by

Bersiap, Era Mobil Terbang Bukan Sekadar Mimpi

Sejak beberapa tahun lalu, pengembangan mobil terbang terus digagas sejumlah pabrikan. Upaya tersebut pun akhirnya berbuah hasil manis.

Salah satu mobil terbang yang tampaknya semakin dekat untuk memasuki jalur produksi adalah PAL-V Liberty. Di mana mobil ini diketahui sudah mulai melakukan uji jalan.

Sebelum mulai mengudara, PAL-V Liberty memang sudah mengproklamirkan sebagai mobil terbang pertama di dunia yang telah mengantongi izin untuk digunakan di jalan raya.

Bak gayung bersambut, mobil terbang ini belakangan sudah mendapatkan izin alias legal untuk digunakan di jalanan Eropa. Jadi jangan heran, suatu saat ketika kalian pelesiran ke Benua Biru akan mendapati mobil ini berkeliaran di jalan raya.

Mobil Terbang PAL-V Liberty Lulus Tes

PAL-V Liberty, mobil terbang pertama di dunia
PAL-V Liberty mulai memasuki fase uji jalan raya

Menurut informasi yang dihimpun Moladin, mobil terbang PAL-V Liberty berhasil lulus tes untuk digunakan dipakai di jalan Eropa yang ketat. Saat ini mobil itu sudah diizinkan untuk digunakan dengan plat nomor resmi.

Hal ini pun menandai bahwa program uji berkendara bagi PAL-V Liberty telah selesai dilakukan. Padahal jika mengacu pada regulasi kendaraan di Eropa sangatlah ketat.

Baca juga  Penjualan Mobil di Indonesia Naik Tipis, Gaikindo Revisi Target

Bagi PAL-V Liberty sendiri sudah melakukan uji jalan melalui uji yang ketat dan ekstensif dilakukan di trek uji sudah memakan waktu yang cukup lama. Tercatat mobil ini sudah uji jalan sejak Februari 2020 lalu.

Sebelumnya, PAL-V Liberty dites di lingkungan tertututp. Mobil terbang ini diuji melaju dengan kecepatan tinggi sambil menikung di tikungan oval, uji rem dan emisi, serta uji polusi udara.

Proses pengembangannya sendiri dilakukan sejak tahun 2015 silam. Desain PAL-V Liberty telah melalui sertifikasi penerbangan dengan European Aviation Safety Agency (EASA). Kabarnya, sertifikasi penerbangan mobil terbang bakal rampung di tahun 2022 mendatang.

Bukan perkara mudah bagi PAL-V Liberty untuk mendapatkan sertifikasi layak jalan di jalan raya maupun udara. Pasalnya mobil ini harus melalui pengujian penerbangan terakhir hingga 150 jam.

Belum lagi, PAL-V Liberty harus menyelesaikan setidaknya lebih dari 1.200 laporan pengujian. Jika seluruh proses bisa dilalui, baru perusahaan dapat memulai pengiriman ke pelanggan.

Sebelum itu, beberapa bulan ke depan Liberty harus melalui uji ketahanan di jalan umum di seluruh Eropa. Tentunya hal ini menjadi tantangan bagi pabrikan, sebelum mulai masuk jalur produksi massal.

Baca juga  Siap-Siap, Tarif Tol di Jakarta Bakal Segera Naik

Menurut Mike Stekelenburg, CTO PAL-V, “Kami telah bekerja sama dengan otoritas jalan selama bertahun-tahun untuk mendapat pencapaian ini. Kegembiraan yang Anda rasakan di tim sangat besar”.

“Sangat menantang untuk membuat ‘pesawat lipat’ lulus semua tes masuk jalan raya. Bagi saya, trik sukses membuat mobil terbang adalah memastikan desainnya sesuai dengan regulasi udara dan jalan,” ujar Mike.

Well.. Kita tunggu bersama proses pengujian PAL-V Liberty. Semoga mobil terbang dapat terealisasi pada beberapa tahun mendatang.

Baca juga:

Terbaru