Selasa, April 30, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

One Way Tol Cipali-Semarang Berlaku Mulai 5 April 2024, Catat Biar Mudik Lancar!

by Firdaus Ali
Operasi ketupat 2024 selesai

One Way tol Cipali-Semarang akan diberlakukan mulai 5 April 2024. Langkah dipersiapkan sebagai bagian dari antisipasi Korlantas Polri dalam menghadapi arus mudik yang meningkat di tahun ini.

Korlantas Polri mulai menyusun strategi untuk menghadapi arus mudik lebaran 2024. Agenda tahunan ini selalu dinantikan-nantikan masyarakat untuk berkumpul bersama keluarga di kampung halaman.

Kabagops Korlantas Polri Kombes Pol Eddy Djunaedi mengatakan, untuk menghadapi gelombang arus mudik masyarakat, pihaknya akan melakukan rekayasa lalu lintas One Way mulai dari Tol Cipali KM 72 hingga Tol Semarang-Batang KM 414.

Neta V saat melaju di ruas tol Trans Jawa
Neta V saat melaju di ruas tol Trans Jawa

“Hari Jumat 5 April 2024 pukul 14.00 sampai hari Minggu 7 April 2024 pukul 24.00 waktu setempat mulai dari KM 72 Cipali sampai KM 414 ruas Jalan Tol Semarang-Batang,” kata Eddy seperti dikutip dari laman resmi Humas Polri (13/3).

Eddy menyebut, one way akan diberlakukan hingga 9 April. Terkait rencana one way dari Jakarta langsung ke Semarang, Eddy belum dapat memastikan berlaku atau tidak. Saat ini pihaknya masih memantau perkembangan arus mudik.

Baca juga  Polri Siapkan 2 Helikopter Ambulans Udara Pantau Mudik Lebaran 2024

“Untuk tanggal 8 dan 9 April 2024 pukul 08.00 sampai dengan 24.00 dari KM 72 Cipali sampai KM 414 Tol Semarang-Barang,” jelasnya.

Kakorlantas dan Menhub Cek Tol Wilayah Jawa Barat

One way tol Cipali-Semarang
Tol Cisumdawu

Selain informasi One Way tol Cipali-Semarang berlaku 5 April 2024, Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi juga meninjau Gerbang Tol Cisumdawu Utama, KM 153, dan Gerbang Tol Palimanan KM 188.

Menurutnya, dengan memastikan pengelolaan pada saat puncak arus mudik dan balik menghindari titik-titik krusial yang ada di Gerbang Tol Cisumdawu.

“Ada beberapa tadi kita tinjau yang pertama gerbang tol Cisumdawu Utama ada arus yang datang dari Bandung nanti akan bertemu di Cipali KM 152, dimana Cipali ini akan terjadi bottle neck. Dari Cisumdawu ada dua lajur kemudian bertemu di Cipali ada dua lajur sehingga ini akan menjadi empat sehingga untuk memastikan pertemuan ini bisa berjalan tetap smooth sehingga perlambatan bisa dikurangi,” jelas Aan.

Selanjutnya, Irjen Pol Aan juga mengatakan bahwa gerbang tol Palimanan Km 188 juga masih menjadi titik krusial yang masih sering terjadi kecelakaan dan menjadi perhatian pada nanti arus mudik-balik.

Baca juga  10 Mobil Baru Januari - Maret Untuk Lebaran 2024, Pilih Sesuai Selera!
Arus mudik
Gerbang tol Palimanan

“Di KM 188 ini juga krusial, ini masih ada gerbang exit palimanan sering terjadi kecelakaan di gerbang ini sehingga menjadi perhatian kita pada saat arus mudik dan balik ini akan dikelola sehingga harus tetap lancar untuk kecelakaan juga bisa kita tekan,” tutup Kakorlantas Polri.

Sebagai informasi, sebelumnya Korlantas Polri telah melakukan survei kesiapan Operasi Ketupat 2024 di jalur Tol Trans Jawa, untuk memetakan arus lalu lintas yang akan terjadi pada libur lebaran 2024.

Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika