Periksa Bagian Ini Jika Motor Tiba-Tiba Mogok di Jalan!

Haloo ketemu lagi sama Jinny. Diantara kamu ada nggak yang pernah ngalamin kondisi dimana lagi buru-buru mau berangkat ngantor, terus motor mogok mendadak di tengah jalan? Rasanya ngeselin banget kan. Gak cuma bikin panik, motor yang tiba-tiba mogok di tengah jalan juga bisa membahayakan, loh. Coba kalian bayangin kalau jalanan lagi rame, lalu motor kalian mogok tiba-tiba. Ngeri ketabrak dari belakang.

Vespa Primavera 150 New

*Angsuran mulai dari

Mesin mogok sudah menjadi suatu hal yang lumrah bagi pengendara motor, dan penyebabnya pun bermacam-macam. Sebagai pengendara motor harus siap sedia jika motor tiba-tiba mogok, mulai dari mengetahui gejalanya hingga memperbaikinya. Lalu, apa yang sebaiknya kalian lakukan jika sang kuda besi kesayangan mogok secara tiba-tiba di jalan? Tenang aja, Jinny kasih tau langkah-langkah untuk memperbaikinya agar bisa digunakan kembali untuk beraktivitas. Periksa bagian ini jika motor mogok mendadak di jalan:

1. Kelistrikan

Cek Bagian Ini Terlebih Dahulu Ketika Motor Tiba-Tiba Mogok Di Jalan
Cek Bagian Ini Terlebih Dahulu Ketika Motor Tiba-Tiba Mogok Di Jalan

Dalam berbagai kejadian, motor mogok mendadak biasanya disebabkan oleh kelistrikan yang tidak berfungsi normal sebagaimana mestinya. Aki yang sudah habis atau lemah bisa juga menjadi salah satu faktor penyebab motor mogok. Apabila tegangan aki kurang dari 12.4 volt, berarti aki sudah mengalami penurunan daya alias tekor. Untuk berjaga-jaga sebaiknya kalian memasang volt meter pada motor kalian agar bisa memonitor kinerja aki. Memang sih agak ribet, tapi yakin deh bakal berguna banget buat kalian selama perjalanan.

Pastikan listrik mengalir saat kunci kontak berada di posisi “ON”. Penyebab listrik yang mati bisa juga disebabkan oleh sekring yang putus, bahkan mungkin ada kabel dari aki yang putus. Umumnya ini terjadi pada motor yang mengadopsi pengapian DC yang mana fungsi sebuah aki akan sangat penting. Kedua, cek indikator MID (Malfunction Indicator Display) yang biasanya ada pada motor injeksi tidak ada “warning” peringatan atau lampu berkedip. Namun biasanya meskipun indikator MID menyala pun masih bisa dinyalakan sehingga bisa kalian membawanya ke bengkel.

2. Bensin

Periksa Tangki Bensin Jika Motor Tiba-Tiba Mogok Di Jalan
Periksa Tangki Bensin Jika Motor Tiba-Tiba Mogok Di Jalan

Kalian pasti sudah tahu jika bensin merupakan hal terpenting yang dibutuhkan oleh mesin, tanpa bensin mesin tidak akan bisa bekerja. Oleh sebab itu sebelum membawa motor kalian ke bengkel, sebaiknya cek dulu apakah pasokan bensin kalian mencukupi. Pastikan indikator bensin pada speedometer kalian berfungsi ya. Atau kalian bisa lihat langsung ke tangkinya dan pastikan tidak ada campuran air di dalam tangki bensin. Bagaimana jika ternyata bensin masih cukup banyak tapi motor belum bisa nyala? Kalo motor kalian bermesin injeksi, cobalah putar kunci kontak ke posisi “OFF” kemudian putar kembali ke posisi “ON”. Jika terdengar bunyi seperti mendengung beberapa detik saat kunci “ON”, maka kalian bisa lanjut ke langkah berikutnya.

Kawasaki Ninja 250 - 2018

*Angsuran mulai dari

BACA JUGA : LEBIH SEGAR, SUZUKI GSX S 150 HADIR DENGAN WARNA KUNING

3. Busi

Pastikan Busi Tidak Dalam Keadaan Mati hal ini juga mendeteksi apabila koil ternyata mati
Pastikan Busi Tidak Dalam Keadaan Mati

Nah yang terakhir, kalian bisa beralih pada bagian busi. Bagian ini juga biasanya menyebabkan motor tiba-tiba mogok di tengah jalan. Cek percikan api yang terdapat pada busi. Busi yang mati akan menghasilkan percikan api yang lemah bahkan tidak ada percikan sama sekali. Cara terbaik adalah dengan melepas busi lalu colokkan busi pada cop busi. Cara ini membuat kalian bisa mengecek juga apakah bensin sudah tersalur dengan baik menuju ruang pembakaran.

Tempelkan busi pada bodi motor kemudian nyalakan kunci kontak ke posisi “ON” lalu pencet tombol starter. Apabila busi tidak mengeluarkan percikan api sama sekali bisa jadi busi kalian mati. Namun, cek juga kabel busi atau kabel koil pastikan tidak ada yang terlepas atau putus. Jika motor tetap tidak mau menyala berarti motor kalian harus ditangani oleh orang yang lebih berpengalaman (baca : bengkel).

suzuki satria f150

Bisa kita simpulkan dari hal-hal diatas bahwa pengecekan rutin buat sang kuda besi kesayangan memang penting dilakukan. Nah, seperti itulah kawan Jinny cara bagaimana memberikan pertolongan pertama jika motor tiba-tiba mogok. Pastikan kalian membawa peralatan P3K (Pertolongan Pada Kemogokan) versi Jinny, antara lain obeng, kunci busi dll. Sekian tips yang bisa Jinny bagikan mengenai mengatasi motor mogok di jalan. Jangan lupa rutin ke bengkel buat cek kesehatan motor kalian. Baca juga pilihan bengkel yang sesuai untuk motor kalian disini.

Honda CB150R All New

*Angsuran mulai dari

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *