Selasa, Februari 27, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Nah Lo, Suzuki Jimny 5 Pintu di India Ternyata Enggak Laku

by Tigor Sihombing
Suzuki Jimny 5 Pintu

PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS) tengah menyiapkan debut bagi mini SUV ikonik mereka yakni Suzuki Jimny 5 pintu di pameran otomotif tahunan, Indonesia International Motor Show (2024).

Acara yang berlangsung di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, mulai tanggal 15 hingga 25 Februari mendatang akan menjadi panggung bagi peluncuran Suzuki Jimny 5 pintu yang serangkaian bocoran fotonya di jadat maya selalu bikin heboh. 

Kekinian, dua hari menjelang dihelatnya IIMS 2024, Suzuki Jimny 5 pintu kedapatan tengah digendong truk towing bahkan disinyalir bersiap melakukan sesi syuting untuk kebutuhan promosi iklannya. 

Belum ada informasi resmi mengenai harga jual dari Suzuki Jimny 5 pintu ini di Indonesia, namun rumor yang beredar mobil tersebut akan dipasarkan di angka Rp 400 jutaan.

Meski kemungkinan besar, mobil ini menggendong mesin yang sama dengan sang kakak yakni Jimny 3 pintu. Rinciannya ialah menggunakan mesin 1.462 cc s silinder berkode K15B yang sama dipakai pada Ertiga dan XL7.

Alhasil JImny 5 pintu yang diboyong utuh dari India ini siap merilis torsi puncak 134,2 Nm pada 4.000 rpm dan tenaga 104.8 PS pada 6.000 rpm. Soal transmisi, Suzuki menyediakan pilihan manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

Suzuki Jimny 5 pintu tertangkap kamera jelang peluncurannya

Suzuki Jimny 5 pintu tertangkap kamera jelang peluncurannya

Bulan madu indah dengan Jimny 3 pintu rasanya menjadi modal kuat bagi PT Suzuki Indomobil Sales memasarkan produk ini di Indonesia.

Baca juga  Suzuki Baleno Cross Uji Jalan, Meluncur 2023!

“Suzuki Jimny, dengan reputasi legendarisnya di Indonesia, telah menjadi pilihan utama bagi para penggemar petualangan dan off-road. Kendaraan ini, dengan kemampuan penggerak 4×4-nya, telah menemani banyak petualang di berbagai medan di Indonesia,” kata Harold Donnel, Direktur Pemasaran 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

Ia juga menyatakan bahwa Jimny telah menginjak usia 45 tahun, menjadi mitra setia bagi para pecinta petualangan dan off-road di Indonesia.

Dalam pernyataannya, Harold menegaskan bahwa selama perjalanan panjang ini, Suzuki terus mengembangkan modelnya untuk tetap relevan dengan tren dan kebutuhan konsumen dari waktu ke waktu.

Hingga saat ini, penjualan Jimny di Indonesia telah mencapai angka 134.000 unit. Harold yakin bahwa Jimny bukan hanya sekadar kendaraan hobi, tetapi juga memiliki nilai emosional yang kuat bagi penggunanya.

Turun Harga di India

Penjualan Suzuki Jimny 5 pintu

Jimny 5 pintu kemungkinan hadir dengan 2 hero color

Meskipun Jimny 5 pintu telah diluncurkan lebih dulu di India dan Afrika Selatan, namun khusus di negeri Bollywood tersebut angka penjualannya menunjukkan tren yang menurun drastis.

Baca juga  Suzuki dan Toyota Kembangkan C-HR Bermesin Ertiga

Sejak peluncurannya pada bulan Juli 2023 hingga Januari 2024, penjualan terus menurun dari bulan ke bulan. Bahkan, penurunan penjualan paling parah terjadi pada bulan Januari 2024.

Hal ini menyebabkan Suzuki di India melakukan penyesuaian harga untuk beberapa varian Jimny, seperti varian Zeta AT, Alpha AT, dan Alpha AT Dual-Tone, dengan pemangkasan harga sebesar 10.000 rupee atau sekitar Rp1,68 juta (kurs 1 rupee = Rp 167,90).

Meskipun demikian, harga varian lain dari jajaran Suzuki Jimny tetap tidak mengalami perubahan.

Data dari Asosiasi Industri Otomotif India (SIAM) dan Vahan menunjukkan bahwa tren penurunan penjualan ini terjadi sejak bulan Agustus 2023, tidak lama setelah mobil ini diperkenalkan di India.

Data penjualan Suzuki Jimny 5 pintu di India:

  • Juli 2023: 3.778 unit terjual
  • Agustus 2023: 3.104 unit terjual
  • September 2023: 2.651 unit terjual
  • Oktober 2023: 1.852 unit terjual
  • November 2023: 1.020 unit terjual
  • Desember 2023: 730 unit terjual
  • Januari 2024: 163 unit terjual

Dengan penjualan yang terus merosot, Suzuki harus berbenah untuk menanggapi keinginan dan kebutuhan konsumen India agar Jimny 5 pintu dapat kembali bersinar di pasar otomotif India.

Baca juga  Biaya Restorasi Suzuki Jimny SJ410, Semahal Apa?

Apa lagi, jika mengingat ke belakang India adalah negara yang paling ngotot untuk menjadi basis produksi Jimny 5 pintu.

Demikian ulasan terkait penjualan Suzuki Jimny 5 pintu di India. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika