Selasa, September 27, 2022

7 Mobil Presiden Indonesia dari Soekarno ke Joko Widodo!

by Firdaus Ali
Mobil Presiden Indonesia

Menyambut HUT RI Ke-77, kami sajikan bahasan soal daftar mobil Presiden Indonesia dari masa ke masa. Menariknya, mayoritas mobil-mobil tersebut merupakan produk Mercedes-Benz yang berasal dari Jerman.

Presiden adalah sosok yang harus dilindungi keselamatannya dalam segala aktifitas yang dilakukan. Baik dalam tugas kenegaraan maupun aktifitas kesehariannya.

Untuk itu, mobil Presiden tentunya memiliki spesifikasi keamanan dan standar keselamatan yang berbeda dibanding kendaraan biasa. Setiap presiden memiliki mobil kepresidenan dengan jenis yang berbeda-beda disesuaikan dengan zamannya.

Nah, biar tidak penasaran, mari kita simak deretan mobil Presiden Indonesia berikut ini.

1. Buick-8 – Soekarno

Mobil Presiden Indonesia

Buick-8

Ir Soekarno yang merupakan Presiden pertama di Indonesia  mempunyai selera otomotif yang tinggi. Terbukti mobil dinasnya juga tergolong spesial.

Mobil Presiden Indonesia yang pertama adalah Buick-8 buatan Amerika Serikat. Mobil ini merupakan tipe Limited-8 yang dibuat pada tahun 1939. Buick-8 bukan mobil biasa, pada zamannya mobil ini cukup tangguh menggunakan mesin 5.247 cc.

Dilansir dari berbagai sumber, ada cerita menarik terkait Buick-8 yang merupakan mobil Kepresidenan Soekarno, ternyata mobil ini bukan dibeli negara. Pada tahun 1945 mobil Buick-8 ditemukan di belakang kantor Departemen Perhubungan, yang saat ini disebut kantor Direktorat Jendral Perhubungan Laut, Jalan Merdeka Timur, Jakarta.

Meski sudah berumur enam tahun, mobil berkapasitas 5 ribu cc ini merupakan yang terbagus di Jakarta saat itu. Selanjutnya, salah satu orang Soekarno mendekati sopirnya dan membujuknya pulang ke kampungnya di Kebumen, meminta kunci dan mempersembahkannya kepada Presiden Soekarno.

Baca juga  Bus Laksana Terbaru, Pemenang Kontes Mercedes Benz

2. Chrysler Imperial – Soekarno

Mobil Presiden Indonesia

Chrysler Imperial

Selain Mobil Buick-8, Mobil dinas Presiden Ir Soekarno antara lain Cadillac 75, Mercedes-Benz 600, GAZ 13 , Zil 111, Lincoln Cosmopolitan (limosin cabrio) dan Chrysler Imperial.

Dari deretan tersebut, salah satu yang menonjol adalah Chrysler Imperial yang diproduksi pabrikan asal Amerika Serikat yakni Chrysler. Sebab, mobil generasi ke enam ini merupakan hadiah dari Raja Arab Saudi.

Selain itu, mobil ini merupakan salah satu yang bersejarah lantaran pernah menjadi sasaran bom granat di Cikini pada tahun 1957. Hal ini diketahui dari unggahan akun Instagram sang cucu yakni Puti Guntur Soekarnoputra beberapa waktu lalu.

Puti pada November 2018 sempat membuat video dirinya di depan mobil tersebut yang saat ini dimiliki kolektor bernama Budi Santoso di Surabaya.

“Mobil ini pernah jadi saksi sejarah bangsa, salah satunya peristiwa granat Cikini tanggal 30 November 1957,” tulis akun Instagram puti_soekarno. 

Sebagai informasi, pabrikan Chrysler merilis banyak generasi Imperial sejak 1926 (generasi pertama) hingga 1954 (generasi keenam). Bahkan, untuk mengulangi kejayaannya, Chrysler mengeluarkan Imperial generasi ketujuh tahun 1990.

3. Mercedes-Benz S 500 SEL – Soeharto

Mobil Presiden Indonesia

Mercy S 500 SEL

Tak kalah dengan Soekarno. Presiden Soeharto juga menggunakan beberapa mobil kenegaraan yang berbeda merek.

Mobil Presiden Indonesia yang digunakan Soeharto awalnya Cadillac Fleetwood 75 Limousine buatan tahun 1966. Kemudian, beberapa tahun kemudian berganti jadi Mercedes-Benz 500SEL. 

Baca juga  Mercedes-Benz Cuma Jual Mobil Listrik Pada 2030

Mercedes-Benz 500 SEL milik Soeharto ini memiliki spesifikasi keamanan tingkat tinggi. Kemudian untuk mesin pakai konfigurasi delapan silinder berkapasitas 5.000 cc yang diklaim mampu melaju hingga kecepatan 220 km/jam. Menariknya lagi, mobil serupa juga pernah digunakan Presiden AS, Bill Clinton hingga Ratu Inggris, Elizabeth II.

4. Mercedes-Benz S600 – Soeharto, BJ Habibie, Megawati Soekarno Putri

Mobil Presiden Indonesia

Mercedes-Benz S600

Memasuki tahun 1994, Soeharto mengganti mobil dinas kepresidenannya dengan Mercedez-Benz S600. Mercy ini juga digunakan untuk kendaraan dinas dari 3 Presiden selanjutnya: BJ Habibie, Megawati Soekarno Putri, dan Abdurahman Wahid (Gus Dur)

Oh ya, baik Mercedes-Benz 500 SEL dan S600, keduanya telah dibekali dengan fitur kaca anti peluru. Lalu bodi mobil dilapisi baja dan platina hitam, alhasil mampu menahan serangan mortar dan guncangan.

5. Mercedes-Benz G-Class – Soeharto

Mobil Presiden Indonesia

Mercy G Class

Presiden Soeharto nampaknya memang lebih condong menggunakan tunggangan dari Mercedes-Benz. Terbukti hingga jelang akhir masa pemerintahannya ia telah menjadikan Mercedes Benz G-Class sebagai mobil kenegaraannya.

Mercedes G-Class ini merupakan tipe Sport Utility Vehicle (SUV) yang diperuntukkan melewati segala medan. Huruf G di kata G-Class merupakan kependekan dari kata Geländewagen yang bermakna kendaraan segala medan.

Saat ini G-Class masih digunakan di lingkungan kepresidenan sebagai kendaraan operasional Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

6. Mercedes-Benz SL300 Gullwing – BJ Habibie

Mobil Presiden Indonesia

Mercy Gullwing

Presiden BJ Habibie memang menggunakan mobil dinas warisan Soeharto. Meski begitu, di luar jabatannya, Almarhum Presiden BJ Habibie mempunyai koleksi puluhan mobil di basement rumahnya. Salah satu koleksinya yang fenomenal adalah Mercedes Bens SL300 – Gullwing.

Baca juga  5 Klub Mobil Mercedes-Benz di Indonesia

Mobil ini dibuat dengan mengusung bentuk yang aerodinamis dan futuristik pada masanya yang berbasis platform sasis dengan kode W198.

Di balik kap mesinnya, mobil ini menyimpan mesin Mercedes-Benz M198 dengan sistem OHC yang membawa konfigurasi mesin enam silinder segaris 2.996 cc.

7. Mercedes-Benz S600 Pullman Guard – Soesilo Bambang Yudhoyono dan Joko Widodo

Mobil Presiden Indonesia

Mercy S600 Pullman Guard

Mobil Presiden Indonesia era Susilo Bambang Yudhoyono juga masih menggunakan Mersedes-Benz S600 saat dinasnya di awal masa jabatannya pada 2004. Namun begitu, pada tahun 2007 pemerintah melakukan peremajaan dengan menggantinya dengan Mersedes-Benz S600 Pullman Guard.

Ketangguhan Mercy S600 Pullman Guard ini lebih canggih dan tetap mampu menahan tembakan senapan, mortir, granat, hingga serpihan ledakan bom. Tidak hanya body dan kaca antipeluru. Jika ban mobil ini kempes atau bocor, masih dapat berjalan hingga 60 kilometer.

Untuk jantung pacu, mobil ini menggunakan mesin 12 silinder Biturbo, yang diklaim mampu memuntahkan tenaga hingga 517 hp. Meski memiliki bobot mencapai 4.200 kilogram, Mercedes-Benz S600 Pullman mampu melesat dengan kecepatan puncak 210 km/jam. Mobil tersebut masih digunakan saat era Presiden Joko Widodo sampai saat ini.

Moladiners, itulah ulasan mengenai mobil Presiden Indonesia dengan segala kecanggihan dan tampilan yang timeless. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika