Tips Modifikasi Yamaha 125Z, Motor 2-Tak Langka!

Modifikasi Yamaha 125Z – Banyak sekali pengendara yang tidak puas dengan desain standar bawaan dari pabrikan. Mereka selalu ingin merombak atau mengoprek motor standar menjadi seperti yang diinginkan entah dari segi desain maupun mesin dan komponen motor lainnya. Memang bagi beberapa pengendara, melakukan modifikasi akan menghasilkan kepuasan tersendiri. Berapa saja biayanya, jika sudah suka biasanya penggemar motor modifikasi akan tetap melakukan perombakan pada motor sesuai yang mereka kehendaki.

Nah, kali ini Moladin akan coba hadirkan soal modifikasi Yamaha 125Z. Motor Yamaha 125Z ini merupakan salah satu motor bebek 2-tak legendaris di Indonesia. Untuk spesifikasinya Yamaha 125Z memiliki mesin 124,33cc, 2 tak, berpendingin udara. Motor ini menggunakan transmisi manual 6 percepatan, motor ini sanggup menghasilkan tenaga maksimal 17,2 dk pada 8.000 rpm dan torsi maksimum 16,1 Nm pada 7.500 rpm. Dengan tenaga sebesar itu, motor ini cukup ringan dan hanya punya bobot 101 kg.

Pamor dari motor yang satu ini kembali naik setelah banyak sekali kelas balap nostalgia yang melombakan motor 2-tak. Memang motor Yamaha 125Z di tahun 2000-an pernah jadi kelas balapan Asia, Underbone Tune up 125 cc.

Bagi yang ingin melakukan modifikasi Yamaha 125Z, berikut ini ada beberapa tips yang bisa dicoba. Biasanya kebanyakan ingin memodifikasi Yamaha 125Z menjadi seperti tampilan dari 125ZR keluaran Malaysia. Nah, perbedaaan dari Yamaha 125Z dengan 125ZR adalah dari batok lampu, striping, model velg dan disc depan. Tapi yang ingin memodifikasi mesin juga bisa.

Walaupun motor ini tua, namun bahan Yamaha 125Z terbilang segar, sehingga tak perlu banyak membeli spare part saat proses modifikasi. Tinggal mengoprek sedikit saja tanpa harus mengubah banyak bagian.

Bagi yang suka dan ingin menggeber Yamaha 125Z dengan kecepatan yang tinggi bisa menggunakan blok head PNP, piston oversize 50 dan juga karbu 28 mm serta membran Boyesen. Untuk knalpotnya bisa menggunakan produk AHM.

Diubah menjadi 125ZR

Yamaha 125Z Modifikasi

Jika ingin super mirip dengan 125ZR keluaran Malaysia, kamu bisa mengganti striping dengan nuansa warna kuning yang dipadukan dengan sedikit warna hitam. Usahakan memilih striping yang pas dan saat memasang wajib rapi seperti motor pabrikan.

Untuk kali-kakinya bisa menggunakan velg Takasago Axel Asia dan pakai ban berlabel FDR MP27. Pilihlah produk KYB untuk sokbreker belakang. Untuk rem bisa menggunakan merek RCB untuk master rem dan Daytona untuk disc brake.Kedua rem ini dijamin akan membuat tampilan motor makin garang.

Baca Juga :

 

Diubah menjadi motor balap

Yamaha 125ZR Balap

Bagi yang suka balapan, modifikasi Yamaha 125Z ini wajib diperhatikan sistem pengapiannya. Selain itu perawatan dari motor ini juga harus diperhatikan lho. Berikut ini adalah beberapa tips agar merawat motor ini lebih mudah:

Untuk motor 2-tak permasalahan biasanya ada pada kopling. Bagi yang merasa kampas koplingnya sudah mulai aus, ada satu tips mudah yang bisa diterapkan. Jika susah mencari kampas kopling motor yang diimpor dari Malaysia ini bisa juga memakai kampas kopling dari Honda Astrea Grand. Memasang kampas kopling ini pada motor Yamaha 125Z tidak ada perubahan, dimensinya sama jadi tinggal langsung dipasang saja. Kampas kopling Honda Tiger juga sama dengan motor ini.

Pemasangan kampas kopling dari Honda Astrea Grand ternyata juga lebih bermanfaat bagi yang hobi balap. Ini karena pad kampas kopling milik Honda Astrea Grand lebih lebar dibandingkan kampas kopling bawaan Yamaha 125Z. Ini bikin gigitnya lebih bagus. Satu hal penting lainnya adalah kampas kopling Honda Astrea Grand lebih mudah ditemukan dan harganya lebih murah. Ini pasti membantumu agar lebih hemat.

Nah, beberapa waktu yang lalu beredar kabar bahwa motor Yamaha 125Z ini laku dengan harga puluhan juta rupiah. Harga yang cukup fantastis bukan. Ternyata motor tersebut masuk kategori NOS (New Old Stock), yakni motor produksi lama tapi keadaannya masih baru.Berkat kepopulerannya, motor Yamaha 125Z kembali menjadi primadona dan banyak dicari oleh penggemar otomotif.

Motor ini memang menjadi incaran para bikers yang menyukai kecepatan. Walaupun mesinnya hanya 125cc, tapi motor ini bisa mengejar Ninja 150 2-tak yang fenomenal. Saat masa kejayaan Yamaha 125Z di tahun 2000 an motor ini dibanderol dengan harga yang cukup mahal. Motor ini untuk harga OTRnya bisa mencapai Rp 21 juta. Ini jelas jauh lebih mahal dibandingkan harga motor sport Honda Tiger.

Motor ini cukup mahal untuk ukuran motor bebek. Well, ini karena Yamaha 125Z didatangkan secara utuh dari Hong Leong Yamaha Motor Malaysia dan motor ini sangat digemari untuk kelas balap 2-tak. Di Malaysia sendiri motor ini masih dipasarkan dengan versi terbarunya yakni Yamaha 125ZR dan dibanderol dengan harga sekitar Rp 29 jutaan.

Itu tadi adalah ulasan bagi kamu yang ingin melakukan modifikasi Yamaha 125Z. Semoga informasi ini menginspirasi ya. Ingat motor, ingat Moladin.

Buat kamu yang tertarik membeli motor Yamaha terbaru dengan DP ringan dan berbagai promo lain, langsung saja klik link ini!

Baca Juga :

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *