oleh

Apa Jadinya Modifikasi Vario 125 Pakai Knalpot CBR250RR?

Banyak gaya modifikasi sepeda motor, tapi tak sedikit yang ubahannya justru bikin susah pemiliknya. Sebetulnya ada modifikasi simpel tapi tetap beda, tanpa harus mengurangi fungsi dan kepraktisan berkendara. Contohnya modifikasi Vario 125 garapan Witjax Modizigner ini.

Honda Vario 125 diubah tampilannya menjadi lebih berkelas. Padahal tidak banyak onderdil yang diganti dengan versi aftermarket. Penasaran kan? Inilah dia inspirasi gaya modifikasi Vario 125 versi Witjax Modisigner yang pernah dipamerkan di Jakarta Motorcycle Show beberapa waktu lalu.

Cat dan custom body part untuk Modifikasi Vario 125

modifikasi vario 125 005
Catnya pakai warna merah metalik dengan tone gelap yang istimewa

Paling cepat mengubah tampilan dengan mengganti warna cat. Uniknya warna merah metalik tidak tampak norak. Justru tone warna yang lebih gelap condong membuat orang mengira ini cat asli bawaan pabrik (OEM). Apalagi ada decal 125 di bagian fairing yang menyambung hingga ke sepatbor alias slebor depan. Warna merah juga menghiasi garnish spidometer.

Supaya tampil beda, cover bodi kasar di bagian depan dan bawah jok dilabur warna bermotif serat karbon. Bodi part custom ini cocok banget beradu dengan karpet dari Honda Genuine Accessories yang trendy.

Baca juga  9 Pilihan Motor Touring 250cc yang Nyaman

Oh ya, motif serat karbon juga menghiasi cover radiator yang juga milik Honda Genuine Accessories. Begitupun dengan hadgrip Fast Bikes yang ramping bermotif serat karbon. Handgrip ini dipasangkan hand guard yang minimalis. Spion aftermarket juga tampil minimalis.

Nah, di bawah karpet ada bodi dek yang dibalur cat berwarna krom. Warna krom juga tampil sebagai garnish alis mata lampu depannya. Lalu ada juga warna krom berkilau di bagian kolong roda belakang. Bagian kolongnya ini dibiarkan terbuka tanpa pelindung lumpur maupun hugger roda belakang. Di belakang, ada fender bawaan yang bagian slebornya dipotong. Buntut yang pendek ini asik menggantung di bawah lampu belakang LED.

Baca juga:

Jok Custom Berotot

modifikasi vario 125
Jok custom ini dibuat berotot, sehingga kesan gagah tampak jelas

Ini dia yang bikin tampilan modifikasi Vario 125 terilhat ekstrim. Jok motor custom berotot dengan beberapa motif. Ada material kulit motif perforated, serat karbon dan kulit nappa. Jok custom ini sukses bikin modifikasi Vario 125 tampil sangat berbeda dibanding Honda Vario standar.

Baca juga  Honda Spacy eSAF Hadir di Jepang dengan Keyless

Knalpot CBR250RR Memberi Modifikasi Vario 125 Kesan Moge

modifikasi vario 125 004
Vario 125 ternyata cocok pakai knalpot CBR250RR

Di bagian belakang, menyembul knalpot ganda. Dual exhaust atau muffler ini merupakan milik Honda CBR250RR. Kehadirannya menjadikan tampilan modifikasi Vario 125 tampak seperti moge. Siapa yang sangka, kalau dual exhaust ini cuma megeluarkan suara dari mesin 1-silinder berkapasitas kurang dari 125 cc. Desain cover knalpotnya pun banyak diberi aksen krom dan motif serat karbon yang berkesan mewah.

Cover filter udara dan cover CVT

modifikasi vario 125 006
Pelek motor ini pakai milik Honda PCX 150, sementara ban diganti ukuran lebih lebar

Bagian yang tak lupa dimodifikasi adalah cover filter udara. Komponen yang terletak di bagian atas CVT ini dibuat ulang dengan model tabung resonator. Bentuknya jadi mirip knalpot, lubang jet milik pesawat tempur atau bahkan moncong laras meriam kecil.

Filter udara ini duduk manis di atas transmisi CVT yang memutar roda belakang. Penutup komponen penting ini pun tak ketinggalan sentuhan tangan dingin Witjax Modizigner. Sederhana memang, cukup dicat ulang berwarna abu-abu tua matte yang industrialis dan minimalis.

Suspensi Ohlins dan Pelek Honda PCX 150

modifikasi vario 125
Shock Ohlins bertengger untuk memberi kestabilan berkendara dan rasa bangga

Terakhir dan tak kalah penitng, modifikasi Vario 125 juga mengganti komponen kaki-kaki. Suspensi belakang skutik modifikasi ini memakai model suspensi milik Ohlins dengan fleksibilitas pengaturan preload. Roda belakang sendiri diganti dengan profil yang lebih besar dibanding bawaan.

Baca juga  Benelli Siap Luncurkan Panarea 125 untuk Lawan Vespa

Begitupun dengan roda depan. Selain berukuran lebih besar, suspensinya pun ikutan diganti. Menariknya, suspensi depan mofidikasi Vario 125 ini menggunakan suspensi USD (up-side-down). Suspensi ini berpadu manis dengan frame slider yang ternyata terlihat cukup menarik bila dipasang seperti layaknya jalu di roda depan.

Inspirasi gaya modifikasi Vario 125 yang ringan ini sebenarnya cukup sederhana. Namun sukses membuat skutik ini telah dipermak secara ekstrim. Bagian mesin dan lainnya dibiarkan memakai komponen asli dan tidak mengalami ubahan. Semoga bisa menjadi acuan Sobat Moladin yang hendak melakukan personalisasi pada pesaing Yamaha Lexi ini.

Terbaru