by

Peluncuran Kia Sonet 7-seater, World Premiere di Indonesia?

Kabar mengejutkan datang dari pabrikan mobil asal Korea Selatan, Kia. Mereka siap melakukan peluncuran Kia Sonet 7-seater di Indonesia pada April 2021.

Hal ini jadi sangat menarik, lantaran belum ada Sonet dengan konfigurasi tiga baris bangku di belahan dunia mana pun. Dengan demikian kemungkinan besar peluncuran Kia Sonet 7-seater di Tanah Air adalah world premiere.

“PT Kreta Indo Artha (KIA), Agen Pemegang Mererk (APM) kendaraan bermotor KiAadi Indonesia mengundang Rekan Media untuk hadir ke acara Virtual Press Conference New Kia Sonet 7-seater yang akan diadakan pada Kamis, 8 April 2021,” beber undangan yang diterima Moladin pada Kamis (1/4/2021).

Maka pertanyaan selanjutnya, apakah model teranyar dari Sonet ini diproduksi di Indonesia? Pasalnya di India, selaku tempat asal produksi Sonet 5-seater, belum memiliki produk berkonfigurasi tiga baris bangku tersebut.

Seperti apakah spesifikasi mobil ini? Apakah produk tersebut cocok untuk pasar otomotif Indonesia? Simak bahasan di bawah ini:

Kia Sonet 7-Seat Siap Lawan Toyota Rush dan Mitsubishi Xpander Cross

peluncuran kia sonet 7-seater
Interior Kia Sonet 5-Seater varian tertinggi terasa mewah, ada speaker premium dari BOSE. Kemungkinan fitur ini akan turun ke versi 7-seater

Tentu peluncuran Kia Sonet 7-seater bakal sangat menarik untuk pasar otomotif Indonesia. SUV tersebut akan langsung berhadapan dengan para petahana seperti Toyota Rush dan Mitsubishi Xpander Cross.

Baca juga  5 Perbedaan DFSK Glory i-Auto Vs Glory 580

Jika merujuk spesifikasi Sonet yang dijual dengan konfigurasi 5-seater saat ini di Tanah Air, maka Sonet 7-Seater bakal jadi penantang kuat. Ambil contoh mesin 1.500 cc yang bisa melontarkan torsi 144 Nm pada 4.500 rpm dan tenaga maksimal 115 PS pada 6.300 rpm.

Kalau dibandingkan dengan mesin Mitsubishi Xpander Cross dan Toyota Rush, jantung mekanis Kia Sonet masih menang jauh. Ditambah lagi, SUV Kia sudah dilengkapi pilihan transmisi iVT atau CVT. Sementar para rival masih pakai otomatis konvensional.

Lalu bicara fitur, Sonet punya berbagai keunggulan seperti sistem audio dari BOSE. Tentunya ini membuat pengemudi dan penumpang dimanjakan ketika mendengar lagu. Ada pula sunroof yang menambah aura mewah.

Soal fitur keselamatan juga tidak perlu diragukan. Ada airbag enam titik. Kemudian anti-lock braking system (ABS), electronic brake distribution (EBD), electronic stability control (ESC), hingga Hill Assist Control (HAC).

Dengan semua kelebihan tersebut, peluncuran Kia Sonet 7-seater sesunguhnya benar-benar bisa mengubah pasar SUV di Tanah Air. Terlebih kalau harga yagn ditawarkan terjangkau.

Baca juga  Renault Kiger Showcar Menggoda Publik Tanah Air

Bila melihat harga Kia Sonet 5-seater saat ini mulai dari Rp 193 – 289 juta (OTR Jakarta). Maka versi 7-seaternya bukan tidak mungkin banderolnya mulai Rp 200 jutaan dan yang paling mahal tembus Rp 300 jutaan. Menarik bukan?

Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar dunia otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru