by

Ide Modifikasi Scoopy yang Tak Biasa

Modifikasi Scoopy – Salah satu kendaraan matik yang cukup diminati di Indonesia adalah Honda Scoopy. Eksistensinya tidak bisa diabaikan begitu saja. Angka penjualannya masuk ke dalam lima besar motor terlaris di Tanah Air.

Dari segi tampilannya, motor ini mirip dengan skuter Vespa. Namun, kapasitas mesinnya berbeda jauh. Honda Scoopy masa kini merupakan tunggangan yang trendi dan stylish, serta cocok pula digunakan untuk mobilitas harian.

Spesifikasi Scoopy Standar

Honda Scoopy

Sebelum melakukan modifikasi Scoopy, kamu tentu perlu mengenal terlebih dahulu spesifikasi standar motor ini. Dari segi warna, motor Scoopy keluaran terbaru memiliki warna-warna polos, seperti paduan merah dan putih, coklat, hitam, dan merah.

Tidak ketinggalan, tampilan Scoopy terbaru punya ciri khas penggunaan ban 12 inci layaknya motor Vespa. Ukurannya juga lebar, sehingga mirip donat. Hal ini unik, lantaran kebanyak motor matik pakai pelek 14 inci.

Ada pun fitur unggulan yang dimiliki oleh kendaraan bermotor ini antara lain bagasi berkapasitas 15,4 liter yang dapat menampung lebih banyak barang. Ada pula fitur power charger yang akan memudahkan kamu untuk menambah daya smartphone saat sedang dalam perjalanan.

Kamu juga dapat menikmati fitur Idling Stop System. Mesin akan mati secara otomatis jika berhenti lebih dari 3 detik. Namun, mesin akan kembali menyala jika tuas gas diputar.

Combi brake system juga akan membantu kamu melakukan pengereman dengan baik. Sejumlah fitur lain seperti Anti-Theft Alarm, LED Projector Headlight, dan sebagainya membuat pengendara semakin nyaman.

Khususnya untuk kehadiran alarm, tentu mampu membuat pemiliki motor lebih merasa aman dari maling. Untuk kelas matik 110 cc, masih sangat jarang ada produk yang pakai alarm. Scoopy merupakan pelopornya.

Warna Motor Scoopy: Stylish dan Sporty

warna motor scoopy
Honda Scoopy Stylish (kiri) dan Scoopy Sporty (kanan)

Untuk pilihan warna motor Scoopy, Honda memberikan dua opsi parbikan: stylish dan sporty. Keduanya cuma dibedakan dari grafis yang membalut di bodi.

Warna motor Scoopy Stylish tampak elegan dengan minimnya grafis. Kemudian hadir jok warna cokelat untuk membuat aura mewah semakin terasa. Lalu yang membuatnya berbeda lagi, pelek dicat warna silver.

Tersedia empat pilihan warna motor Scoopy Stylish: White Red, Matte Brown, Black, Matte Red, dan White.

Baca juga  Honda Air Blade Vs Vario, Rival Yamaha Aerox

Bagaimana dengan warna motor Scoopy Sporty? Ciri khasnya ada grafis bodi yang lebih banyak. Kemudian ada pelek dan jok hitam. Soal pilihan warna ada tiga: Sporty Black, Sporty Red, dan Sporty White.

Baca Juga :

Daftar Harga Motor Matic Honda

Motor Matic Kelebihan Harga
Honda Scoopy Fitur Berlimpah Cek Promo di Sini!
Honda Beat Harga Terjangkau Cek Promo di Sini!
Honda Vario 150 Ada Keyless Cek Promo di Sini!
Honda PCX Riding Position Nyaman Cek Promo di Sini!

Pilihan Gaya Modifikasi Scoopy

Modifikasi Scoopy Ban Besar
Modifikasi motor Scoopy dapat dilakukan dengan beragam inspirasi yang penting nyaman untuk dipakai

Meskipun desain awalnya sudah tampak ideal, modifikasi Scoopy juga bisa menjadi pilihan bagi kamu yang ingin tampil beda. Tujuannya adalah untuk menciptakan tampilan motor yang lebih personal dan unik.

Nah, apa ide modifikasi Scoopy yang bisa kamu coba untuk mengubah Scoopy standar menjadi semakin menarik? Berikut detail inspirasinya:

Scoopy Cafe Racer

Modifikasi Scoopy Cafe Racer
Tampilan cafe racer, cocok untuk Honda Scoopy. Menariknya, tidak perlu ubah banyak komponen

Kamu bisa mencoba modifikasi Scoopy cafe racer. Sesuai namanya, tampilan motor ini sangat khas seperti motor balap.

Jika melihat dari sejarahnya, cafe racer terinspirasi motor-motor yang banyak ditunggangi oleh anak muda Inggris era 60-an. Mereka melakoni balapan dari cafe ke cafe. Alhasil disebut sebagai cafe racer.

Ciri khas modifikasi ini adalah penggunaan setang bengkok menjorok ke pengemudi layaknya motor balap. Kemudian di bagian jok belakang dibuat agak menyembul layaknya ekor tawon.

Bagaimana penerapan Scoopy modif cafe racer? Mulailah dengan mengganti setang yang membengkok. Tidak sulit, lantaran sesungguhnya motor ini dalam kondisi standar telah menggunakan setang telanjang. Jadi tinggal sedikit dibengkokan saja.

Kalau kamu mau lebih menantang, dapat pilih setang model jepit. Hanya saja ada beberapa ubahan yang perlu dilakukan. Misal mengubah speedometer, karena komponen setang jepit lebih padat.

Biar gaya Scoopy cafe racer semakin terlihat, bisa gunakan spion bar end atau jalu. Tidak hanya itu, knalpot juga dapat diganti pakai produk after market. Lalu jok diubah dengan model single seater. Suspensi depan pakai upside down

Warna motor Scoopy modifikasi cafe racer juga perlu diseuaikan. Kamu dapat menggunakan livery khas balap, seperti nomor balap di bodi, motif bendera hitam putih, dan lain-lain.

Baca juga  Komparasi Motor Matic Retro: Honda Scoopy Vs Yamaha Fino

Daftar Komponen yang Perlu Diganti untuk Modifikasi Motor Scoopy Cafe Racer

  • Setang Jepit
  • Spion Jalu
  • Jok Single Seater
  • Upside Down untuk Suspensi Depan
  • Copot Sepatbor Belakang
  • Knalpot Racing
  • Livery Khas Motor Balap

Scoopy Big Boober

modifikasi motor scoopy
Honda Scoopy modifikasi Big Bobber ini dapat menjadi inspirasi kamu agar tampilan motor semakin kekar

Gaya Modifikasi motor Scoopy selanjutnya yang dapat kamu jadikan inspirasi adalah Big Bobber. Tren ini juga cukup diminati, termasuk di negara-negara lain seperti Jepang.

Ada sejumlah komponen yang perlu dimodifikasi pada motor supaya kesan Big Bobber semakin jelas. Di antaranya dapat memulai dengan mengganti ban dengan ukuran lebih besar.

Scoopy modif Big Bobber identik dengan ban yang besar. Maka ban bawaan Scoopy yang awalnya berukuran 100/90-12 inci di depan dan 110/90-12 inci di belakang, sewajarnya diganti lebih besar. 

Setelah dimodifikasi, pelek pakai ukuran lebar 4 inci dan ban lebar 110/70-14 inci. Lalu untuk ban belakang menggunakan 180/55-14 inci dengan lebar pelek 7,5 inci. Bahkan bukan tidak mungkin, untuk ban belakang, kamu gunakan karet bundar dari mobil.

Nah, cukup berbeda jauh bukan? Kesan yang timbul dari modifikasi Scoopy ini adalah tampilan motor yang lebih berisi. Hanya saja belum selesai di sana, bagian rangka pun perlu diubah.

Dengan penggunaan ban lebar dan besar, maka kemungkinan karet bundar mentok ke rangka jadi lebih tinggi. Maka harus ada pemanjangan rangka sekaligus sumbu roda. Hasilnya Scoopy jadi punya dimensi yang semakin panjang dari versi pabrikan. Sepatbor depan dan belakang pun ikut dimodifikasi mengikuti ukran ban yang semakin besar.

Kemudian bagian yang paling menarik dari modifikasi sebuah motor adalah bodinya. Salah satunya kamu dapat menggunakan airbrush. Caranya dengan mengecat seluruh bodi motor Scoopy menggunakan detail tertentu.

Jika ingin mengikuti contoh yang ada di gambar. Maka bisa dengan mengangkat kearifan lokal yaitu batik. Pakai gaya batik, Scoopy bernuansa polos dan minim grafis disulap menjadi sangat menawan. Nuansa batik yang timbul karena diukir satu demi satu menambah kesan elegan pada motor hasil modifikasi ini.

Daftar Komponen yang Perlu Diganti untuk Modifikasi Motor Scoopy Big Bobber

  • Custom airbrush Nogososro untuk bodi
  • Spidometer Koso RX2N
  • Master rem PSM
  • Ban depan: Swallow 110/70-14
  • Ban belakang: Swallow 180/55-14
  • Knalpot Custom Dual Muffler
  • Jok Kulit Custom
  • Lampu depan Custom angle eyes
Baca juga  Harga Vario 125 Rp20 Jutaan, Layak Dibeli?

Scoopy Hot Rod

Modifikasi Scoopy Hot Rod
Scoopy modif Hot Rod ini pernah juara Honda Modification Contest (HMC) di Kalimantan pada 2017.

Kamu juga bisa menerapkan konsep Hot Rod pada modifikasi motor Scoopy. Dengan gaya ini, ubahannya cukup banyak mengikuti aliran dari Amerika Serikat pada era 30 – 40-an untuk mobil. Hanya saja lama kelamaan juga diaplikasikan ke motor.

Ciri khasnya penggunaan setang tinggi. Kemudian jarak sumbu roda panjang dan ground clearance rendah. 

Jika melihat contoh modifikasi yang ada di foto, salah satu ubahan tampak lewat setang motor yang tinggi. Setang tersebut terbuat dari pipa besi berukuran 2 mm.

Kemudian di jok belakang ada behel yang dbentuk layaknya sandaran jok. Behelnya Scoopy modifikasi hot rod ini juga dibuat lebih tinggi dan terbuat dari pipa besi yang sama dengan setang.

Uniknya, pelek yang digunakan pada modifikasi Scoopy hot rod ini adalah pelek angkot. Tidak serta-merta digunakan, tetapi mengalami proses custom terlebih dulu.

Ukuran pelek depan adalah 3.00 x 14 dan ukuran pelek belakang adalah 4,00 x 14. Bagian pelek depan berbentuk monoblok, sedangkan belakang berbentuk jari-jari. Sejumlah komponen lain juga dibentuk secara custom.

Daftar Komponen yang Perlu Diganti untuk Modifikasi Motor Scoopy Hot Rod

  • Setang Custom
  • Ban Depan 3.00 x 14 Inci
  • Ban Belakang 4.00 x 14 Inci
  • Cat Custom
  • Jok Single Seater

Modifikasi Scoopy bukan hanya dapat dilakukan dengan tiga gaya ini. Dengan kreativitas, kamu bisa mengubah motor matik yang satu ini sehingga terlihat lebih menarik dan unik. Jika tertarik, kamu dapat meminta bantuan modifikator berpengalaman untuk membuat tampilan Scoopy  lebih cantik.

Nah, inilah ulasan singkat mengenai modifikasi Scoopy Cafe Racer, Big Bobber, dan Hot Rod yang menarik untuk diterapkan. Semoga bermanfaat.

Buat kamu yang tertarik membeli motor baru dengan DP ringan dan berbagai promo lain, langsung saja klik link ini!

Baca Juga :

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 comments

Terbaru