by

Oli Gardan Mobil, Beda dengan Oli Mesin dan Transmisi!

Bicara mengenai oli mobil, tidak hanya melulu soal oli mesin. Tetapi, ada juga pelumas lain yang memiliki peran penting yakni oli gardan mobil.

Jika diartikan secara mudah, oli gardan mobil adalah pelumas yang khusus untuk gardan atau differential. Dalam penggunaannya, oli ini memang sangat penting karena memiliki fungsi mirip dengan oli transmisi dan oli mesin.

Buat kamu yang ingin tahu lebih detail soal oli gardan, berikut bahasan lengkapnya:

Apa Fungsi Oli Gardan di Mobil?

oli gardan mobil
Komponen gardan cuma ada di mobil dengan penggerak roda belakang

Fungsi oli gardan menjaga komponen yang ada di dalam gardan seperti side gear, drive pinion, dan lain-lain agar tidak bergesek kuat satu sama lain.

Sebagai informasi buat kamu, oli gardan hanya digunakan pada mobil dengan penggerak roda belakang. Kenapa? Sistem penggerak roda belakang (rear wheel drive atau RWD) butuh gardan sebagai komponen penyambung untuk mendistribusikan tenaga dari mesin di depan ke roda yang ada di belakang. Gardan itulah yang membutuhkan oli.

Berbeda dengan mobil dengan sistem penggerak roda depan (front wheel drive atau FWD) yang tidak punya gardan. Alhasil tidak dibutuhkan oli tambahan.

Terkait spesifikasi atau kekentalan oli gardan, biasanya lebih tinggi dari oli mesin dan transmisi. Ambil contoh untuk Toyota Avanza pakai pelumas gardan dengan SAE 90 atau SAE 140.

Sengaja pakai spesifikasi yang kental, karena kerjanya lebih berat dibanding oli lain. Penggunaan kedua oli gardan mobil, juga biasanya tidak bisa saling tukar, lantaran ada formula tertentu. Walau demikian, tidak menutup kemungkinan ada beberapa mobil yang menyamakan oli gardan dengan transmisi.

Baca juga  Biaya Ganti Kaca Mobil Pecah, Semahal Apa?

Untuk mengetahuinya lebih lanjut perihal spesifikasi oli gardan mana yang kamu gunakan, ada baiknya konsultasikan dengan mekanik langganan kamu.

“Kalau bicara oli gardan, spesifikasi oli ini memiliki spek yang lebih bagus dari oli transmisi. Jadi kenapa kaya gitu, soalnya oli gardan ini memiliki tugas yang berat. Jadi penggunaan oli gardan jangan sampai salah dan tidak tepat,” ujar Arif dari DD Motor, Jakarta Selatan.

Merek Oli Gardan yang Bagus

merek oli gardan mobil yang bagus
Top1 merupakan salah satu produsen yang mengeluarkan produk oli gardan

Dari beberapa produk yang beredar di pasar aftermarket, memang pilihan terhadap oli gardan mobil sangat beragam. Mulai dari harga yang murah hingga harga yang mahal. Tapi, jangan salah dalam penggunaan atau spesifikasinya.

Jika bicara oli gardan mobil yang bagus, tentunya spesifikasi dari beberapa produk yang ada di pasaran, tentunya bisa dilihat dari spesifikasi serta ketahanan terhadap gesekan. Apalagi ditambah dengan fungsi yang lebih menyeluruh serta perlindungan yang diberikan kepada komponen di dalam bagian gardan.

Sementara itu mengenai harga oli gardan mobil, memang pelumas ini dibanderol dengan harga yang tidak mahal. Untuk satu liternya, pelumas ini biasanya dipatok dengan harga berkisar mulai dari Rp 80 ribuan sampai Rp 100 ribuan tergantung pada merk dan kapasitasnya.

Baca juga  5 Masalah Mesin Diesel yang Biasa Terjadi!

Merek oli gardan mobil yang bagus antara lain: 

  • Kendall Special Limited Slip 80w-90
  • Top 1 Gear Oil LSD (Limited Slip Differential)
  • Shell Spirax S2 A 80w-90
  • Unilub Gear SAE 90 MTF
  • Valvoline Gear Gard Super 90
  • STP Gear Oil SAE 80W-90

Perhatikan Penggantian Oli Gardan Mobil

Oli gardan mobil
Perawatan berkala harus dilakukan secara rutin

Untuk memberikan perawatan menyeluruh pada komponen gardan, tentunya perhatian terhadap pelumas ini harus dilakukan secara berkala. Jika ada pertanyaan ganti oli gardan setiap berapa kilometer, maka jawabannya bisa menggunakan satuan kilometer atau satuan waktu dalam mengukur tingkat efisiensinya.

Namun, beberapa mekanik sepakat bahwa penggantian oli gardan ini bisa dilakukan setiap kelipatan 40 ribu kilometer. Artinya, sama seperti penggantian oli transmisi manual yang juga berkelipatan 40 ribu kilometer. Sementara untuk mobil matik, bicara penggantian oli transmisi biasanya dilakukan lebih lama lagi karena dilakukan pada 80.000 kilometer.

Agar tetap menghasilkan performa yang baik dan perlindungan yang maksimal, kamu juga bisa melakukan penggantian sebelum kilometer itu tercapai. Melihat tingkat mobilitas serta di tambah stress hour pada mesin yang tinggi tentunya akan menyebabkan dampak bagi oli gardan mobil.

“Kapan harus ganti oli gardan mobil? Tentunya ini mengacu pada kilometer yang ditempuh mobil. Atau bisa juga melihat dari tingkat stress yang dihasilkan dari mobil. Seberapa sering keca macet, dan spesifikasi seperti apa yang digunakan? Yang biasa atau yang lebih bagus?,” tambah Arif.

Baca juga  5 Cara Menghilangkan Bau Rokok di Mobil yang Ampuh

Dampak Oli Gardan Mobil Bocor

Oli gardan mobil
Dampak oli gardan mobil bocor

Biasanya, oli gardan mobil bocor disebabkan karena usia dari komponen itu sendiri. Bisa jadi karena sudah terlalu lama, maka ada beberapa komponen yang tidak sesuai kinerjanya. Terlebih, biasanya oli gardan mobil bocor karena baut yang tidak kencang.

Dengan kondisi baut yang tidak kencang ditambah dengan situasu jalan yang tidak merata, maka bukan tidak mungkin baut tersebut mengalami guncangan. Akibatnya, kebocoran oli gardan mobil akan terjadi meski tidak terlalu banyak.

Biasanya, hal ini ditandai dengan adanya rembesan oli di bagian gardan tersebut. Untuk mengeceknya, bisa langsung ditengok pada bagian gardan apakah ada rembesan oli atau tidak. Jika ada rembesan oli, segera lakukan pengencangan dan cek kembali oli yang ada di dalamnya.

Jika oli gardan mobil dirasa kurang dari takarannya, maka jangan sungkan untuk menambahkan sampai batas yang ditoleransi.

Perbedaan objek yang dilumasi membuat takaran oli yang dibutuhkan berbeda satu sama lain. Kapasitas oli transmisi biasanya menggunakan rasio satu sampai 1,2 liter oli. Sedangkan oli gardan butuh 2 liter. Namun kapasitas ini tergantung jenis dan tipe mobil, ada yang butuh lebih banyak atau bahkan cuma sedikit.

Untuk informasi otomotif terkini simak terus moladin.com

Terbaru