Sunday, July 7, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Diam-diam Menghanyutkan, Modifikasi Toyota Land Cruiser BJ40 Berpadu Sasis dan Mesin Fortuner

by Ivan
Modifikasi Toyota Land Cruiser BJ40 berpadu sasis dan mesin Fortuner

Semua hal bisa diwujudkan dalam dunia modifikasi mobil. Termasuk modifikasi Toyota Land Cruiser BJ40 pakai sasis dan mesin Fortuner.

Saat harus memilih amunisi untuk menjelajah medan off-road, Land Cruiser BJ40 tentulah satu nama yang mencuat di pikiran. Kita semua tahu Toyota membuat interpretasi modern mobil ini dalam sosok FJ Cruiser.

Akan tetapi, pernahkah Anda membayangkan seperti apa jadinya jika seri 40 asli mengadopsi rangka dan roda gigi modern?

BJFortuner Modifikasi Toyota Land Cruiser BJ40 & Fortuner

Nah, seorang penggemar 4×4 asal Filipina telah mewujudkannya dan menyebut modifikasi ini dengan nama BJFortuner. Ronald Araga dan tim telah berhasil menyatukan rangka bodi Land Cruiser BJ40 dengan sasis dan sistem transmisi dari mobil donor Toyota Fortuner keluaran 2007.

Bodi klasik BJ40 pakai donor sasis dan mesin Fortuner 2007
Bodi klasik BJ40 pakai donor sasis dan mesin Fortuner 2007

Jika Anda membayangkan proses modifikasi Toyota Land Cruiser BJ40 ini akan mudah seperti konversi plug-and-play yang sederhana, maka Anda salah. Mereka harus memotong beberapa inci sasis tangga Fortuner agar sesuai dengan rangka bodi BJ40.

Di antara modifikasi ekstrem lain yang dilakukan, pemilik mobil ini juga harus merelokasi tangki bensin asli Fortuner, memperpendek poros baling-baling, serta sistem pembuangan Fortuner asli. Namun selain itu, titik pemasangan suspensi Fortuner dipertahankan, bersama dengan breket pemasangan untuk mesin badak berkode 1KD-FTV berkapasitas 3.000cc.

Baca juga  Fortuner Diesel Vs Bensin Bekas, Beli yang Mana?

Di dalam, mereka dapat memasang kembali instrument klaster Fortuner ke dudukan speedometer FJ40 asli dulu berada. Kolom kemudi juga menampung lubang kunci Fortuner, tangkai untuk lampu, lampu sein, dan tuas wiper.

Kabin modifikasi Toyota Land Cruiser BJ40 ini diberi nama BJFortuner
Kabin modifikasi BJ40 dan Fortuner ini diberi nama BJFortuner

Karena Fortuner memiliki casing tuas persneling lebih ramping, ruang pun terbuka di terowongan transmisi. Araga dan timnya membuat rumah pemindah gigi bergaya teralis untuk menempatkan tuas kotak roda gigi otomatis 4-percepatan, bersama dengan rem parkir yang dipasang di kaki.

Untuk ergonomi interior yang lebih baik, mereka mengambil inspirasi dari Pajero generasi pertama dalam mendesain kursi mengambang mobil ini. Sementara sistem A/C khusus juga dipasang untuk menjaga penumpang tetap sejuk.

Dengan suspensi depan double-wishbone dan suspensi belakang coil spring yang baru, BJFortuner seharusnya memiliki pengendalian yang lebih baik di jalan daripada versi aslinya. Hasilnya mobil inipun sudah dalam kondisi siap pakai, untuk terjun ke beragai medan termasuk operasional fungsi sistem 4×4.

Simak terus Moladin.com & channel Google News Moladin untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Baca juga  Toyota Fortuner 2020 Mulai Muncul di Jalan, Masuk Indonesia?
Perlu penyesuaian bagian engine mounting
Perlu penyesuaian bagian engine mounting
Sasis tangga Fortuner bikin BJ40 ini kembali prima
Sasis tangga Fortuner bikin BJ40 ini kembali prima

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika