Jumat, Mei 17, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Pabrik Mobil Listrik Honda Di Kanada Mulai Dibangun, Investasi 3 Miliar Dollar

by Tigor Sihombing
Pabrik Mobil Listrik Honda

Pabrik mobil listrik Honda di Kanada mulai dibangun dengan nilai investasi 5 miliar Dollar atau setara dengan Rp 240 miliar. Pembangunan pabrik mobil listrik Honda di Kanada dimulai 30 April 2024.

Investasi ini bertujuan untuk memperkuat sistem pasokan serta menunjang pengembangan kendaraan listriknya untuk mempersiapkan peningkatan permintaan kendaraan listrik di Amerika Utara di masa depan.nvestasi ini melibatkan kemitraan dengan POSCO Future M Co., Ltd. yang memproduksi bahan katoda untuk baterai kendaraan listrik.

Bahan katoda adalah salah satu bahan utama baterai, yang merupakan komponen utama kendaraan listrik (EV). Pengadaan bahan katoda berkualitas tinggi yang stabil akan memperkuat struktur bisnis kedua perusahaan di masa depan.

Selain berkolaborasi dengan POSCO, Honda juga menjalin kemitraan dengan Asahi Kasei Corporation yang menghasilkan komponen penting dalam baterai ion-litium dinamakan separator baterai. Komponen ini berbentuk membran berpori yang berfungsi untuk mencegah konsleting listrik dengan mengisolasi kontak antara bahan katoda dan anoda sehingga memungkinkan transmisi ion lithium.

Libatkan 4.200 Karyawan

Pabrik ini akan mulai memproduksi kendaraan listrik pada tahun 2028 dengan kapasitas produksi sebanyak 240.000 unit per tahun dan pabrik baterai EV akan memiliki kapasitas sebanyak 36 GWh per tahun. Kemudian untuk mendukung capaian tersebut, Honda akan mempekerjakan sebanyak 4.200 karyawan di dua fasilitas manufaktur yang berada di Ontario.

Baca juga  5 Mobil Bekas yang Paling Dicari dan Terjangkau!

Kedepannya Honda akan menambah setidaknya 1.000 vendor baru untuk fasilitas manufaktur EV dan baterai EV. Investasi dalam fasilitas baru ini juga akan menciptakan banyak lapangan kerja turunan di semua lokasi, termasuk di sektor konstruksi.

Toshihiro Mibe selaku President dan CEO Global Honda Motor Co., Ltd mengatakan bahwa, “Honda telah mencatat kemajuan signifikan dalam upaya global kami untuk mencapai tujuan netralitas karbon pada tahun 2050. Di Amerika Utara, setelah berhasil menginisiasi langkah-langkah untuk menetapkan kemampuan sistem produksi kendaraan listrik (EV) kami di Amerika Serikat, kami kini akan menginisiasi pembicaraan formal untuk membentuk sebuah rangkaian nilai yang komprehensif di Kanada.

Langkah ini didukung penuh oleh pemerintah Kanada. Kami berkomitmen untuk memperkuat infrastruktur pasokan dan kemampuan kami dalam menghadapi peningkatan permintaan kendaraan listrik di kawasan Amerika Utara di masa mendatang.”

Jean Marc Leclerc selaku President dan CEO Honda Canada Inc. menambahkan bahwa “Honda of Canada Manufacturing merupakan salah satu fasilitas manufaktur otomotif terkemuka di dunia. Selama hampir empat puluh tahun, dedikasi, inovasi, dan semangat tak kenal lelah telah menjadi pendorong utama evolusi karya kami. Pengumuman ini menandai sebuah investasi bersejarah dari produsen dalam industri otomotif Kanada. Kami dengan bangga menghargai kontribusi rekan-rekan kami yang sangat terampil, yang telah memperoleh reputasi global untuk keunggulan dalam manufaktur, dan hal ini mencerminkan pengakuan Honda terhadap potensi jangka panjang dari ekosistem manufaktur kendaraan listrik di Kanada.”

Baca juga  Honda CR-V RS Hybrid 2023 Resmi Hadir, Pertama di Dunia!

Honda berusaha untuk mencapai netralitas karbon untuk semua produk dan aktivitas perusahaan pada tahun 2050, Honda telah menetapkan tujuan untuk membuat BEV dan FCEV mewakili 100% penjualan kendaraan pada tahun 2040. Untuk mencapai tujuan ini, Honda akan terus menawarkan produk-produk menarik dalam era elektrifikasi ini secara global, termasuk di pasar terbesarnya di Amerika Utara.

Demikian ulasan Pabrik Mobil Listrik Honda. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika