Minggu, April 28, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Nissan Terra Vs Toyota Fortuner 4×4, Siapa Lebih Unggul?

by Tigor Sihombing

Nissan Terra Vs Toyota Fortuner 2023, kira-kira mana di antara keduanya yang lebih unggul? Supaya mendapat jawabannya kami komparasi dua SUV 4×4 tersebut, khususnya varian tertinggi yang sama-sama dijual Rp 700 jutaan.

Bicara soal Terra, ini merupakan SUV penantang lantaran baru hadir pada Maret 2023 di Indonesia. Nissan cuma tersedia satu varian yaitu VL 2.5 4×4. Sedangkan lawannya Toyota Fotuner punya banyak sekali varian, baik dari mesin 2.4 diesel, 2.8 diesel, dan 2.7 bensin. Walau begitu, dalam komparasi kali ini kami akan lebih detail membahas Fortuner 2.8 GR Sport 4×4 selaku varian tertinggi dan punya penggerak semua roda.

Mana dari keduanya yang pantas dibeli? Berikut kami beberkan komparasi Nissan Terra Vs Toyota Fortuner 4×4 untuk memudahkan kamu mencari kelebihan dan kekurangan masing-masing mobil. Bahasan review ini bukan cuma eksterior dan interio, tapi juga performa mesin, akselerasi, hingga akomodasinya.

Berikut ulasan lengkap antara Terra VL 2.5 4×4 melawan Fortuner 2.8 GR Sport 4×4:

Nissan Terra Tidak Punya Warna Two Tone

nissan terra vs toyota fortuner

Eksterior Fortuner 2.8 GR Sport 4×4 punya warna two tone

Perbandingan pertama untuk komparasi Nissan Terra Vs Toyota Fortuner 2023 adalah sektor eksterior, meski secara tampilan keduanya sama-sama gagah. Nissan Terra sendiri memiliki grille berdesain besar dengan ciri khas V-Shape, sama seperti generasi sebelumnya. Lalu lampu depan pakai quad LED ditambah daytime running light berbentuk huruf C. Ini membuatnya terkesan lebih gagah.

Di atas kertas, Terra 2023 punya panjang 4.900 mm, lebar 1.865 mm, dan tinggi 1.835 mm. Kemudian jarak jarak sumbu roda 2.850 mm serta ground clearance 225 mm. Bila melihat spesifikasi, SUV Nissan ini lebih panjang dibanding Fortuner. 

Cek saja dimensi Fortuner 2.8 yang cuma punya panjang 4.795 mm, lebar 1.855 mm, tinggi 1.835 mm, dan jarak sumbu roda 2.745 mm. Hanya saja Fortuner lebih sporty, lantaran mendapat banyak aksesori bodi seperti spoiler di bumper depan, grille dengan emblem GR, GR scuff plate, spoiler di bumper belakang, hingga stiker GR terbaru di bodi samping.

Baca juga  Nissan Fairlady Z Gen VII Siap Meluncur, Berapa Harganya?

Ukuran ban Fortuner juga lebih lebar dengan ukuran 265/60 R18. Bandingkan dengan Terra yang pakai ban 255/60 R18.

Kelebihan Fortuner 2023 selanjutnya ada di pilihan warna eksterior two tone yaitu white pearl-attitude black. Kemudian hadir pula warna one tone seperti Super White, Silver Metallic, Dark Gray Mica Metallic, dan Attitude Black.

Sementara kekurangan Nissan Terra adalah cuma memiliki pilihan warna eksterior one tone yaitu Aspen Pearl White, Galaxy Black, Lunar Metallic Grey, serta Nebulla Metallic Grey.

Performa Mesin Toyota Fortuner Lebih Bertenaga

nissan terra vs toyota fortuner 4x4

Fortuner 2.8 punya kemampuan offroad yang serupa dengan Terra

Untuk urusan mesin Nissan Terra VS Toyota Fortuner, pabrikan mobil berlambang huruf T tersebut unggul mutlak. Hal tersebut lantaran Fortuner mengusung kapasitas mesin lebih besar yaitu 2.800 cc. Di atas kertas mesin 1GD-FTV milik Fortuner mampu menghasilkan tenaga 203,9 PS dan torsi puncak 499,2 Nm.

Sementara Nissan Terra cuma punya mesin 2.500 cc diesel turbo yang dapat mengeluarkan tenaga maksimum hanya 190 PS dan torsi puncak 450 Nm. Kalah jauh performanya dari Fortuner.

Ini berefek ke akselerasinya saat kami review, di mana dalam drag race dengan jarak 201 meter, Fortuner 2.8 GR Sport 4×4 lebih unggul dengan catatan waktu 11,2 detik. Sementara Nissan Terra cuma 12,1 detik.

Pun dengan test akselerasi Nissan Terra vs Toyota Fortuner dari 0-100 Km/jam. Toyota Fortuner 2.8 unggul dengan mencatat waktu cuma 11,1 detik, Nissan terra tertinggal di belakang dengan waktu 11,6 detik.

Walau demikian ketika diajak offroad baik Terra dan Fortuner 2023 sama-sama tangguh. Nissan Terra yang punya mesin 2.500 cc bisa menaklukkan rintangan yang serupa dengan Fortuner di sirkuit offroad BSD. Tanjakan curam dengan full penumpang pun mudah dilibas oleh keduanya dengan penggerak 4×4.

Kenyamanan Interior Nissan Terra Lebih Istimewa, Ada Speaker BOSE

Nissan Terra Vs Toyota Fortuner

Nissan Terra belum dilengkapi paddle shift

Interior Nissan Terra Vs Toyota Fortuner 2023, siapa yang lebih baik? Terra punya kabin cukup menarik perhatian dengan tema two tone. Ada kombinasi warna hitam dan merah.

Baca juga  Meluncur Pekan Depan, Sosok Nissan Qashqai Baru Bertebaran

Lalu tersedia konfigurasi tiga baris bangku yang mampu menampung 7-orang dengan nyaman. Ditambah gaya jok theater yang membuat penumpang di setiap baris bangku mempunyai pandangan luas ke depan.

Bicara soal kenyamanan berkendara, kami juga menguji limbung kedua model SUV ini saat bermanuver. Nissan Terra ketika tikungan tajam ke kanan dengan kecepatan 30 km/jam, cuma menghasilkan kemiringan 3,8 derajat. Sementara Fortuner lebih besar yaitu 4,1 derajat..

Dari hasil tersebut artinya suspensi Terra lebih berkualitas dibanding Fortuner 2.8. Hasil ini juga kami buktikan ketika melewati jalan offroad, di mana suspensi Nissan Terra terasa lebih nyaman di banding Fortuner.

Akomodasi Bagasi dan Penumpang

Nissan Terra vs Toyota Fortuner - Kapasitas bagasi Toyota Fortuner

Kapasitas bagasi Toyota Fortuner

Soal akomodasi penumpang di interior Toyota Fortuner vs Nissan Terra sesungguhnya tidak terlalu berbeda. Di mana duduk di baris kedua sangatlah nyaman untuk orang dengan tinggi badan 168 cm. Begitu pun di baris ketiga, masih tersedia leg room dan head room dengan jarak cukup, hanya saja memang Terra lebih luas sedikit.

Terkait akomodasi bagasi, kedua SUV berbodi bongsor ini sama-sama memiliki luas ruang untuk barang yang memadai. Pokoknya terasa cukup untuk mengangkut dua sepeda lipat beserta barang bawaan. Adapun kapasitas bagasi Toyota Fortuner bila jok baris ketiga dilipat adalah 640,8 liter, sedangkan pada Nissan Terra lebih kecil 585,7 liter.

Bagasi Terra tampak lebih kecil, lantaran pelipatan joknya ke bawah sehingga menghasilkan ruang barang yang rata lantai. Sementara Fortuner bisa punya bagasi lebih luas, karena joknya dilipat ke samping, alhasil ada ruang yang cukup besar di bawah.

Sistem Keselamatan Terra Lebih Istimewa

Nissan Terra Vs Toyota Fortuner

Terra punya sistem safety lebih lengkap dari Fortuner

Perbandingan berikutnya antara Nissan Terra VS Toyota Fortuner 2023 ada di soal fitur. Diketahui, ternyata Nissan Terra tidak memiliki fitur paddle shift. Padahal fitur tersebut membuat pengemudi lebih fun to drive. Memang di sisi lain, paddle shift tidak terlalu penting untuk SUV 4×4.

Kelebihan Terra ada di fitur-fitur lain dalam hal kenyamanan dan keselamatan. Khusus untuk kenyamanan ada head unit 9-inci yang bisa terkoneksi smartphone secara wireless via Apple CarPlay dan Android Auto, kaca bagian depan dan samping menggunakan jenis acoustic yang mencegah suara berisik dari luar, speaker Bose 8 titik, wireless charging, dan monitor 11 inchi untuk penumpang baris kedua.

Baca juga  Paket Kredit Toyota Rush GR Sport, Cicilan Rp 6 Jutaan

Lalu untuk melipat bangku baris kedua, Terra juga sudah menggunakan sistem Auto Tumble Seat. Alhasil akses masuk ke baris ketiga sangat mudah, hanya menarik tuas disenderan bangku baris kedua dan otomatis bangku akan terlipat.

Kemudian untuk fitur keselamatan sudah ada Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Bind Spot Warning (BSA), Intelligent Forward Collison Warning (IFCW), Intelligent Emergency Braking (IEB), Lane Departure Warning (LDW), Intelligent Arround View Monitor (kamera 360 derajat), Intelligent Cruise Control, Vehicle Dynamic Control, Intelligent Driver Alertness, Shift on The Fly, Electric Parking Brake, Zero Gravity Seats, dan Inclinometer. Nissan Terra juga punya fitur yang bisa melihat derajat kemiringan mobil saat offroad. 

Sementara di Toyota Fortuner 2.8 punya fitur yang tidak sebanyak Terra. Walau demikian tetap saja istimewa, terlihat dari interiornya memiliki head unit 9 inci dengan NFC e-toll card checking. Wireless charger juga hadir. Sisanya tidak lebih baik dari Nissan Terra.

Harga Nissan Terra Vs Toyota Fortuner 2.8 GR Sport 4×4

nissan terra vs toyota fortuner 2023

Nissan Terra dijual lebih mahal dari Fortuner 2.8

Sudah jelas bukan, dalam komparasi Nissan Terra Vs Toyota Fortuner 2023 tampak kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tampak bahwa keunggulan Nissan Terra ada di kenyamanan interior serta kehadiran fitur-fitur modern. Sementara keistimewaan Fortuner 2.8 ada di performa mesinnya. Soal kemampuan offroad, keduanya sama-sama patut diacungi jempol

Bagaimana dengan harganya? Ternyata Fortuner 2.8 GR Sport 4×4 dijual lebih murah yaitu mulai Rp 723,050 juta (OTR Jakarta) untuk varian one tone. Tersedia pula varian two tone yang dijual Rp 728,05 juta (OTR Jakarta). Coba bandingkan dengan harga Nissan Terra 2023 yaitu Rp 749,9 juta (OTR Jakarta).

Jadi dari keduanya, Mana yang mau kamu beli? Demikian ulasan Nissan terra VS Toyota Fortuner. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika