusahaan taksi. Jadi soal konsumsi bahan bakar yang hemat, sekaligus kebandelan mesinnya sudah sangat teruji.

4. Hyundai Elantra

Mobil Polisi Indonesia

Mobil Polisi Indonesia berikutnya adalah Hyundai Elantra. Mobil buatan Korea Selatan ini menjadi salah satu bagian dari armada kepolisian Indonesia yang sering digunakan sebagai patroli jalan raya (PJR). Dilengkapi Dual CVVT DOHC 16V dengan kapasitas 1,8 liter, Hyundai Elantra bisa menghasilkan tenaga hingga 148 hp.

Selain itu, mobil jenis sedan ini memiliki tampilan yang memukau dan sedap dipandang. Sehingga Elantra menjadi salah satu mobil polisi yang populer di Indonesia.

5. Ford Focus

Mobil Polisi Indonesia - ford focus

Ford Focus, merupakan mobil polisi yang usianya sudah cukup lawas

Mobil Polisi Indonesia berikutnya adalah Ford Focus. Model ini dibekali dengan mesin DURATEC HE dengan kapasitas 2 liter, Ford Focus bisa menghasilkan tenaga maksimal mencapai 145 ps dengan torsi 185Nm.

Pada penggunaannya sebagai mobil polisi, kendaraan ini biasanya digunakan untuk pengamanan objek vital atau Pam Opvit. Mobil asal Amerika Serikat ini memiliki berbagai fitur unggulan yang berguna untuk digunakan tugas Kepolisian. Sebut saja seperti GPS, Handy Talkie, dan Repeater.

7. BMW 330e Hybrid

Mobil Polisi Indonesia

BMW 330e merupakan plug in hybrid vehicle (PHEV)

Mobil polisi Indonesia berikutnya adalah BMW 330e Hybrid. Mobil tersebut baru-baru ini di pinjamkan oleh BMW Group Indonesia kepada Polres Kota Soekarno Hatta, Selasa (18/10/2022), untuk mengawal kegiatan G20 Summit yang berlangsung pada 15 – 16 November 2022.

Vice President of Customer Support BMW Group Indonesia, Ariefin Makaminan menyebutkan pemilihan BMW 330e PHEV dikarenakan pihak kepolisian ingin menjajal mobil ramah lingkungan itu terlebih dahulu dengan memerhatikan infrastruktur pengisian baterai.

“Untuk sementara kita sediakan Plug in Hybrid dulu memang kita tawarkan, karena mereka mau coba sebenarnya. Masih belum pakai full electric takutnya range mereka belum sampai. Apalagi Soekarno Hatta ini charging stationnya belum ada,” kata Arifin dalam keterangan resminya dikutip 21 Oktober 2022.

Arifin menjelaskan BMW 330e Plug in Hybrid belum dipasarkan di Indonesia. Selanjutnya meski hanya berstatus pinjaman, tapi sedan tesebut hadir dengan atribut lengkap yang sah dari kepolisian. Mulai dari warna, plat nomor hingga livery.

Selain itu bukan tidak mungkin, untuk memenuhi instruksi presiden dimana lembaga kenegaraan wajib menggunakan kendaraan listrik, mobil ini jadi berlanjut sebagai kendaraan dinas resmi kepolisian.

9. Ford Ranger

mobil polisi indonesia - ford ranger brimob

Ford Ranger milik anggota Brimob

Mobil polisi Indonesia dengan gaya double cabin, salah satunya ada Ford Ranger. Kendaraan ini sering digunakan oleh polisi untuk mengangkut motor atau mobil yang terkena razia. Maklum sebagai mobil double cabin, di belakang memang tersida bak cukup. Mobil tersebut pun banyak dipakai oleh para personil Brimob.

Kemudian soal spesifikasinya, Ford Ranger yang jadi mobil polisi ini dibekali dengan mesin berkapasitas 2.500 cc Duratorq TDi SOHC. Di atas kertas bisa melontarkan tenaga 165 hp dan torsi 308 Nm.

Demikian ulasan mobil polisi Indonesia. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

 

 

 

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika