Jumat, Mei 24, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

10 Mobil Listrik Terlaris di Indonesia, DFSK Gelora e dan Lexus UX 300e Sepi

by Tigor Sihombing
mobil listrik terlaris

Kira-kira mobil listrik terlaris di Indonesia apa ya? Secara tren mobil listrik di Indonesia terus berkembang seiring meningkatnya kesadaran akan isu lingkungan.

Di tambah adanya dukungan pemerintah Indonesia terhadap pengembangan kendaraan listrik dan infrastruktur penunjangnya. Seperti pajak murah, bebas ganjil genap, hingga insentif yang membuat harga mobil listrik tampak terlihat lebih terjangkau.

Jadi tidak heran jika di tahun 2023 ini penjualan mobil listrik akan terus meningkat dibanding tahun lalu.

Sebagai informasi, sebagian besar mobil listrik di Indonesia diimpor utuh (CBU) dari luar negeri. Untuk sementara ini hanya Hyundai Ioniq 5 dan Wuling Air ev saja yang sudah diproduksi secara lokal.

Terkait penjualan di bulan Oktober 2023 ini, jika mengacu pada wholesales atau pengiriman dari pabrik ke diler, yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Wuling Air ev tercatat menjadi mobil listrik terlaris pada Oktober 2023, dengan mencatatkan 776 unit.

Varian Long Range menjadi model yang paling banyak terjual dengan mencatatkan 420 unit, dan Air EV Short Range dengan 100 unit.

Baca juga  Nissan Indonesia Memperkenalkan Mobil Listrik Nissan Ariya dan Sakura, Calon Laris?

Sementara versi Lite yang baru meluncur pada Agustus 2023, terjual 256 unit sepanjang Oktober 2023.

Di posisi kedua dalam penjualan mobil listrik terlaris di Indonesia pada bulan yang sama adalah Hyundai Ioniq 5, dengan total 719 unit terjual. Varian Signature Extended menjadi model paling banyak dikirimkan ke diler dengan capaian 609 unit.

Sedangkan di posisi buncit 10 besar ada Hyundai Kona EV yang hanya terjual sebanyak 7 unit.

Untuk lebih lengkapnya, herikut kami sampaikan daftar 10 mobil listrik terlaris Oktober 2023.

1. Wuling Air ev: 776 unit

2. Hyundai Ioniq 5: 719 unit

3. Hyundai Ioniq 6 74 unit

4. BMW iX XDrive40: 39 unit

5. BMW i7 xDrive60 Limousine: 28 unit

6. Lexus RZ 450e: 12 unit

7. Mercedes-Benz EQS 450: 11 unit

8. Mercedes-Benz EQB 250: 9 unit

9. Hyundai Ioniq EV: 7 unit

10. Hyundai Kona EV: 7 unit

Tidak Semua Mobil Listrik Laku

lexus

UX 300e merupakan mobil listrik pertama Lexus yang dijual di Indonesia.

Nah ternyata tidak semua mobil listrik berbuah manis loh. Ada mobil listrik yang penjualan perbulannya mencapai ratusan unit, ada yang hanya puluhan, belasan unit, hingga nihil sama sekali.

Baca juga  Harga Yangwang U9 Bikin Kaget, supercar listrik dari Cina!

Masiah menurut data GAIKINDO, adapun mobil-mobil yang penjualannya di bawah Hyundai Kona EV atau di bawah 10 besar di antaranya ada Mercedes-Benz EQS 450+ 5 unit, Hyundai Genesis G80 terjual 4 unit, DFSK Gelora 1 unit, bahkan BMW i4 eDrive35 Gran Coupe, Mini Cooper SE, Nissan Leaf, dan  Lexus UX 300e tidak erjual sama sekali di bulan Oktober 2023.

Bagaimana menurut kalian? Sepertinya penjualan mobil listrik di Indonesia masih belum merata nih. Terutama untuk segmentasi premium car, dimana sepertinya konsumen masih meraba-raba dengan membeli mobil listrik dari unit yang termurah terlebih dahulu.

Sementara pembeli baru atau kelas menengah, sepertinya masih asyik dengan MPV dan SUV compact bensin yang saat ini masih merajai penjualan di Tanah Air.

Demikian ulasan terkait mobil listrik terlaris di Indonesia. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

 

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika