Komparasi 3 Motor Sport Full Fairing 250 cc Terbaik Indonesia

Moladin – Dibanding segmen lain, angka penjualan motor sport fairing 250cc di Indonesia memang tidak terlalu tinggi. Namun, tingkat penggunaan motor sport 250cc yang tawarkan desain sporti cukup tinggi. Moladiners bisa temukan cukup banyak varian motor sport dengan kapasitas mesin 250 cc yang dibalut full fairing di tanah air.

Pada segmen ini, ada 3 motor yang menjadi penguasa utama, yakni Honda CBR250RR, Yamaha YZF-R25, serta Kawasaki Ninja 250. Ketika dihadapkan pada 3 pilihan motor full fairing ini, Moladiners pasti bakal kebingungan. Apalagi, ketiganya sama-sama menawarkan desain tampilan yang garang dan performa tinggi. Untuk membantu dalam memilih motor 250 cc yang tepat, moladiners bisa melihat informasi komparasinya sebagai berikut:

 

1. Performa mesin

Honda CBR250RRCBR250RR tampil prima dengan mesin 4 langkah dengan 8 valve serta parallel twin cylinder

CBR250RR tampil prima dengan mesin 4 langkah dengan 8 valve serta parallel twin cylinder yang dimilikinya. Mesin dengan konfigurasi katup DOHC ini mampu mengeluarkan tenaga maksimal 38,21 PS pada RPM 12.500. Sementara itu, torsi maksimalnya berada pada angka 23,3 Nm pada 11.000 RPM.

Sementara itu, mesin 4 langkah, inline 2 silinder dengan 4 katup milik Yamaha YZF-R25 memiliki tenaga maksimal yang lebih rendah, berada pada kisaran 35,5 PS pada RPM 12.000. Namun, motor ini menawarkan torsi tertinggi lebih baik, yakni sebesar 23,6 Nm pada RPM 10.000.

Lalu, bagaimana dengan Ninja 250? Motor Kawasaki ini hadir dengan mesin 4 langkah DOHC yang disertai parallel twin cylinder. Kemampuan mesin dalam menghasilkan tenaga, patut diacungi jempol, mampu memproduksi tenaga maksimal mencapai 38,46 PS pada 12.500 RPM. Sementara itu, torsi maksimal yang bisa dihasilkan mesin ini juga tinggi, 23,5 Nm pada 10.000 RPM.

 

2. Fitur

Kawasaki Ninja 250Kawasaki Ninja 250 menawarkan fitur utama yang disebut slipper clutch

Honda menyediakan fitur yang komplet pada motor full fairing andalannya. CBR250RR hadir dengan sistem pencahayaan berbasis LED yang hemat energi dan disertai panel instrumen LCD. Motor ini juga disertai dengan keberadaan throttle by wire yang disertai 3 pilihan mode berkendara.

Saat menggunakan motor ini, moladiners bisa menggunakan mode comfort, sport, serta sport+. Untuk sarana keamanan, motor ini juga tersedia opsi dengan fitur ABS.

 

Kawasaki Ninja 250 SL

*Angsuran mulai dari

 

Seperti halnya Honda CBR250RR, Yamaha YZF-R25 juga menawarkan mode berkendara sesuai dengan pilihan. Moladiners bisa mengendarai motor dengan 2 opsi mode, yakni mode sport dan road.

Tidak ketinggalan, Yamaha juga menyematkan lampu LED yang hemat energi sebagai sarana pencahayaan. Selain itu, kehadiran speedometer digital juga membuat motor racing ini terlihat canggih.

Sementara itu, Kawasaki Ninja 250 menawarkan fitur utama yang disebut slipper clutch. Fitur ini bertujuan untuk mengurangi dampak terjadinya engine brake ketika Moladiners menurunkan transmisi secara tiba-tiba dan bermanfaat melakukan pencegahan terjadinya ban selip.

Lampu LED ada, tetapi hanya bisa dijumpai pada bagian belakang. Sementara itu, panel instrumen yang digunakan Ninja 250 sengaja dibuat dengan kombinasi antara digital serta analog.

 

3. Desain

Yamaha YZF-R25R25 pakai dual LED headlamp disertai dengan lubang besar di bagian tengah

Ketiga motor ini masing-masing memiliki ciri khas tersendiri dalam desain bodinya. R25 hadir dengan dual LED headlamp yang disertai dengan lubang besar pada bagian tengah.

Desain seperti ini, bakal membuat Moladiners seperti tengah mengendarai YZF-R1 ataupun YZF-R6. Desain ini, dibandingkan dengan 2 kompetitornya, juga membuat R25 menawarkan tampilan yang lebih kalem dengan harga cukup terjangkau.

Honda sengaja mendesain CBR250RR dengan desain bodi yang terlihat meruncing. Desain tersebut mengindikasikan kalau motor ini sengaja didesain untuk melaju dengan kecepatan tinggi.

 

Yamaha YZF-R25

*DP mulai dari

 

Lihat saja bagian headlamp yang sengaja agak disembunyikan. Selain itu, motor ini juga tampil gahar dengan knalpot dual exhaust yang berbeda dengan dua pesaingnya.

Sementara itu, desain bodi yang kecil dari Ninja tidak membuat moladiners bakal berkecil hati. Sebaliknya, Kawasaki menawarkan kesan seperti mengendarai big bike ketika Moladiners menaiki motor ini.

Kesan yang macho juga bisa dilihat pada penggunaan garis yang terlihat tegas pada desain bodinya. Meski terlihat memiliki desain bodi yang besar di bagian depan, moladiners akan menemukan desain buritan yang slim.

Sebagai informasi tambahan, Dari ketiga pilihan motor sport ini, Ninja 250 memiliki desain bodi yang paling mungil. Motor ini memiliki panjang 1.990 mm dan lebar 710 mm. Bandingkan dengan CBR250RR dan Yamaha YZF-R25 yang masing-masing menawarkan kombinasi panjang dan lebar 2.060 mm dan 724 mm serta 2.090 mm dan 720 mm.

Desain bodi kecil yang dimiliki oleh Ninja 250 juga membuat motor ini mempunyai bobot paling ringan di antara ketiganya. Kawasaki berhasil mendesain motor ini sehingga hanya memiliki bobot 164 kg. Sementara itu, YZF-R25 menawarkan bobot 166 kg dan CBR250RR punya desain yang lebih gagah dengan bobot mencapai 168 kg.

 

4. Harga Mulai Dari Rp 50 Jutaan

CBR250RRHonda CBR250RR dibanderol seharga Rp 59,9 juta sampai Rp 71,25 juta

Mengenai harganya, dari ketiga motor ini, Yamaha R25 merupakan opsi yang paling ekonomis. Versi standar ditawarkan oleh Yamaha dengan banderol di kisaran Rp 59 juta. Selain itu, ada pula versi Movistar dan ABS yang masing-masing dipatok Rp 59,78 juta dan Rp 65,78 juta.

Sementara itu, CBR250RR tersedia dalam banyak pilihan model. Moladiners bisa memilih model standar, SE-Kabuki, Repsol, atau ABS. Harganya, berkisar antara Rp 59,9 juta sampai Rp 71,25 juta.

 

Honda CBR 150R All New

*Angsuran mulai dari

 

Sementara itu, Ninja 250 dapat moladiners temukan dalam 3 opsi model, yakni SE MDP, ABS SE, serta ABS MDP SE. Oh iya, Ninja 250 menawarkan harga tertinggi di kelas motor full fairing 250 cc. Versi SE MDP saja, dipatok dengan harga RP 67,8 juta. Sementara itu, versi tertingginya, yakni ABS MDP SE ditawarkan dengan banderol Rp 75,5 juta.

Nah, itulah komparasi 3 motor sport 250 cc full fairing terbaik yang bisa Moladiners temukan. Selain bisa membeli motor tersebut secara tunai, Moladiners juga punya pertimbangan untuk mendapatkannya secara kredit. Apalagi, kredit motor kini dapat dilakukan secara mudah. Cukup dengan memanfaatkan kredit motor online di Moladin saja!

Baca juga;

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *